Salah Satu Domba Termahal Sedunia Terjual di Australia Seharga Rp2,3 Miliar

Lihatlah foto domba yang baru saja memecahkan rekor ternal termahal di Australia tersebut. Sekilas kalian mungkin menganggapnya domba biasa saja. Malah mungkin saja ada yang mengira ini foto domba random. Tapi jangan salah, domba tersebut dihargai mahal, bahkan termasuk jajaran domba termahal di dunia.

Pada 28 September 2022, domba jantan ini terjual dalam lelang senilai AU$240 ribu (setara Rp2,3 miliar). Berkat harga jual tersebut, si domba menjadi ternak termahal di Australia selama lebih dari 20 tahun terakhir. Pada 1989 pernah ada domba serupa yang terjual tak kalah mahal, namun kini rekornya terlewati.

Menariknya, domba jenis ram ini tidak akan dijagal seumur hidupnya. Dia dibeli karena memiliki gen yang bagus, sehingga dianggap cocok menjadi pejantan untuk membuahi domba-domba betina.

“Fisik domba ini mendekati sempurna. Sehingga gennya cocok untuk dikembangbiakkan lebih lanjut,” ujar Steve Pederick, perwakilan peternakan yang merogoh kocek dalam untuk membeli domba tersebut saat diwawancarai ABC.

“Dia tumbuh dengan cepat, ototnya sangat bagus serta elegan, posturnya seimbang, serta memiliki rangka yang oke,” imbuh Pederick.

Uniknya, dengan banderol semahal itu untuk ukuran domba, dia masih kalah dari domba lain asal Skotlandia yang masih mempertahankan rekor termahal sepanjang masa. Pada 2020, domba jenis texel ram berusia enam bulan berhasil terjual dalam lelang seharga 360 ribu Pound Sterling (setara Rp6 miliar). Alasannya juga mirip: domba tersebut memiliki fisik sempurna yang cocok untuk menjadi benih domba ternak generasi selanjutnya.

Kita seharusnya tidak kaget sih kalau ada orang di dunia peternakan yang pekerjaannya adalah menjadi pencari domba dengan tubuh bagaikan model.