Polisi Tangkap Empat Pelaku Pengeroyokan dan Pembacokan di Depan SMPN 1 Tigaraksa

Setelah tersungkur, pelaku lainnya berinisial R (18) dan F (19) ikut mengeroyok korban dengan memukuli bagian punggungnya.
« Kembali Baca berita lengkap »

TRIBUNNEWS

Hutama Karya Angkat Tangan di Kelanjutan Proyek Tol Sumatera Jika Tak Ada Tambahan Dana

"PMN harus masuk karena kalau tidak masuk kami tidak bisa melanjutkan pembangunan trans-Sumatera," ujar Direktur Keuangan Hutama Karya Anis Anjayani

6 jam3 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Pelemahan Rupiah dan Kebijakan Pengetatan Suku Bunga Bisa Memicu Melemahnya Sektor Ritel

Penyebabnya, beberapa hal. "Mulai dari dampak pengetatan suku bunga BI hingga dampak dari pelemahan kurs rupiah yang mulai terasa," kata Pieter

6 jam3 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Bupatu Lampung Tengah Mustafa Dituntut 4,6 Tahun Penjara dan Hak Politik Dicabut

Menurut jaksa, Mustafa terbukti menyuap anggota DPRD Lampung Tengah (Lamteng) sejumlah Rp 9,6 miliar.

6 jam3 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Adik Ahok: Ahok Pilih Bebas Murni

Dalam tulisan di bawah fotonya bersama Ahok itu, Fifi pun membenarkan bahwa Ahok bisa bebas bersyarat pada Agustus 2018.

6 jam3 menit Tribunnews

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

TRIBUNNEWS

Ahok Dipastikan Bisa Ajukan Pembebasan Bersyarat Bulan Agustus

Andika D Prasetya memastikan pembebasan bersyarat bagi Basuki Tjahaja Purnama bisa diajukan bulan depan.

6 jam3 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Melawan saat Ditangkap, Bos Geng Kriminal Bad Boys di Jakarta Utara Tewas Ditembak Polisi

Pemimpin geng kejahatan jalanan 'Bad Boys' yang berinisial RS ditembak mati polisi di kawasan Cilincing, Jakarta Utara

6 jam3 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Tumor Otak Kambuh, Anak Marcella Zalianty Harus Jalani Operasi Lagi

Dikabarkan menderita tumor otak, anak Marcella Zalianty, Aryton Magali Sastra Soeprapto kembali menjalani operasi.

6 jam3 menit Tribunnews

ANTARA NEWS

Kegagalan Inggris ke final Piala Dunia dalam galeri foto

Inggris lagi-lagi gagal mewujudkan mimpinya untuk menembus partai final Piala Dunia yang terakhir kali mereka rasakan pada edisi 1966. Three Lions menyerah 1-2 dari Kroasia yang tampil tanpa lelah selama 120 menit di ...

6 jam3 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Mandzukic: Kroasia ibarat kawanan singa yang lepas

Kroasia bermain seperti kawanan singa yang dilepas saat mengalahkan Inggris untuk mencapai final Piala Dunia 2018, kata penyerang Mario Mandzukic yang mencetak gol penentu kemenangan negaranya 2-1, Kamis dini hari WIB. Adapun ...

6 jam3 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Emas turun lagi karena dolar AS terus menguat

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun untuk hari kedua berturut-turut pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), karena dolar AS yang terus menguat memberikan tekanan pada logam mulia. Kontrak ...

6 jam3 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Nadal ke semifinal Wimbledon usai taklukkan Del Potro

Rafael Nadal sempat kesulitan menampilkan permainan terbaiknya namun tetap mampu mengatasi permukaan Lapangan Satu yang licin dan berdebu, untuk melaju ke semifinal Wimbledon dengan kemenangan 7-5, 6-7(7), 4-6, 6-4, 6-4 atas ...

6 jam3 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Dolar AS terus menguat di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan

Kurs dolar AS memperpanjang penguatan terhadap mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), karena ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan mitra dagang utamanya terus meningkat. Perwakilan ...

6 jam3 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Fakta-fakta kemenangan Kroasia atas Inggris

Kroasia telah mengukir sejarah untuk pertama kalinya lolos ke final Piala Dunia dengan mengalahkan Inggris 2-1 melalui babak tambahan pada semifinal yang digelar di Moskow, Kamis dini hari WIB. Pencapaian ini membuat Kroasia ...

6 jam3 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Kroasia, yang selalu memaksakan perpanjangan waktu

Tidak berhenti berjuang sampai akhir pertandingan, mungkin itulah kunci di balik keberhasilan Kroasia menembus final Piala Dunia 2018 untuk menghadapi Prancis pada akhir pekan ini, setelah menyudahi perlawan Inggris lewat ...

6 jam3 menit Antaranews

BISNIS

Inggris Gagal ke Final, Harry Kane: Ini Menyakitkan

Inggris Gagal ke Final, Harry Kane: Ini Menyakitkan

6 jam3 menit Bisnis

BISNIS

Ketegangan Perdagangan Meningkat, Indeks Stoxx Akhiri Reli Penguatan Enam Hari

Indeks Stoxx Europe 600 mengakhiri reli penguatan enam hari berturut-turut setelah ditutup melemah 1,26% atau 4,85 poin ke level 381,40. Adapun indeks DAX Jerman ditutup melemah 1,5%.

6 jam3 menit Bisnis

BISNIS

Reliance Sekuritas: Simak 10 Saham Pilihan Hari Ini

Reliance Sekuritas memprediksi IHSG mengarah pada pengujian level MA50 dan bearish trend line sebagai resistance terdekat.

6 jam3 menit Bisnis

JPNN.

Ultah Biasa Saja Perdana Menteri Tertua di Dunia

JPNN.com, KUALA LUMPUR - Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad genap berusia 93 tahun kemarin, Selasa (10/7). Tidak ada perayaan khusus pada hari istimewa sang kepala pemerintahan.

6 jam3 menit Jpnn

JPNN.

Jepang Dilanda Banjir Terburuk

JPNN.com, TOKYO - Hingga Selasa (10/7), Jepang masih bergelut dengan lumpur dan sampah akibat banjir dan tanah longsor yang melanda kawasan barat negerinya sejak pekan lalu.

6 jam3 menit Jpnn

JPNN.

Pengorbanan Warga Desa demi 12 Remaja Dalam Gua

JPNN.com, MAE SAI - Misi berhasil. Evakuasi 12 remaja dan seorang pemuda yang terjebak dalam perut Gua Tham Luang Nang Non usai. Kemarin (10/7) lima korban terakhir meninggalkan Chamber 3, area di dalam gua yang menjadi ”rumah” mereka selama 17 hari belakangan. Narongsak Osatanakorn layak diacungi jempol.

6 jam3 menit Jpnn

JPNN.

Bocor Sosok Hyundai Santa Fe 2018, Rilis di GIIAS?

JPNN.com, JAKARTA - Jelang peluncurannya, sosok Sport Utility Vehicle (SUV) Hyundai Santa Fe terbaru lebih dahulu beredar di media sosial. Diharapkan, Santa Fe model 2018 tersebut akan menjadi bintang booth Hyundai di GIIAS 2018.

6 jam3 menit Jpnn

JPNN.

Siap-siap, Pendaftaran CPNS Segera Dibuka

JPNN.com, TANGSEL - Pendaftaran CPNS 2018 akan dibuka akhir bulan ini, namun hingga saat ini total kuota belum ditetapkan.

6 jam3 menit Jpnn

JPNN.

Pendaftaran CPNS 2018 Akhir Juli, Bagaimana Nasib Honorer?

JPNN.com, JAKARTA - Pendaftaran CPNS 2018 direncanakan akan dibuka akhir Juli ini. Lantas bagaimana dengan nasib guru honorer?

6 jam3 menit Jpnn

Detik

Nadal Jumpa Djokovic di Semifinal Wimbledon, Federer Tersingkir

Pertemuan Rafael Nadal dan Novak Djokovic akan tersaji di semifinal Wimbledon. Sementara itu, langkah juara bertahan Roger Federer terhenti di perempatfinal.

6 jam3 menit Detik

Detik

Puluhan Anggota Geng Moge Hells Angels Ditangkap di Portugal

Polisi Portugal menangkap 56 anggota geng motor gede Hells Angels. Anggota geng moge tersebut diduga terlibat kasus percobaan pembunuhan hingga muncikari.

6 jam3 menit Detik