Abaikan Larangan Demo, Ribuan Orang Berunjuk Rasa di Thailand

Ribuan orang kembali berunjuk rasa di jalan-jalan di Bangkok, Thailand Sabtu (17/10), untuk mendesak agar Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha mundur. Tak seperti protes sehari sebelumnya pada Jumat (16/10) ketika polisi menggunakan meriam air untuk membubarkan ribuan demonstran yang termasuk anak-anak, demonstrasi pada Sabtu (17/10) berlangsung damai. Para aktivis mengadakan protes hari keempat berturut-turut, meskipun pemerintah telah berusaha menghalau mereka dengan berbagai cara, termasuk menutup sistem transportasi massal Bangkok. Sejumlah demo pada Sabtu (17/10), yang juga diadakan di sedikitnya enam kota di luar Bangkok, tetap berjalan meskipun Prayuth mendeklarasikan keadaan darurat pada Kamis (15/10). Dekrit keadaan darurat itu melarang semua pertemuan politik yang dihadiri lima orang atau lebih dan mengancam akan melakukan penangkapan. Banyak peserta mengatakan mereka terdorong untuk berunjuk rasa pada Sabtu (17/10) karena langkah polisi menggunakan meriam air. Dalam sepekan belakangan, polisi telah menangkap lebih dari 50 orang -- termasuk beberapa pemimpin protes.  Istana Kerajaan belum mengomentari protes-protes itu, tapi Raja Maha Vajiralongkorn telah mengatakan negara itu perlu orang-orang yang mencintai kerajaan dan negara itu. Para aktivis pro-demokrasi mulai berdemonstrasi tiga bulan lalu untuk memaksa Prayuth mengundurkan diri. Prayuth adalah seorang mantan jenderal angkatan darat yang merebut kekuasaan dalam kudeta pada 2014 yang menggulingkan pemerintahan sipil terpilih. Dia memenangkan pemilu tahun lalu, tapi para demonstran mengatakan pemilu itu dicurangi dan menguntungkan dirinya karena UU konstitusional yang dirancang oleh militer. Selain menuntut reformasi konstitusi negara, para demonstran juga berusaha mengurangi pengaruh kerajaan Thailand. Institusi itu mempertahankan status bak dewa di kalangan elit Thailand, dan dilindungi oleh undang-undang "lese majeste" yang ketat, yang memberlakukan hukuman penjara kepada siapapun yang terbukti menghina kerajaan. [vm/ft]
« Kembali Baca berita lengkap »

.VOA.

Azerbaijan, Armenia Sepakati Gencatan Senjata Mulai Minggu

Azerbaijan dan Armenia mengumumkan bahwa mereka telah menyepakati gencatan senjata baru mulai Sabtu (17/10)  tengah malam. Gencatan senjata itu adalah upaya kedua dalam sepekan untuk menghentikan pertempuran di Nagorno-Karabakh yang sudah berlangsung hampir tiga minggu. "Republik Armenia dan Republik Azerbaijan telah menyepakati gencatan senjata kemanusiaan mulai 18 Oktober pukul 00.00 waktu setempat," kata Kementerian Luar Negeri Armenia, Sabtu (17/10) malam. Kementerian Luar Negeri Azerbaijan mengeluarkan pernyataan serupa. Pengumuman itu disampaikan setelah Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov berbicara lewat telepon dengan mitranya dari Armenia dan Azerbaijan. Lavrov dan Presiden Prancis Emmanuel Macron sama-sama menegaskan bahwa gencatan senjata harus dipatuhi kedua pihak. Sebelumnya Sabtu (17/10), Azerbaijan dan Armenia saling tuduh pihak yang lain melancarkan serangan. Hal itu semakin memperjelas bahwa kekerasan telah meningkat di wilayah Nagorno-Karabakh yang disengketakan, melanggar gencatan yang dimediasi Rusia yang berlaku sepekan lalu. Pihak berwenang Azerbaijan mengatakan sebuah serangan rudal Armenia di Kota Ganja menewaskan sedikitnya 13 orang dan melukai 50 lainnya pada Sabtu  (17/10) dini hari, sedangkan Armenia menuduh Azerbaijan melakukan lebih banyak serangan. Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan bahwa Kota Ganja dan Mingachevir kena serangan rudal yang ditembakkan dari dua lokasi di Armenia. Menurut sumber-sumber resmi di Azerbaijan, serangan rudal pada Sabtu (17/10) menghancurkan sedikitnya 20 bangunan residensial di Ganja, kota terbesar kedua di negara itu. Kementerian pertahanan Armenia membantah melancarkan serangan itu dan menuduh Azerbaijan terus menggempur wilayah-wilayah padat penduduk di Nagorno-Karabakh, termasuk kota terbesar, Stepanakert. Kementerian luar negeri Armenian mengatakan tiga warga sipil cedera dalam sebuah kebakaran akibat serangan oleh Azerbaijan. Armenia juga menuduh Azerbaijan menerbangkan drone di atas permukiman Armenia, menyerang instalasi militer dan merusak infrastruktur sipil. [vm/ft]  

10 jam44 menit VOAIndonesia

.VOA.

PSBB Dilonggarkan, Warga Israel Kembali Berunjuk Rasa

Ribuan warga Israel berdemonstrasi di luar kediaman resmi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, melanjutkan protes mingguan menentang pemimpin Israel itu, setelah pembatasan sosial dilonggarkan. Sejumlah demonstrasi yang lebih kecil diadakan di seluruh negara itu, dan penyelenggara mengklaim sekitar 260 ribu orang berpartisipasi di seluruh negara itu. Protes-protes dilarang bulan lalu setelah Israel memberlakukan peraturan pembatasan sosial baru setelah terjadinya wabah virus lagi. Para pengunjuk rasa mengatakan Netanyahu tidak layak memimpin karena sedang disidang atas dakwaan korupsi, sesuatu yang telah dibantahnya. Mereka juga mengatakan Netanyahu tidak becus menangani krisis virus corona, yang telah menyebabkan angka pengangguran meningkat. [vm/ft]

10 jam44 menit VOAIndonesia

TRIBUNNEWS.

Rayakan Ultah Pernikahan, Raffi-Nagita Liburan ke Labuan Bajo dan Sewa Kapal Pinisi Mewah

Bersama Rafathar, Raffi dan Nagita merayakan anniversary pernikahan dengan liburan bersama ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

10 jam44 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

HASIL LIGA ITALIA: Komentar Membumi Stefano Pioli Usai Bawa AC Milan Kalahkan Inter Milan

Pelatih AC Milan, Stefano Pioli ogah sesumbar setelah timnya meraih kemenangan atas Inter Milan di Derby della Madonnina.

10 jam44 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

BMKG Prakiraan Cuaca di 33 Kota, Minggu 18 Oktober 2020: Wilayah Banjarmasin Berpotensi Hujan Petir

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca di 33 kota besar di Indonesia, hari ini (18/10/2020) berikut informasinya.

10 jam44 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

Jadwal TV Minggu, 18 Oktober 2020: Tayang The Last Witch Hunter di TransTV dan Hail, Caesar! di GTV

Jadwal TV Minggu (18/10/2020), tayang film The Last Witch Hunter di TransTV dan film Hail, Caesar! di GTV, simak jadwal lengkapnya berikut ini.

10 jam44 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

Peringatan Dini BMKG Minggu 18 Oktober 2020: 8 Wilayah Ini Berpotensi Hujan Petir dan Angin Kencang

BMKG merilis peringatan dini berpotensi terjadi hari ini, Minggu (18/10/2020). Waspada terdapat 8 wilayah berpotensi hujan petir dan angin kencang.

10 jam44 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

Ramalan Zodiak Minggu 18 Oktober 2020: Aquarius Hadapi Masalah, Leo Siapkan Rencana Baru

Ramalan zodiak Minggu 18 Oktober 2020, Aquarius dihadapkan pada suatu masalah yang memprihatinkan hari ini, sementara Leo merencanakan hal baru.

10 jam44 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

Cai Changpan Sering Bermalam di Pabrik Pembakaran Ban Dalam Hutan Sebelum Tewas Gantung Diri

Petugas keamanan pabrik sempat diancam Cai Changpan untuk tidak melaporkan keberadaannya di tempat tersebut.

10 jam44 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

BMKG Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Minggu, 18 Oktober 2020: 16 Wilayah Ini Hujan Lebat hingga Angin

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Minggu (18/10/2020).

10 jam44 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

Pollycarpus, Eks Terpidana Kasus Munir Meninggal Akibat Covid-19, Ini Profil dan Rekam Jejaknya

Siapa Pollycarpus Budihari Priyanto, mantan terpidana kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir yang meninggal karena Covid-19?

10 jam44 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

Link Live Misa Online Minggu 18 Oktober 2020, Misa Pagi dan Sore

Jadwal live streaming misa online Minggu, 18 Oktober 2020 lengkap link langsung gereja Katolik berbagai Katedral

10 jam44 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

Siswi Tewas Diduga Bunuh Diri, Rekaman Video Korban Minum Racun Beredar

Sebelum ditemukan tewas, korban sering mengeluhkan masalah tugas-tugas daring dari sekolahnya.

10 jam44 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

Peringatan Dini Gelombang Tinggi BMKG Minggu, 18 Oktober 2020, di Perairan Barat Lampung Capai 4 M

BMKG merilis peringatan dini gelombang tinggi di wilayah perairan Indonesia untuk hari ini, Minggu (18/10/2020), di Perairan Barat Lampung capai 4 M.

10 jam45 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

5 Seleb yang Lahirkan Anak Sebelum Usia 20 Tahun, Bahkan Ada yang 18 Tahun

Berikut deretan lima artis yang sudah menjadi ibu saat usia sebelum 20 tahun. Siapa saja?

10 jam45 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

Polri Masih Dalami Motif Cai Changpan Nekat Bunuh Diri di Dalam Hutan Jasinga

Yusri mengatakan pihaknya juga mencari tahu asal muasal tali yang digunakan Cai Changpan untuk bunuh diri.

10 jam45 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

Kembar Trena-Treni, Terpisah 20 Tahun, Kini Dipertemukan di TikTok, Begini Ceritanya

Media sosial diramaikan dengan kisah dipertemukannya kembar Trena dan Treni selama lebih dari 20 tahun berkat aplikasi TikTok.

10 jam45 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

Hasil Liga Spanyol: Laga ke-150 Zidane Berakhir Kekalahan, Posisi Real Madrid Masih di Pucuk

Laga ke-150 Zidane berujung kekalahan Real Madrid atas tim tamu Cadiz dengan skor tipis 0-1 dalam lanjutan pekan 6 Liga Spanyol.

10 jam45 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

Kunci Jawaban dan Pembahasan Buku Tematik Kelas 5: Tema 3 Halaman 100-103, Perbedaan dan Budaya

Berikut pembahasan serta materi dan kunci jawaban buku kelas 5 tema 3 Subtema 3 (Halaman 100-103) - mempelajari mengenai materi Perbedaan dan Budaya.

10 jam45 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

Penjelasan Gennaro Gattuso Tentang Batalnya Juventus vs Napoli, Rino: Saya Sudah Naik Bus

Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso berikan pembelaan mengenai banyaknya tudingan negatif yang ditujukan pada timnya usai tak datang melawat ke Juventus.

10 jam45 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

Siapa Sosok Sherel Thalib, Wanita Cantik yang Dinikahi Taqy Malik Mantan Suami Salmafina Sunan?

Selebgram dan Hafidz Quran Taqy Malik akan mengakhiri status dudanya dengan menikahi selegram muda Sherel Thalib, Minggu (18/10/2020) hari ini.

10 jam45 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS.

POPULER NASIONAL Tegas Gatot Ancam Keluar dari KAMI | Istana Soroti Habib Rizieq

Inilah berita populer nasional dalam 24 jam terakhir, mulai berita Gatot Nurmantyo akan keluar jika KAMI jadi parpol hingga soal Habib Rizieq

10 jam45 menit Tribunnews

ANTARA NEWS.

Ahad, hujan berpetir intai Jakarta siang-malam

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat disertai petir mengintai Jakarta pada Ahad siang dan malam hari. Berdasarkan data yang diterbitkan BMKG, Ahad ...

10 jam45 menit Antaranews

ANTARA NEWS.

Kemarin, fitur baru Google Search hingga cara terbaik bersihkan spons

Google Search menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mencari lagu dengan bersenandung hingga cara aman membersihkan spons dari kuman dan virus. Selain itu, sejumlah berita kemarin lainnya masih menarik untuk dibaca ...

10 jam45 menit Antaranews

ANTARA NEWS.

Kemarin, napi bunuh diri hingga dorongan pembangunan rumah di DKI

Cai Changpan, narapidana kasus narkoba yang kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang, Provinsi Banten, ditemukan meninggal dunia di sebuah pabrik pembakaran ban di Hutan Jasinga, Bogor, Jawa Barat, Sabtu pagi. “Dia ditemukan ...

10 jam45 menit Antaranews