Tonton Video Momen Menegangkan Pendaratan Wahana NASA di Permukaan Mars

Pada Senin waktu Amerika Serikat, NASA merilis video detik-detik robot penjelajah Perseverance mendarat di planet Mars pekan lalu.

Direkam dari berbagai sudut pesawat, videonya memperlihatkan ketika wahana turun secara perlahan ke permukaan Kawah Jezero yang berbahaya. Perseverance berhasil melewati “tujuh menit teror” — fase pendaratan yang peluang kecelakaannya besar. Pendaratan berisiko tinggi ini membuat siapa saja yang menonton takjub sekaligus merinding.

Pemimpin misi menjelaskan semua yang terjadi dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di NASA TV. Rekaman tersebut mempertontonkan parasut yang mengembang dari perspektif bagian belakang pesawat ruang angkasa, dan disusul oleh pemandangan permukaan Planet Merah yang diambil dari ketinggian sekitar 12 kilometer. Setelah itu, perisai panas tampak terbang menjauhi pesawat usai dilontarkan.

Perseverance dengan gesit memilih lokasi pendaratan, dan dalam waktu sekitar satu menit, descent stage yang membawa Perseverance hanya berjarak 20 kaki dari situs. Debu beterbangan saat retrorocket pada descent stage ditembakkan untuk menurunkan robot penjelajah dalam manuver “sky crane” yang terkenal. Videonya menunjukkan tiga sudut pandang, dari atas pesawat dan dari bawah descent stage.

Mikrofon di pesawat juga merekam suara yang terdengar pertama kalinya di Mars, serta pemandangan pertama Kawah Jezero dari Perseverance. Kalian bisa melihat foto-foto lainnya di tautan ini.

Kabar pendaratan Perseverance sampai ke Bumi pada Kamis pukul 15.55 waktu setempat, yang disaksikan oleh 20 juta orang melalui siaran langsung NASA. Riuh tepuk tangan membahana dari ruang tim pengawas Jet Propulsion Laboratory NASA.

Medan Kawah Jezero yang dipenuhi tebing berbatu membuat pendaratan ini begitu menantang. Wahana harus cermat memilih lokasi pendaratan yang aman. Wahana pengorbit NASA, Mars Reconnaissance Orbiter, berhasil menangkap gambar penjelajah yang menyentuh permukaan. Sementara itu, kendaraan descent membidik momen-momen saat Perseverance diturunkan ke tanah.

NASA akan merilis lebih banyak foto keadaan di sekitar Perseverance dan rekaman audio dari Planet Merah.