Seri Foto Ini Merekam Momen yang Tak Muncul di TV Saat Pemakaman Ratu Elizabeth II

Pada 19 September 2022, Ratu Elizabeth II dikebumikan di Kastil Windsor, London, setelah melewati perjalanan satu pekan dari Skotlandia, di mana sang ratu mangkat. Momen itu menandai akhir dari 10 hari berkabung nasional. Diperkirakan lebih dari 250 ribu orang berkerumun di sepanjang jalan iring-iringan mobil jenazah untuk melepas kepergian pemimpin kerajaan Britania Raya terlama sepanjang sejarah itu.

Momen ini demikian bersejarah, sampai-sampai tak hanya orang Inggris yang ingin melepas kepergian Ratu Elizabeth ke peristirahatan terakhir. Namun beberapa wisatawan asing agak dirugikan. Ada beberapa losmen dan hotel di Center Parcs yang memaksa turis tidak keluar dulu, untuk menghormati proses pemakaman.

Bagi sebagian besar pembaca, momen ini kemungkinan besar disaksikan lewat televisi. Dalam tayangan TV-TV Inggris, proses pemakaman Ratu Elizabeth II tampak khidmat, haru, dan megah. Namun ada momen-momen yang sebetulnya tidak diperlihatkan oleh para kameramen TV.

Namanya juga acara melibatkan ribuan orang, ada yang ulahnya aneh-aneh. Misalnya, berusaha keras naik pohon supaya bisa selfie dengan latar belakang mobil jenazah mendiang Ratu. Ada juga orang yang mengenakan busana super absurd, yakni baju bermotif bendera Britania Union Jack sambil menenggak vodka. Alasannya, “berkabung dengan cara begini sudah pasti menjadi keinginan Ratu Elizabeth.”

Fotografer VICE, Chris Bethell, hadir di lokasi sepanjang proses pemakaman mendiang Ratu untuk merekam momen-momen unik perilaku rakyat Inggris melepas kepergian pemimpinnya.

Seorang lelaki asyik menikmati cerutu di salah satu rute mobil jenazah Ratu Elizabeth II.
Kerumunan yang menanti mobil jenazah ratu lewat tampak seperti area piknik
Seorang perempuan mengenakan bendera union jack dan tongsis
Keluarga saling bantu menggendong supaya bisa memotret iring-iringan mobil jenazah ratu
Sambil menunggu mobil jenazah lewat, seorang warga London menuang vodka
Kerumunan massa di depan Istana Buckingham
Seorang perempuan menggendong anaknya yang ingin memotret mobil jenazah ratu
Pemain musik dari pasukan kerajaan memainkan terompet dengan nada sendu
Warga London ini mengecat wajahnya dengan motif bendera Inggris st George
Seorang lelaki bersantai dengan jaket bulu menanti mobil jenazah ratu
Lelaki ini mengenakan t-shirt heavy metal dekat lokasi pemakaman Ratu Elizabeth II
Lelaki paruh baya membawa botol alkohol sambil menghadiri momen pemakaman Ratu Elizabeth II

@christopherbethell