Eropa Krisis Energi, Streamer Rusia Sengaja Nge-Troll Tiap Hari Buang Gas di Twitch

Baru-baru ini, pengguna Twitch yang mengaku orang Rusia viral di jagat maya lantaran dirinya sengaja buang-buang gas dalam siaran langsung yang berjalan nonstop sepekan terakhir. Dia tak pernah sekali pun mematikan kompor selama siaran berlangsung.

Tindakan ini tampaknya sengaja buat bikin emosi warga Eropa dan Amerika yang mengalami lonjakan inflasi imbas perang Rusia-Ukraina yang meletus Februari lalu. Sanksi global telah memperlambat impor minyak dan gas dari Rusia ke seluruh dunia, yang akhirnya menyebabkan harga pada naik.

Bernama pengguna russiangas1, sang streamer menggunakan avatar orc—istilah lokal di Ukraina untuk menyindir orang Rusia. Dalam video siaran langsung, terdapat tulisan “From Russia With Love!” dan sedikit informasi yang mengklaim harga gas yang terbuang cuma 1,44 Dolar (Rp21,6 ribu) per bulan.

Termometer di depan kompor menunjukkan suhu ruangan selama gasnya dinyalakan, sedangkan jam digital dipajang untuk membuktikan videonya beneran siaran langsung. Motherboard telah menanyakan kebenaran akun ini kepada Twitch, tapi tak segera menerima jawaban darinya.

Besar kemungkinan russiangas1 hanyalah akun troll. Namun, satu yang pasti, siaran langsung ini sukses merebut perhatian penonton. Akunnya dibuat pada 11 September 2022, dan mulai melakukan siaran langsung enam hari kemudian. Video pertamanya disiarkan selama 77 jam tanpa henti, dan mencapai puncak penayangan 1.896 kali. Dari siaran langsung itu, akun russiangas1 berhasil mengumpulkan lebih dari 3.000 pengikut. Saat artikel ini ditulis, kanalnya penuh pesan-pesan bernada pro-Rusia dalam kolom komentar. Berbagai saluran Telegram bahkan memberitakan siaran langsung ini. Sang streamer juga menyertakan tautan donasi untuk membeli oven baru.

Benua Eropa tengah menghadapi krisis energi paling parah sepanjang sejarah. Sebagian besar pasokan gas alam Eropa berasal dari Rusia, tapi Moskow telah menghentikan impornya sebagai pembalasan atas sanksi berat yang dijatuhkan Eropa terhadap Rusia. 

Warga Eropa mau tak mau harus menghemat pemakaian energinya, padahal sebentar lagi mulai memasuki musim dingin—yang mana mereka butuh menyalakan penghangat ruangan. Saking buruknya krisis ini, banyak bisnis terpaksa ditutup. Jerman bahkan terpikir mengoperasikan kembali pembangkit listrik tenaga nuklir sebagai alternatif.

Sementara banyak negara kelimpungan dihajar inflasi, russiangas1 dengan santainya menyalakan kompor 24/7 demi konten Twitch.