Pamer Fitur Pemanggilan Otomatis, Mobil Tesla Malah Tabrak Jet Pribadi Rp30M

Mobil listrik Tesla terekam kamera menabrak jet pribadi yang terparkir di landasan dengan kecepatan lambat. Pemilik sedan putih itu diduga menggunakan fitur “Smart Summon” untuk menggiring mobil ke arahnya dari jarak jauh.

Peristiwa itu tersebar di media sosial setelah pengguna Reddit mengunggah videonya ke subreddit r/flying. Menurut penjelasannya, dia menyaksikan kejadian tersebut dalam acara yang diadakan oleh produsen pesawat Cirrus di Washington, Amerika Serikat.

Ketika fitur “Smart Summon” diaktifkan, Tesla Model Y dapat menghampiri pemilik ke lokasi mereka berada, misalnya dari lapangan parkir ke depan toko. Dalam video ini, terlihat mobil baru berhenti setelah mendorong bagian ekor jet Cirrus Vision setengah lingkaran. Insidennya kurang lebih mirip anak kecil memainkan mobil-mobilan mereka, lalu menabrakkannya dengan kendaraan lain.

“Smart Summon hanya bisa diaktifkan saat mobil berada di lahan parkir dan jalan masuk properti pribadi yang area di sekitarnya dapat diprediksi,” demikian bunyi keterangan di situs Tesla. Meskipun demikian, penggunaan fitur ini tak selamanya berjalan mulus.

Sudah berulang kali mobil listrik itu menabrak tiang dan nyaris tabrakan saat pengemudi menyalakan Smart Summon di tempat parkir. Landasan pacu tentu bukan area yang mudah ditebak, tapi seharusnya pemilik mobil bisa memperkirakan posisinya secara tepat dan melihat ada jet seberat 1,5 ton di depannya.

Jet pribadi Cirrus Vision dikabarkan bernilai $2 juta (Rp29 miliar), sedangkan harga Tesla Model Y dimulai dari kisaran $60.000 (Rp865 juta).