Apa Lagu-Lagu Legendaris yang Layak Masuk Playlist Warnet Versi Kalian?

Sepuluh tahun lalu masih banyak orang, termasuk mungkin kalian, yang rajin banget ke warnet. Bisa dibilang, warnet udah kayak rumah kedua kalau aktivitas online kalian kronis. Sekarang warnet emang udah nyaris punah karena paket data makin murah. Tapi kenangan warnet terus nempel di kepala.

Nah, buat bocah warnet, kalian pasti bakal notice kalau ada semacam lagu-lagu yang cocoknya emang diputer di warnet. Seakan-akan admin warnet se-Indonesia pada sepakat, oke buat nemenin orang browsing atau main game online, mending kita muter musik INI.

Sumpah deh warnetnya beda-beda, tapi playlist sama. Ini fenomena yang menarik banget sih. Makanya dalam kultur playlist musik di Tanah Air, muncul satu genre tersendiri. Yakni genre kumpulan musik warnet.

Dari penyelidikan tim VICE, beberapa lagu masuk kriteria yang cocok ikutan ultimate playlist warnet di Indonesia. Contohnya nih:

“I Will Fly” dari Ten2Five sebagai salah satu yang tersering diputar. Ga jelas alasannya apa, lagu ini suka diputer bocil warnet sebagai latar main DoTA atau Point Blank. Kebayang kan gimana chaos-nya suara “TRIPLE KILL” bersanding dengan “I will fly into your arms~”?

Jangan lupakan juga “Diary Depresiku” dari Last Child. Ini termasuk the ultimate song of anak broken home yang bikin satu warnet pada nyanyi. Gak heran, warnet emang safe space buat banyak anak-anak yang punya masalah di rumah.

Apa saja daftar lagu warnet legendaris lainnya yang cocok kita kumpulin jadi playlist? Kalian bisa dengerin penjelasan lengkapnya di Soundcheck, seri podcast baru VICE yang eksklusif tayang di Spotify. Podcast ini dipandu sama Basboi, rapper favorit kita semua, yangjago banget jadi host podcast.

Di seri podcast ini, kalian bisa dengerin rekomendasi playlist lagu, dengan tema-tema unik, yang sudah dikurasi oleh redaksi VICE Indonesia bareng ama gue. Butuh lagu sesuai suasana hati tertentu? Kami bikinin. Pengin nostalgia sama lagu-lagu klasik Indonesia? Sabi, kita siap susun buat kalian. 

Tapi ini bukan cuma buat inget masa lalu. Ada juga nanti playlist lagu-lagu seru terbaru dari kancah musik Indonesia. 

Jadi jangan lupa pantengin Soundcheck, tiap Senin-Jumat hanya di Spotify, supaya kalian selalu up-to-date sama lagu-lagu terbaik dari skena musik Tanah Air.