6 Maskapai Pastikan Beroperasi, Jam Operasional Kertajati Ditambah

Keenam maskapai tersebut mulai beroperasi awal bulan depan.
« Kembali Baca berita lengkap »

Viva.co

Novanto Pelesiran ke Toko Bangunan, Kemenkumham: Itu soal Hobi Dia

"Itu hanya Setnov sendiri yang tahu."

17 jam18 menit Viva

Viva.co

17 Ribu Jiwa Lebih Terdampak Banjir Konawe, Kerugian Ditaksir Rp44 M

Ribuan hektare sawah tergenang.

17 jam18 menit Viva

Viva.co

Saksi Prabowo Sebut Anggota KPPS di Boyolali Coblosi Suara Pemilih

"Saya lihat KPPS mencobloskan surat suara para pemilik suara."

17 jam18 menit Viva

Viva.co

Gagal Tangkap Pencuri, Polisi Malah Bekuk Bandar Narkoba

36 paket sabu pun disita Kepolisian.

17 jam18 menit Viva

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

Viva.co

Makan Ikan Pindang, Warga Desa Sangiang Serang Keracunan Massal

Sebanyak 39 warga keracunan.

17 jam18 menit Viva

Viva.co

Daerah Produksi Padi Dilanda Banjir, Kebutuhan Beras Diyakini Aman

Surplus stok beras masih aman diumumkan BPS, tahun lalu.

17 jam18 menit Viva

Detik

Dari 17 Ribu Orang, Hanya 10 % Penumpang Pesawat Tujuannya Wisata

Harga tiket pesawat yang melambung dianggap mempersulit orang bepergian dengan berbagai kepentingan. Kalau yang terbang untuk wisata, angkanya sedikit.

17 jam18 menit Detik

Detik

Foto: Danau Tertua Dunia yang Membeku

Siapa yang tak kenal dengan Danau Baikal di Siberia? Jadi yang tertua di dunia, danau ini punya wajah eksotik saat musim dingin tiba.

17 jam18 menit Detik

Detik

Pendaki Pria & Wanita Dipisah, Rinjani Jadi Gunung Syariah?

Gunung Rinjani akan menerapkan aturan baru, syariah. Pendaki adam dan hawa akan dipisah. Bagaimana ceritanya?

17 jam18 menit Detik

Detik

Argentina-nya Messi Punya Masalah Penting, Apa Itu?

Mantan pelatih Fabio Capello menilai Timnas Argentina di era Lionel Messi punya masalah penting. Apa itu?

17 jam18 menit Detik

Detik

Juan Mata Resmi Perpanjang Kontrak di MU

Manchester United telah mengonfirmasi bahwa Juan Mata memperpanjang kontraknya. Mata akan di Old Trafford sampai 2021.

17 jam18 menit Detik

Detik

Ricuh Bonek Warnai Laga Persebaya vs Madura United

Pertandingan leg I perempatfinal Piala Indonesia antara Persebaya vs Madura United telah selesai. Pertandingan itu diwarnai aksi Bonek yang masuk lapangan.

17 jam18 menit Detik

Detik

Ketika Bejo Sugiantoro Masuk Lapangan dan Ditarik Anaknya

Asisten pelatih Persebaya Surabaya, Bejo Sugiantoro, menghampiri Bonek yang masuk ke lapangan. Aksi Bejo diadang oleh anaknya sendiri.

17 jam18 menit Detik

Detik

Pajak Bunga Obligasi Dipangkas Jadi 5%

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pihaknya telah memangkas pajak penghasilan (PPh) bunga obligasi menjadi 5%.

17 jam18 menit Detik

Detik

Melihat Perkembangan Proyek Tol JORR 2 Kunciran-Serpong

Proyek Tol JORR 2 Kunciran-Serpong terus menunjukkan perkembangan. Begini penampakan terkini proyek tol yang membentang sepanjang 11,1 km tersebut.

17 jam18 menit Detik

Detik

Biaya Izin Taksi Online Mahal, Kemenhub: Makanya Masuk Koperasi

"Makanya sebetulnya kalau para pengemudi nggak mau beban itu, dia masuk koperasi bikin badan hukum antar mereka sendiri,"

17 jam18 menit Detik

Detik

KPU Cecar Said Didu soal Aturan Pejabat BUMN di Undang-undang

Saksi Said Didu merupakan eks Sekretaris Kementerian BUMN 2005-2010 dan bersaksi soal kriteria pejabat BUMN.

17 jam18 menit Detik

Detik

Di MK, Ketua Sekber 02 Batubara Ngaku Punya Video Polisi Tak Netral

Rahmadsyah, dihadirkan sebagai saksi oleh tim hukum Prabowo. Dalam kesaksiannya, Rahmadsyah mengaku mempunyai video ketidaknetralan aparat kepolisian.

17 jam18 menit Detik

Detik

Soal Amplop Misterius, KPU Pertimbangkan Hadirkan Saksi KPUD Boyolali

Saksi tim hukum Prabowo mempermasalahkan lembaran amplop cokelat misterius di Boyolali. KPU mempertimbangkan menghadirkan saksi dari KPUD Boyolali.

17 jam19 menit Detik

Detik

Saksi Bawa Bukti Lembaran dan Amplop, Ini Kata Tim Hukum Prabowo

Tim hukum Prabowo-Sandiaga menanggapi kesaksian Beti Kristiana yang menyerahkan bukti amplop berwarna cokelat kepada majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK).

17 jam19 menit Detik

Detik

Tim Hukum Prabowo: Sebenarnya Kesaksian Haris Azhar Penting

Tim hukum Prabowo menghormati sikap Haris Azhar yang mundur untuk menjadi saksi di sidang MK. Tim hukum Prabowo mengaku keterangan Haris bersifat penting.

17 jam19 menit Detik

Detik

Saksi Prabowo Ungkap Ada 5 Nama Misterius Masuk DPT di Rumahnya

Saksi Prabowo-Sandiaga, Tri Susanti, mengungkap keanehan soal DPT di lingkungan tempat tinggalnya di Surabaya.

17 jam19 menit Detik

Detik

Saksi Prabowo Paparkan Kejanggalan C7 di 3 TPS Bluru Kidul Sidoarjo

Dimas Namura, saksi dari tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berbicara soal kejanggalan terkait daftar hadir pemilih (C7).

17 jam19 menit Detik

Detik

Dapat Dividen Rp 100 M dari Anker Bir, Pemprov DKI Ambil Separuh

Pemprov cuma mau ambil Rp 50,4 miliar sesuai dengan APBD," kata Plt BP BUMD DKI Riyadi.

17 jam19 menit Detik

Detik

Dihadirkan di MK, Pendamping Dana Desa Ungkap Arahan Nge-Tweet Pro 01

Dalam kesaksiannya, Fahrida mengaku mengaku mendapatkan arahan untuk nge-tweet membahas mengenai keberhasilan Jokowi.

17 jam19 menit Detik