Komposer Lagu Jepang IZ*ONE Curhat Mohon Agar Grup Tak Dibubarkan

Skandal manipulasi voting PD 'Produce Series' turut menyeret nama IZ*ONE mengingat grup tersebut merupakan grup pemenang 'Produce 48'. Tak sedikit netter Korea yang meminta IZ*ONE untuk dibubarkan.
« Kembali Baca berita lengkap »

Viva.co

Bidik Kevin/Marcus, Duo India Bergegas Kuasai Jajaran Elite Dunia

Minions tak boleh anggap remeh Rankireddy/Shetty.

22 jam20 menit Viva

Viva.co

Para Raksasa Bulutangkis Dunia yang Terpaksa Jadi Penonton China Open

Mereka telah tumbang.

22 jam20 menit Viva

Viva.co

Olga Lydia Berduka, Ayahanda Berpulang

Kesedihan dan dukanya, Olga Lydia tuliskan di akun Instagram

22 jam20 menit Viva

Detik

Layangan Putus Versi Ica, Suami Pacari Lina eks Sule hingga Nikah Lagi

Ica yang berteman dengan Sule mengaku kaget ketika suaminya, Teddy justru dekat dengan Lina saat masih dalam status pernikahan dengannya.

22 jam20 menit Detik

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

Detik

Berat Badan Via Vallen Naik sampai Bikin Pangling, Netizen Terbelah

Via Vallen tampak berbeda setelah mengalami kenaikan berat badan. Diklaim cuma naik 4 kilogram, pipi Via Vallen tampak tembam sampai bikin pangling.

22 jam20 menit Detik

Detik

Makin Tua, Jeremy Renner Ingin Film Solo Hawkeye Segera Dibuat

Selain Black Widow, Hawkeye awalnya direncanakan masuk dalam daftar superhero yang punya film solo sendiri.

22 jam20 menit Detik

Detik

Orang Terkaya China Vs Orang Terkaya RI, Siapa Paling Kaya?

Posisi orang terkaya di Indonesia saat ini ialah Robert Budi Hartono.

22 jam20 menit Detik

Detik

Banyak Orang yang Galak Saat Ditagih Utang, Kenapa Ya?

Lucunya, tidak sedikit orang ketika ditagih utang malah lebih galak dari orang yang menagihnya. Kenapa, ya?

22 jam21 menit Detik

Detik

Heboh 'Desa Hantu', Berapa Dana Desa yang Sudah Disalurkan?

Dengan begitu Pemerintah sudah mengeluarkan anggaran untuk program dana desa sebesar Rp 267,62 triliun.

22 jam21 menit Detik

Detik

Demonstran Chile Bakar Gedung Universitas dan Menjarah Gereja

Para demonstran di Chile melanjutkan aksinya memprotes kesenjangan sosial dan ekonomi. Sejumlah demonstran membakar gedung universitas dan menjarah gereja.

22 jam21 menit Detik

Detik

Kampus di Makassar Adukan Temuan GoPro di Toilet Mahasiswi ke Polisi

Temuan kamera GoPro di toilet mahasiswi di salah satu kampus di Makassar, Sulsel, kini ditangani polisi.

22 jam21 menit Detik

Detik

Polisi Kantongi Identitas Pembunuh Wanita di Cakung

Polisi sudah mengantongi identitas pelaku dugaan pembunuhan Rieke Andrianti (43), yang ditemukan tewas dengan luka tusuk di Cakung, Jakarta Timur.

22 jam21 menit Detik

Detik

Polisi Sirenja yang Tertembak Dibawa ke Makassar untuk Perawatan Intensif

KSPKT 1 Polsek Sirenja Aipda Nabud Salama yang mengalami luka tembak diterbangkan ke Makassar untuk menjalani perawatan lebih lanjut.

22 jam21 menit Detik

Detik

HUT ke-412 Makassar, Pj Walkot: Mariki' Jaga Kondisi Kondusif

Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) merayakan hari ulang tahun ke-412.

22 jam21 menit Detik

Detik

Bamsoet Didukung FKPPI, Diminta Tetap Maju Jadi Ketum Golkar

Bamsoet dinilai memiliki kekuatan dan jaringan di grass root atau akar rumput sehingga cocok memimpin Golkar.

22 jam21 menit Detik

Detik

Paloh Sindir Partai Pancasilais tapi Sinis, PDIP: Terlalu Emosional

Surya Paloh curhat yang curiga rangkulan eratnya Sohibul lalu mengaitkannya dengan nilai-nilai Pancasila. PDIP Andreasmenilai ucapan Paloh terlalu emosional.

22 jam21 menit Detik

Detik

Syaikhu Singgung Komitmen Prabowo, Ini Cerita di Balik 'Deal' Soal Wagub DKI

"Kalau komitmen Prabowo, sejak awal kan diserahkan ke PKS. Artinya, kalau memang ditepati komitmen itu, harusnya dilaksanakan," kata Ahmad Syaikhu.

22 jam21 menit Detik

Detik

326 Kampung di Serang Ikut Lomba Jadi yang Paling Bersih dan Aman

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta warga konsisten dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan aman.

22 jam21 menit Detik

Detik

Para Menteri se-ASEAN Kumpul Bahas Kemiskinan di Myanmar

Mereka juga memperkuat ketahanan di tingkat masyarakat untuk mendorong kesejahteraan bersama di wilayah ASEAN.

22 jam21 menit Detik

Detik

Marbut DKI Cerita Awal Mula Diberitahu Berangkat Umrah Gratis

"Alhamdulillah selama di Madinah-Mekah, tak terpikir bakal begini. Nikmatnya yang telah diberikan ke semua marbut dan tidak terpikir," kata Mahmudi.

22 jam21 menit Detik

Detik

Perangi Kecanduan Game, China Larang Anak Main Game di Atas Jam 10 Malam

China sepertinya serius menghadapi ancaman kecanduan game di antara anak-anak. Pemerintah mengumumkan beberapa aturan untuk membatasi waktu bermain.

23 jam5 menit Detik

Detik

Sampai Bermandikan Tinja, Bukti Petugas Sedot WC Bukan Pekerjaan Mudah

Selain risiko keselamatan jiwa, ada pengalaman pahit lainnya yang harus dirasakan petugas sedot WC. Mulai dari kesemprot tinja sampai masuk ke septic tank.

23 jam5 menit Detik

Detik

Ini Diana Nurliana, Desainer Bercadar yang Pamer Karya di Amerika Serikat

Diana Nurliana, desainer bercadar ini sudah memamerkan karyanya di ajang Indonesia Fashion Week hingga Jakarta Fashion Week.

23 jam5 menit Detik

Detik

Mereka yang Rela Antre di Urban Sneaker Society dari Subuh

Ratusan pecinta sneakers lokal memadati event Urban Sneaker Society di District 8 SCBD pagi tadi. Banyak pengunjung rela antre sejak subuh.

23 jam5 menit Detik

Detik

Coba Deh, Keliling Phuket dengan Sepeda Motor

Menikmati Phuket dengan cara asyik bisa kamu lakukan dengan sepeda motor. Sensasinya beda!

23 jam6 menit Detik