.VOA.

Pekerjakan Tenaga Kerja Asing, Kepala Badan Pengelola Listrik Dipecat Trump

Presiden Donald Trump memecat pimpinan Tennessee Valley Authority (TVA), atau badan yang mengelola pusat listrik di Amerika, karena mempekerjakan tenaga kerja asing. Trump mengatakan, Senin (3/8), ia dengan resmi memecat Skip Thompson, ketua badan pemerintah itu, dan seorang lagi anggota dewan lainnya. Ia juga mengancam akan memecat beberapa anggota dewan pimpinan lainnya apabila mereka terus mempekerjakaan orang-orang asing. TVA adalah perusahaan milik pemerintah federal yang didirikan pada 1933. Perusahaan itu bergerak di bidang pencegahan banjir, pembangkitan listrik, peduksi pupuk, dan pengembangan ekonomi di Lembah Tennessee, yang mencakup bagian-bagian Alabama, Mississippi, Kentucky, Georgia, Carolina Utara dan Virginia. Trump mengatakan, pimpinan TVA harus segera memilih kepala eksekutif baru yang akan mendahulukan kepentingan Amerika. Jeff Lyash, CEO yang sekarang, kata Trump, mendapat gaji $8 juta  per tahun. Kepala eksekutif yang baru, kata Trump, tidak boleh digaji lebih dari $500 ribu per tahun. Dia menambahkan ini adalah peringatan bagi semua dewan pimpinan perusahaan federal lainnya, bahwa “apabila kalian mengkhianati pekerja Amerika, kalian akan dipecat.” Namun Senator Partai Republik Lamar Alexander dari negara bagian Tennessee mengatakan, TVA sama sekali tidak mendapat dana dari pemerintah. Katanya pada April lalu, Gedung Putih telah menyebarkan kabar bohong tentang hal itu. Alexander mengatakan gaji para pejabat eksekutif TVA malahan lebih rendah dari gaji pimpinan perusahaan listrik besar lainnya, dan tarif listrik yang dikenakan oleh TVA pada konsumen adalah di antara yang paling rendah di Amerika. Kawasan yang mendapat keuntungan dari adanya TVA itu terkena dampak paling parah dalam masa Depresi Besar yang dimulai 1929 dan berlangsung selama 10 tahun. [ii/pp]

1 jam13 menit VOAIndonesia

.VOA.

Kebakaran Hutan di California Selatan Terus Meluas

Kebakaran hutan pertama di Kawasan California Selatan tahun ini telah berkobar untuk hari keempat di sebelah timur kota Los Angeles, dan memaksa ribuan penduduk mengungsi dari rumah mereka. Kantor berita Associated Press melaporkan, kebakaran di kabupaten Riverside adalah satu di antara kebakaran besar yang melanda negara bagian itu di tengah suhu musim panas yang sangat tinggi. Kebakaran telah melahap lebih dari 106 km persegi kawasan hutan dan semak-semak, sejak api melanda pada Jumat (31/7). Menurut para petugas kebakaran, sampai Senin (3/8), baru 5 persen lahan yang terbakar bisa dikuasai. Di California bagian utara para pejabat juga memerintahkan penduduk mengungsi karena kebakaran hutan sejak Minggu (2/7) sore terus merebak dengan cepat di Kabupaten Colusa. Cuaca panas yang mencapai 36 derajat Celsius mempersulit usaha pemadam kebakaran untuk menguasai api. [ii/pp]

1 jam13 menit VOAIndonesia

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

.VOA.

WHO: Mungkin Tak Akan Pernah Ada Obat untuk Covid-19

Sementara jumlah penularan virus corona di seluruh dunia melampaui 18 juta, Dirjen WHO hari Senin (3/8) memperingatkan mungkin tidak akan pernah ada "obat manjur" untuk COVID-19, penyakit yang ditimbulkan virus tersebut. Sementara itu, kota kedua terbesar Australia mulai menerapkan jam malam.

2 jam43 menit VOAIndonesia

.VOA.

41 Terinfeksi Corona, Norwegia Larang Kapal Pesiar Besar

Norwegia mengatakan akan melarang semua kapal pesiar bermuatan lebih dari 100 orang untuk meninggalkan pelabuhan Norwegia, setelah wabah virus korona di sebuah kapal yang menyebabkan 41 orang terinfeksi. Menteri KesehatanBent Hoie mengumumkan larangan itu hari Senin (3/8). Dia mengatakan peraturan itu akan diberlakukan hingga 14 hari ke depan. Dia mengatakan kapal-kapal yang telah meninggalkan pelabuhan akan diperbolehkan menurunkan para penumpang dan awak kapal di berbagai pelabuhan Norwegia, tapi tidak boleh melakukan perjalanan baru. "Pandemi belum berakhir," kata Hoie dalam konferensi pers. Perusahaan Hurtigruten meminta maaf Senin (3/8) karena perebakan wabah di salah satu kapalnya, MS Roald Amundsen. “Kami telah gagal,” kata CEO Daniel Skjeldam dalam konferensi pers. “Atas nama perusahaan, saya meminta maaf sedalam-dalamnya.” Dia mengatakan perusahaan itu akan menangguhkan kapal-kapal pesiarnya hingga pemberitahuan lebih lanjut dan bahwa pihaknya kini “sedang dalam proses meninjau kembali semua prosedur.” Perusahaan itu termasuk salah satu yang pertama yang memulai kembali pelayaran selama pandemi. Empat awak kapal MS Roald Amundsen dirawat inap sejak Jumat (31/7) ketika kapal itu tiba di Tromsoe, sebelah utara Lingkar Arktik. Keempatnya, bersama 31 awak lainnya, kemudian didiagnosis mengidap virus corona.Kebijakan menurunkan para penumpang kapal sebelum sempat didiagnosis, membuat para pejabat lokal kewalahan mencari mereka. Sedikitnya lima penumpang telah dinyatakan positif dan ratusan lain diperintahkan untuk menjalani karantina mandiri selama 10 hari. [vm/em]

5 jam25 menit VOAIndonesia

.VOA.

Serangan ISIS terhadap Penjara di Afghanistan Tewaskan 29

Serangan mematikan ISIS terhadap sebuah penjara di kota Jalalabad, Afghanistan timur, telah menewaskan sedikitnya 29 orang dan melukai 50 lainnya, termasuk narapidana dan personil keamanan. Pihak berwenang mengatakan serangan hari Minggu (2/8) oleh ISIS cabang lokal itu berlangsung sekitar 20 jam hingga Senin (3/8). Kementerian Pertahanan Senin (3/8) merilis pernyataan yang menyebut bahwa serangan di penjara Nangarhar itu sudah berakhir. Dikatakannya, bangunan di mana para anggota ISIS mengambil posisi, telah 'dibersihkan'. Para pejabat mengatakan "10 teroris" bersenjata berat dan ringan tewas dalam operasi militer itu. Insiden itu juga menewaskan dua anggota pasukan keamanan. Pernyataan itu juga mengatakan bahwa 10 narapidana tewas dan enam lainnya terluka oleh para pelaku. "Penjara itu kini dalam kendali pasukan keamanan Afghanistan," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Fawad Aman kepada saluran Tolo News. Penjara itu menahan hampir 1.800 narapidana ketika diserang. Polisi mengatakan mereka telah mengakap lebih dari 1.000 narapidana yang berusaha kabur. Sejumlah narapidana lainnya masih hilang. Serangan itu, yang diklaim oleh kelompok ISIS lewat media yang dikelolanya, dimulai dengan ledakan bom bunuh diri. Tak lama kemudian, para pria bersenjata menyerbu fasilitas itu. Para pejabat keamanan mengatakan operasi mereka bergerak perlahan guna melindungi warga sipil di kawasan itu. Sejumlah pejabat kesehatan lokal mengonfirmasi bahwa korban luka serta jenazah korban tewas dibawa ke Rumah Sakit Regional Nangarhar. Nangarhar pernah menjadi kubu kuat ISIS cabang lokal, ISIS Khorasan. Pemerintah Afghanistan mendeklarasikan kelompok dikalahkan pada 2019 setelah operasi militer bertahun-tahun oleh pasukan Afghanistan dan AS. Namun kelompok itu terus menyerang target-target di berbagai wilayah termasuk Jalalabad dan Kabul. [vm/jm]

6 jam27 menit VOAIndonesia

.VOA.

Trump Kritik Penasihat Virus Corona Gedung Putih

Presiden AS Donald Trump Senin (3/8) mengkritik seorang penasihat virus corona Gedung Putih setelah dia mengatakan di televisi nasional bahwa lonjakan infeksi baru "sangat tersebar luas" di pedesaan dan perkotaan. Trump, lewat Twitter, mengklaim, "Sebagian besar negara kita dalam keadaan sangat baik. Buka sekolah!" Penilaiannya itu disampaikan sehari setelah Dr. Deborah Birx, koordinator satgas virus corona Gedung Putih mengatakan kepada CNN, "Kita memasuki fase baru. Yang kita lihat hari ini berbeda dari Maret dan April. Kepada semua orang yang tinggal di kawasan pedesaan: Kalian tidak kebal atau terlindungi dari virus ini.” Dalam sebuah cuitan lain, Trump mengklaim, "Kecuali New York & beberapa lokasi lain, kita JAUH lebih baik dibandingkan sebagian besar negara lain dalam menghadapi Virus China. Banyak dari negara-negara itu kini mengalami gelombang kedua yang besar. Pihak Berita Bohong berusaha keras menjadikan AS (& saya) terlihat sejelek mungkin." Birx mengatakan apa yang dia saksikan ketika mengunjungi 14 negara bagian dalam tiga pekan terakhir, membuatnya khawatir. "Selama saya melakukan perjalanan keliling AS, saya melihat AS tetap aktif" kata Birx. "Kalau Anda memilih untuk liburan ke tempat yang banyak kasusnya, Anda harus kembali dan melindungi mereka yang punya kondisi kesehatan kronis dan anggap diri Anda terinfeksi." AS telah mencatat hampir 155.000 kematian dan 4.6 juta infeksi akibat virus corona. Kedua angka itu merupakan yang tertinggi di dunia. [vm/jm]

6 jam27 menit VOAIndonesia

.VOA.

Indonesia Tunggu Saudi soal Kepastian Umrah, Ongkos Diperkirakan Naik

Pemerintah menunggu keputusan Arab Saudi terkait penyelenggaraan ibadah umrah di tengah pandemi. Asosiasi penyelenggara umrah meramalkan ongkos ibadah umrah akan naik.

7 jam50 menit VOAIndonesia

.VOA.

Virgin Ingin Hidupkan Kembali Penerbangan Komersial Supersonik 

Perusahaan pariwisata antariksa Virgin Galactic, Senin (3/8) mengumumkan kemitraan dengan pembuat mesin Rolls-Royce untuk membuat pesawat komersial supersonik yang mampu terbang dengan kecepatan tiga kali kecepatan suara.  Pesawat ini akan melakukan terbang pada kecepatan Mach 3, Concorde jet perintis yang beroperasi dari tahun 1976 hingga 2003 hanya berkecepatan Mach 2.  Setiap pesawat supersonik baru harus mengatasi masalah yang membuat Concorde tidak populer, khususnya kebisingan dan konsumsi bahan bakar.  "Kami sangat gembira bisa menyajikan konsep desain awal dari pesawat berkecepatan tinggi ini, yang kami cita-citakan merupakan perpaduan perjalanan komersial yang aman dan handal dengan sebuah pengalaman pelanggan yang luar biasa," kata George Whitesides, pimpinan Virgin Galactic.  Rancangan desain pesawat itu menunjukkan sebuah pesawat dengan "sayap delta" berbentuk segitiga yang mengangkut antara sembilan dan 19 penumpang pada ketinggian lebih dari 60.000 kaki, atau 18.000 meter, sekitar dua kali lebih tinggi dari penerbangan komersial normal.  Pesawat itu akan mampu lepas landas dan mendarat di landasan pacu bandara yang biasa dipakai oleh penerbangan komersial. [my]

10 jam28 menit VOAIndonesia

.VOA.

Laporan: Induk TikTok Berusaha Temukan 'Hasil Terbaik'

Pendiri Bytedance, yang memiliki raksasa media sosial TikTok, Senin (3/8) mengatakan timnya bekerja sepanjang hari untuk menemukan "hasil terbaik" sementara perundingan mengenai jual beli operasi TikTok di AS ke Microsoft terus berlanjut, kata laporan media China. TikTok, aplikasi video pendek populer di AS dan banyak digunakan anak muda, adalah sasaran terbaru dalam serangkaian perang dagang antara Beijing dan Washington. Pemerintah AS telah mengatakan perusahaan milik China itu merupakan ancaman keamanan nasional, tuduhan yang dibantah TikTok. "Dalam situasi sekarang ini, kami menghadapi kemungkinan penjualan paksa bisnis TikTok di AS... atau perintah eksekutif yang melarang aplikasi itu," tulis pendiri ByteDance Zhang Yiming dalam sebuah pesan kepada para karyawannya, kata laporan situs media teknologi Pandaily. "Sementara kita menghadapi beragam kompleksitas di seluruh lanskap geopolitik dan tekanan eksternal yang signifikan, tim respon kita telah bekerja sepanjang hari dan mengorbankan akhir pekan mereka dalam beberapa pekan belakangan untuk memastikan hasil terbaik." Microsoft, Minggu (2/8) mengatakan akan melanjutkan perundingan untuk membeli operasi TikTok di AS. TikTok diperkirakan memiliki 1 miliar pengguna di seluruh dunia. Raksasa teknologi itu berharap bisa menuntaskan diskusi "sebelum 15 September." [my/lt]

10 jam28 menit VOAIndonesia

.VOA.

Saham AS Melonjak Meski Ada Kebuntuan Mengenai Bantuan di Kongres 

Saham Wall Street minggu ini, Senin (3/8) dibuka dengan catatan positif naik menjelang keluarnya data penting lapangan kerja AS dan tidak terpengaruh oleh kebuntuan yang terjadi di kongres terkait bantuan pemerintah yang baru.  Dalam 30 menit pertama perdagangan, Dow Jones Industrial Average naik 0,8 persen menjadi 26.645,78.S&P 500 yang berbasis luas juga naik 0,8 persen menjadi 3.297,97, sedangkan Nasdaq Composite Index yang kaya teknologi melonjak 1,4 persen menjadi 10.896,85.  Pertikaian partisan di Washington menimbulkan keraguan mengenai prospek kelanjutan tunjangan pengangguran tambahan $600 per minggu, elemen penting untuk mendukung perekonomian sejak Maret yang kini telah berakhir.  Tetapi analis dari Briefing.com, Patrick O'Hare, mengatakan tindakan agresif Bank Sentral telah membantu mengimbangi kekhawatiran terkait perlemahan ekonomi akibat virus corona dan kekhawatiran lainnya. [my/jm]

10 jam28 menit VOAIndonesia

.VOA.

Terhindar dari Hukuman Gantung, Perempuan Inggris Dipenjarakan di Malaysia

Seorang perempuan Inggris yang didakwa menikam suaminya hingga tewas di Malaysia berhasil menghindari hukuman gantung dan dihukum penjara selama 42 bulan, Senin (3/8), setelah mengaku bersalah atas dakwaan yang lebih ringan. Menurut Sangeet Kaur Deo, pengacara perempuan itu, jaksa penuntut setuju meringankan dakwaan terhadap Samantha Jones (51) dari pembunuhan yang direncanakan menjadi pembunuhan yang tidak direncanakan. Keringanan dakwaan itu tercapai setelah tim pembela Jones mengajukan banding ke kantor kejaksaan agung. Keputusan bersalah atas sebuah pembunuhan biasanya membuahkan hukuman mati dengan cara digantung di Malaysia. “Ia (Samantha Jones) sangat lega mengetahui pengadilan bisa memahami apa yang terjadi pada malam itu. Ia tidak berniat melakukan pembunuhan itu,” kata Kaur kepada wartawan seusai sidang. Selain hukuman penjara 42 bulan, Kaur mengatakan, Jones juga dikenai denda sekitar 2.368 dolar AS. Samantha Jones dijatuhi dakwaan pembunuhan setelah polisi menemukan pisau bernoda darah di dapur rumah pasangan itu di Pulau Langkawi di mana John William Jones ditemukan tewas pada 18 Oktober 2018. Polisi mengatakan, perempuan itu mengaku menikam suaminya di dada sewaktu terlibat dalam pertengkaran hebat. Pengacaranya mengatakan, pasangan itu telah menikah selama 17 tahun. Namun Samantha Jones hidup menderita karena menjadi korban kekerasan suaminya. Perempuan itu bahkan menemani suaminya menjalani berbagai terapi untuk menyembuhkan perilaku kerasnya, namun tidak membuahkan hasil. Kaur mengatakan, Samantha Jones telah menghabiskan 20 bulan dalam tahanan selama menunggu keputusan pengadilan Menurutnya, perempuan itu kemungkinan dibebaskan akhir tahun depan, mengingat sepertiga masa hukumannya dapat dihapus bila ia berkelakuan baik. [ab/uh]

11 jam43 menit VOAIndonesia

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

.VOA.

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Jokowi Galakkan Kampanye Protokol Kesehatan

Presiden Joko Widodo ingin kampanye protokol kesehatan lebih ditingkatkan agar kedislipinan masyarakat dalam menerapkannya meningkat.

13 jam5 menit VOAIndonesia

.VOA.

Menlu Lebanon Mengundurkan Diri

Menteri Luar Negeri Lebanon telah mengundurkan diri. Nassif Hitti menyerahkan surat pengunduran dirinya hari Senin (3/8). Ia memperingatkan bahwa krisis finansial negara itu dan kurangnya kemauan politik untuk berubah dapat menjadi ancaman terbesar bagi negara itu sejak perang saudara di sana. “Saya ambil bagian dalam pemerintah ini untuk bekerja bagi satu bos yang disebut Lebanon,” kata Hitti dalam suatu pernyataan. “Lalu saya dapati di negara saya ini banyak bos dan kepentingan yang saling bertentangan. Jika mereka tidak bersatu dalam kepentingan menyelamatkan rakyat Lebanon, mudah-mudahan tidak terjadi, negara ini akan tenggelam bersama dengan semua orang di dalamnya,” lanjut Hitti. Hitti mengatakan Lebanon menghadapi risiko menjadi “negara yang gagal.” Diplomat karier ini menjadi menteri luar negeri pada Januari lalu sebagai bagian dari pemerintah PM Hassan Diab. Hitti dikabarkan frustrasi dengan kritik Diab terhadap Menteri Luar Negeri Perancis Jean-Yves Le Drian, menyusul kunjungan diplomat Perancis itu ke Beirut baru-baru ini. [uh/ab]

13 jam6 menit VOAIndonesia

.VOA.

John Hume, Politisi Irlandia Utara dan Peraih Nobel, Meninggal Dunia

Politisi Irlandia dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian John Hume meninggal dunia hari Senin (3/8) dalam usia 83 tahun. Hume, pemimpin Katolik di Partai Sosial Demokrat dan Buruh (SDLP) yang berhaluan moderat di Irlandia Utara, bersama-sama meraih Nobel 1998 dengan David Trimble, Menteri I Irlandia Utara ketika itu, atas peran mereka dalam memastikan tercapainya perjanjian perdamaian pada Jumat Agung 1998.  Hume menghadapi kemunduran gerakan nasionalis di Irlandia Utara dan dorongan bagi pemerintahan otonom di provinsi yang diperintah Inggris itu, dengan masukan dari semua pihak. Ia berharap pada akhirnya akan mencapai persatuan dengan Republik Irlandia. Hume pernah mengatakan, “Irlandia bukan sebuah mimpi romantis, bukan sekadar bendera. Irlandia adalah 4,5 juta orang yang terbagi menjadi dua tradisi yang kuat. Solusinya akan ditemukan bukan berbasis pada kemenangan bagi salah satunya, tetapi berdasarkan kesepakatan dan kemitraan antara keduanya. Pembagian nyata Irlandia bukanlah garis yang ditarik pada peta, tetapi pada pikiran dan hati rakyatnya.” Hume mengumumkan pensiun sepenuhnya dari politik pada 4 Februari 2004. [uh/ab]

13 jam6 menit VOAIndonesia

.VOA.

Jumlah Kasus Corona Tak Terkendali, Manila Kembali ‘Lockdown’

Presiden Filipina telah sepakat untuk kembali memberlakukan lockdown di ibu kota dan provinsi-provinsi di dekatnya setelah sejumlah organisasi medis memperingatkan bahwa negara itu kewalahan menanggulangi wabah virus corona menyusul lonjakan jumlah kasus yang sangat mengkhawatirkan. Juru bicara kepresidenan Harry Roque mengatakan, Senin (3/8), kawasan metropolitan Manila dan lima provinsi di dekatnya yang juga berpenduduk padat, akan mulai kembali memberlakukan lockdown, Selasa (4/8), selama dua pekan. Langkah yang banyak ditentang para pejabat keuangan dan ekonomi itu akan melarang warga ke luar rumah untuk urusan yang tidak penting. Menurut Menteri Dalam Negeri Eduardo Ano, pos-pos pemeriksaan polisi akan kembali didirikan untuk memastikan hanya orang-orang dengan pekerjaan esensial, termasuk pekerja medis, pekerja pos, dan pekerja toko kelontong, yang diizinkan berada di luar rumah mereka. Bisnis-bisnis lain yang sebelumnya sempat dibuka namun dianggap tidak esensial, seperti salon, warung internet, pusat kebugaran, dan restoran, akan kembali ditutup. Bisnis-bisnis yang mendapat izin, seperti bank, perusahaan obat dan perusahaan pengolahan makanan, dapat beroperasi sebagian tapi diharuskan mengantar-jemput karyawan mereka. Para pekerja bisa pergi ke tempat kerja dengan menggunakan sepeda, motor, atau mobil pribadi. Semua fasilitas transportasi massal akan diistirahatkan selama lockdown dua pekan itu. Presiden Rodrigo Duterte melonggarkan kebijakan lockdown sejak 1 Juni lalu dalam usaha memulihkan ekonomi. Namun, wabah virus corona menjadi semakin tak terkendali. Hingga Senin, Filipina memiliki 106.330 kasus yang telah dikukuhkan dan 2.104 kematian. Para pemimpin hampir 100 organisasi medis pekan lalu memperingatkan, sistem layanan kesehatan kewalahan menangani jumlah pasien yang terus meningkat sementara semakin banyak pekerja medis yang jatuh sakit dan mengundurkan diri karena kelelahan dan takut tertular. Mereka meminta Duterte kembali memberlakukan lockdown ketat untuk memberi para pekerja kesehatan jeda untuk beristirahat dan memungkinkan pemerintah mengevaluasi tanggapan mereka terhadap wabah itu. [ab/uh]

14 jam25 menit VOAIndonesia

.VOA.

Badai Isaias Dekati Pesisir Timur AS, Trump Tetapkan Situasi Darurat di North Carolina

Para peramal cuaca memperingatkan tentang ancaman hujan lebat dan angin kencang sementara Badai Tropis Isaias bergerak menuju pesisir timur AS. Isaias diperkirakan mencapai daratan pada Senin malam (3/8) di perbatasan antara negara bagian North Carolina dan South Carolina. Pusat Badai Nasional menyatakan pusat badai Isaias akan tetap berada di atas perairan sewaktu melewati Florida semalam dan negara bagian Georgia pada Senin siang. Isaias disertai angin berkecepatan maksimum 110 kilometer per jam pada Senin pagi dan diperkirakan akan tetap tergolong badai tropis sewaktu mencapai daratan. Menurut para peramal cuaca, North Carolina, South Carolina dan negara bagian-negara bagian lain di kawasan itu diperkirakan dapat diguyur hujan dengan curah tujuh hingga 15 centimeter sewaktu Isaias menuju utara dalam beberapa hari mendatang. Peringatan badai tropis diberlakukan Senin pagi (3/8) di seluruh pesisir timur mulai dari Florida ke arah utara hingga ke Delaware. Presiden Donald Trump menetapkan situasi darurat di North Carolina menjelang kedatangan badai di sana agar para pejabat federal dapat mengeluarkan dana untuk membantu kota-kota mengoordinasikan upaya-upaya bantuan mengatasi bencana. Trump mengeluarkan deklarasi serupa hari Sabtu bagi Florida. [uh/ab]

15 jam44 menit VOAIndonesia

.VOA.

Gedung Putih, Demokrat Belum Sepakat Soal Anggaran Bantuan Covid-19

Para pejabat Gedung Putih dan pejabat senior fraksi Demokrat di Kongres dijadwalkan memulai kembali pembicaraan mereka hari Senin (3/8) mengenai paket bantuan baru virus corona, termasuk bantuan bagi jutaan orang yang menganggur. Pembicaraan itu berlangsung beberapa hari setelah berakhirnya tunjangan pengangguran federal 600 dolar per pekan, yang merupakan bagian dari upaya bantuan terdahulu. Ketua DPR AS Nancy Pelosi, pemimpin fraksi Demokrat di Senat Chuck Schumer, Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan kepala staf Gedung Putih Mark Meadows hari Minggu (2/8) bertemu dalam upaya memecahkan kebuntuan yang muncul antara fraksi Demokrat dan Republik mengenai waktu dan besarnya tunjangan pengangguran, sementara Amerika menghadapi lonjakan kasus virus corona yang dimulai pada bulan Juni. Pelosi dan fraksi Demokrat ingin memperpanjang pembayaran itu hingga akhir 2020, sedangkan Presiden Donald Trump dan pemerintahannya semula menginginkan pemotongan bantuan itu menjadi 200 dolar per pekan sambil menyusun paket yang akan menetapkan bantuan itu sebesar 70 persen dari yang diterima pekerja sebelum yang bersangkutan di-PHK. Meadows mengatakan dalam acara televisi CBS "News Face the Nation" hari Minggu (2/8) bahwa jalan yang ditempuh masih panjang. Ia mengaku tidak optimistis akan ada solusi dalam waktu dekat. Kedua pihak masih sangat berbeda pendapat mengenai besarnya paket bantuan menyeluruh terkait virus corona. Fraksi Demokrat meminta 3 triliun dolar sedangkan fraksi Republik ingin membatasinya menjadi 1 triliun dolar. [uh/ab]

15 jam44 menit VOAIndonesia

.VOA.

Kebakaran Terus Melanda Abruzzo di Italia Timur

Petugas pemadam kebakaran Italia, sukarelawan perlindungan sipil dan pasukan Alpen bekerja siang malam dalam upaya mengatasi kebakaran yang melalap ratusan hektare hutan di sekitar kota L’Aquila di wilayah Abruzzo, Italia Timur. Api masih berkobar hingga hari ketiga, Minggu (2/8), setelah seseorang membakar daerah tersebut. Wali kota L’Aquila menulis pernyataan di laman Facebook-nya, yang mengatakan bahwa empat pesawat Canadair, tiga helikopter dan lebih dari 150 orang turut serta dalam operasi pemadaman di sana. Para petugas pemadam juga menggunakan pesawat-pesawat tak berawak yang diperlengkapi dengan kamera pencitraan termal untuk menemukan asal kebakaran. [uh/ab]

16 jam47 menit VOAIndonesia

.VOA.

RUU P-KS :Kandas di DPR, Tetapi Populer di Anak Muda

Pembahasan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU P-KS) dihapus dari daftar Prolegnas Prioritas 2020. Meski kandas di DPR, untuk sementara waktu, isu kekerasan seksual ternyata mulai dilirik oleh kaum muda.

19 jam20 menit VOAIndonesia

.VOA.

Catut Nama Kepala Perwakilan RI di AS, Penipu Minta Uang pada WNI

Kusuma Wijaya, seorang warga negara Indonesia WNI di New York, luar biasa senangnya ketika ditelepon oleh Kepala Perwakilan RI di New York Arifi Saiman, untuk ikut membantu mendokumentasikan kedatangan dan pertemuan dengan beberapa tamu penting. Bagi pemilik K-Studio, yang sudah berbisnis di kota itu sejak 2003, bekerja sama dengan KJRI New York bukanlah hal baru. “Saya percaya bahwa benar Pak Arifi yang menelepon saya karena suaranya mirip betul. Ada logat Jawa yang khas. Sebelumnya juga ia mengirim teks membutuhkan bantuan K-Studio. Ia juga tahu persis apa yang biasa saya lakukan,” ujar Kusuma ketika dihubungi melalui telepon, Minggu (2/8) pagi. Ia baru merasa ada sesuatu yang janggal ketika pada akhir pembicaraan orang yang meneleponnya menanyakan apakah uang pembayaran akan diambil di kasir atau ditransfer. “Saya mulai curiga karena sepengetahuan saya KJRI New York tidak punya kasir. Tapi kemudian menepis kecurigaan itu karena memang saya sudah lama tidak ke KJRI, jangan-jangan sekarang memang ada kasir,” ujarnya. Ia baru yakin bahwa ini merupakan penipuan ketika orang tersebut memintanya mengirim uang dalam bentuk rupiah ke Indonesia karena ada keperluan mendadak. “Apalagi ia kemudian bilang kalau saya tidak punya uang rupiah, mungkin bisa ada keluarga di Indonesia yang membantu mentransfer, sambil mendesakkan lebih jauh,” paparnya. Kusuma Wijaya bukan satu-satunya WNI yang ditipu, dan Arifi Saiman bukan satu-satunya pejabat yang namanya disalahgunakan. “Penipuan ini juga telah menimpa beberapa kepala perwakilan di beberapa negara, termasuk kepala perwakilan di Amerika,” ujar Kepala Perwakilan RI di New York Arifi Saiman, ketika dihubungi melalui telepon. “Modus penipuan ini targetnya adalah warga masyarakat tidak berdosa, dengan meminta mereka melakukan transfer sejumlah uang ke nomor rekening bank pelaku di Indonesia dengan motif tertentu,” tambahnya. Lapor ke Kemlu dan Kepolisian RI KJRI New York pun bergerak cepat dengan menyampaikan imbauan tertulis melalui media sosial dan simpul-simpul masyarakat Indonesia di Amerika, termasuk Permias [Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika] agar tidak semakin banyak WNI yang tertipu. Laporan resmi juga disampaikan ke Kementerian Luar Negeri dan Kepolisian Indonesia. “Ini dipandang perlu untuk tindak penanganan lebih lanjut karena pelaku diduga melakukan aksinya dari Indonesia sehingga dapat segera diringkus,” ujar Arifi. Lewat bantuan seorang penyelidik pribadi, Arifi Saiman mengetahui bahwa nomor telepon berkode daerah Greenville dan Guysmills di Pennsylvania yang digunakan pelaku untuk menipu, adalah nomor salah seorang WNI yang telah diretas. Melalui Facebook, WNI itu menginformasikan kepada publik tentang peretasan yang terjadi dan mengingatkan untuk “tidak membalas dan mengikuti permintaan pelaku.” Kusuma Wijaya mengimbau WNI untuk tidak langsung percaya dan waspada jika mendapat telepon serupa. Jika ragu, ujar Kusuma, langsung kontak orang yang namanya disalahgunakan dan teman-teman lain untuk mendapat informasi lengkap. “Itu yang saya lakukan kemarin. Saya langsung kontak Pak Konjen dan menunjukkan pesan teks WhatsApp yang dikirim pada saya. Beliau kaget dan langsung memerintahkan untuk mengeluarkan imbauan,” ujarnya. Hingga laporan ini disampaikan belum diketahui berapa banyak WNI yang menjadi korban penipuan ini, apakah hanya sampai tahap menerima informasi yang salah atau sudah terlanjur mengirim uang yang diminta. [em/ft]                  

20 jam32 menit VOAIndonesia

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

.VOA.

Catut Nama Kepala Perwakilan RI di AS, Penipu Minta Uang pada WNI

Kusuma Wijaya, seorang warga negara Indonesia WNI di New York, luar biasa senangnya ketika ditelepon oleh Kepala Perwakilan RI di New York Arifi Saiman, untuk ikut membantu mendokumentasikan kedatangan dan pertemuan dengan beberapa tamu penting. Bagi pemilik K-Studio, yang sudah berbisnis di kota itu sejak 2003, bekerja sama dengan KJRI New York bukanlah hal baru. “Saya percaya bahwa benar Pak Arifi yang menelepon saya karena suaranya mirip betul. Ada logat Jawa yang khas. Sebelumnya juga ia mengirim teks membutuhkan bantuan K-Studio. Ia juga tahu persis apa yang biasa saya lakukan,” ujar Kusuma ketika dihubungi melalui telepon, Minggu (2/8) pagi. Ia baru merasa ada sesuatu yang janggal ketika pada akhir pembicaraan orang yang meneleponnya menanyakan apakah uang pembayaran akan diambil di kasir atau ditransfer. “Saya mulai curiga karena sepengetahuan saya KJRI New York tidak punya kasir. Tapi kemudian menepis kecurigaan itu karena memang saya sudah lama tidak ke KJRI, jangan-jangan sekarang memang ada kasir,” ujarnya. Ia baru yakin bahwa ini merupakan penipuan ketika orang tersebut memintanya mengirim uang dalam bentuk rupiah ke Indonesia karena ada keperluan mendadak. “Apalagi ia kemudian bilang kalau saya tidak punya uang rupiah, mungkin bisa ada keluarga di Indonesia yang membantu mentransfer, sambil mendesakkan lebih jauh,” paparnya. Kusuma Wijaya bukan satu-satunya WNI yang ditipu, dan Arifi Saiman bukan satu-satunya pejabat yang namanya disalahgunakan. “Penipuan ini juga telah menimpa beberapa kepala perwakilan di beberapa negara, termasuk kepala perwakilan di Amerika,” ujar Kepala Perwakilan RI di New York Arifi Saiman, ketika dihubungi melalui telepon. “Modus penipuan ini targetnya adalah warga masyarakat tidak berdosa, dengan meminta mereka melakukan transfer sejumlah uang ke nomor rekening bank pelaku di Indonesia dengan motif tertentu,” tambahnya. Lapor ke Kemlu dan Kepolisian RI KJRI New York pun bergerak cepat dengan menyampaikan imbauan tertulis melalui media sosial dan simpul-simpul masyarakat Indonesia di Amerika, termasuk Permias [Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika] agar tidak semakin banyak WNI yang tertipu. Laporan resmi juga disampaikan ke Kementerian Luar Negeri dan Kepolisian Indonesia. “Ini dipandang perlu untuk tindak penanganan lebih lanjut karena pelaku diduga melakukan aksinya dari Indonesia sehingga dapat segera diringkus,” ujar Arifi. Lewat bantuan seorang penyelidik pribadi, Arifi Saiman mengetahui bahwa nomor telepon berkode daerah Greenville dan Guysmills di Pennsylvania yang digunakan pelaku untuk menipu, adalah nomor salah seorang WNI yang telah diretas. Melalui Facebook, WNI itu menginformasikan kepada publik tentang peretasan yang terjadi dan mengingatkan untuk “tidak membalas dan mengikuti permintaan pelaku.” Kusuma Wijaya mengimbau WNI untuk tidak langsung percaya dan waspada jika mendapat telepon serupa. Jika ragu, ujar Kusuma, langsung kontak orang yang namanya disalahgunakan dan teman-teman lain untuk mendapat informasi lengkap. “Itu yang saya lakukan kemarin. Saya langsung kontak Pak Konjen dan menunjukkan pesan teks WhatsApp yang dikirim pada saya. Beliau kaget dan langsung memerintahkan untuk mengeluarkan imbauan,” ujarnya. Hingga laporan ini disampaikan belum diketahui berapa banyak WNI yang menjadi korban penipuan ini, apakah hanya sampai tahap menerima informasi yang salah atau sudah terlanjur mengirim uang yang diminta. [em/ft]                  

20 jam32 menit VOAIndonesia

.VOA.

Pakar Gedung Putih: Covid-19 Tersebar Luas di Wilayah Pedesaan, Perkotaan

Para pakar virus corona Gedung Putih, Minggu (2/8), mengatakan wabah itu telah memasuki fase baru, menjadi “tersebar luas” di kawasan pedesaan dan perkotaan. “Kepada semua orang yang tinggal di kawasan pedesaan: Kalian tidak kebal atau terlindungi dari virus ini,” kata Dr. Deborah Birx, koordinator satgas virus corona Gedung Putih di CNN, Minggu (2/8). Dia mengatakan virus itu pada Agustus tidak seperti yang terjadi pada Maret dan April, ketika hanya kota-kota besar dan negara bagian padat penduduk yang melaporkan kasus corona. Birx menekankan pentingnya mengenakan masker di dalam ruangan apabila ada lansia atau orang yang mengidap masalah kesehatan di ruangan itu. Seorang pejabat senior Departemen Kesehatan, Laksamana Brett Giroir, tampil dalam acara TV, "Meet the Press" di NBC. Dia juga membicarakan tentang pentingnya mengenakan masker dan menghindari keramaian. “Itu sebabnya kami mengunjungi semua negara bagian, kami bicara di radio lokal, kami memberi instruksi khusus kepada setiap gubernur mengenai masing-masing county, apa yang mereka perlu lakukan apabila county-county itu mulai bertambah kasusnya, karena itu waktunya untuk melakukan pembatasan,” katanya. County adalah daerah setingkat kabupaten. Trump terus berkeras bahwa penyebab AS memiliki jumlah kasus terbanyak di dunia adalah karena AS melakukan lebih banyak tes dibanding yang lain. Menurut data Universitas Johns Hopkins, tercatat ada 4,6 juta orang terinfeksi Covid-19 di AS. [vm/ft]

23 jam14 menit VOAIndonesia

.VOA.

Microsoft, TikTok akan Lanjutkan Perundingan Akuisisi

Microsoft Corp pada Minggu (2/8) mengatakan akan melanjutkan perundingan untuk mengakuisisi aplikasi video pendek populer TikTok dari raksasa internet China ByteDance. Menurut dua orang sumber yang memahami rencana akuisisi itu, Minggu (2/8), Presiden AS Donald Trump telah setuju memberi waktu 45 hari kepada ByteDance untuk menegosiasikan jual beli itu. Microsoft, yang ingin menuntaskan perundingan sebelum 15 September, merilis pernyataan setelah perbincangan antara CEO Satya Nadella dan Trump. Dikatakannya, perusahaan itu akan menjamin agar semua data pribadi pengguna AS ditransfer dan tetap berada di AS. "Microsoft sangat mengapresiasi pentingnya menangani kekhawatiran presiden. (Microsoft) berkomitmen untuk mengakuisisi TikTok dengan meninjau keamanan sepenuhnya dan menyediakan manfaat ekonomi bagi AS, termasuk Kementerian Keuangan AS," kata Microsoft dalam pernyataan. Perusahaan itu menambahkan bahwa tidak ada jaminan bahwa perjanjian akan dicapai. Kata kedua sumber itu, negosiasi ByteDance-Microsoft akan diawasi oleh Komite Investasi Asing di AS, panel pemerintah AS yang berhak memblokir perjanjian apapun. ByteDance, Microsoft, dan Gedung Putih belum segera merespons permintaan untuk berkomentar. [vm/ft]

23 jam14 menit VOAIndonesia

.VOA.

Inggris Siapkan Jutaan Tes yang bisa Deteksi Covid-19 dalam 90 Menit

Menteri Kesehatan Inggris mengumumkan, Senin (3/8), bahwa pemerintah Inggris akan meluncurkan jutaan tes Covid-19 yang bisa mendeteksi virus itu dalam 90 menit. Tes Covid-19 itu akan didistribusikan ke berbagai rumah sakit, panti jompo dan laboratorium di Inggris untuk meningkatkan kapasitas dalam beberapa bulan mendatang. Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock memaparkan sebanyak 5,8 juta tes akan menggunakan DNA dan 450.000 menggunakan tes usap. Kedua tes itu tidak perlu dilakukan oleh petugas kesehatan. "Karena bisa mendeteksi flu serta Covid-19, tes-tes itu akan sangat bermanfaat ketika memasuki musim dingin, supaya para pasien bisa mengikuti anjuran yang benar untuk melindungi diri sendiri dan lainnya," katanya. Secara terpisah, Dinas Kesehatan Nasional yang dibiayai publik mengatakan akan menawarkan pengobatan yang "ramah Covid-19" kepada para pasien kanker, termasuk obat-obatan yang tidak berdampak besar pada sistem kekebalan tubuh. Menurut data Reuters, Minggu (2/8), sistem layanan kesehatan Inggris sempat kewalahan sewaktu puncak wabah Covid-19 di negara itu, yang telah menewaskan lebih dari 46 ribu orang, angka keempat tertinggi di dunia, Minggu (2/8). [vm/ft]

23 jam14 menit VOAIndonesia

.VOA.

Dua Astronaut AS Kembali dari Stasiun Antariksa Internasional

Dua astronaut AS kembali ke Bumi pada Minggu (2/8), mencebur dengan aman ke Teluk Meksiko setelah misi dua bulan di Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Kedua astronaut terbang dengan menaiki pesawat antariksa Crew Dragon yang dikembangkan perusahaan swasta SpaceX. Astronaut Robert Behnken dan Douglas Hurley mendarat di laut pada tengah hari di sebelah barat pantai Florida, menghindari Badai Tropis Isaias yang bergerak di Samudera Atlantik di sebelah timur negara bagian itu. Kedua laki-laki itu meluncur ke antariksa dari Florida pada Mei. Mereka menjadi astronaut pertama Badan Penerbangan dan Antariksa AS (National Aeronautics and Space Administration/NASA), yang meluncur dari wilayah AS sejak 2011. Ini juga pertama kalinya pesawat antariksa yang dikembangkan perusahaan swasta, membawa manusia ke orbit. Hurley dan Behnken, yang sama-sama menikah dengan astronaut, meninggalkan ISS pada Sabtu (1/8) malam. Mereka menerima rekaman suara anak mereka yang mengatakan "ayo bangun" dan "kami tak sabar untuk bertemu." "Jangan khawatir, Ayah bisa tidur nyenyak besok," kata putra Behnken yang berusia 6 tahun, Theo, yang dijanjikan akan diberi anak anjing setelah penerbangan itu. "Cepat pulang supaya kita bisa mengambil anjing saya." Kapsul Dragon itu mengurangi kecepatan dari 28.000 kilometer per jam menjadi 560 ketika memasuki atmosfer, dan akhirnya menjadi 24 kilometer per jam saat mencebur ke laut. Lebih dari 40 staf berada di kapal penjemputan SpaceX, termasuk para dokter dan perawat yang memeriksa kedua astronaut itu. [vm/pp]    

32 menit VOAIndonesia