Viral, Dokter Bagikan Tips Keramas Sesuai Protokol Kesehatan Justru Dikira Candaan

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona Covid-19 memang rentan menular. Namun, ada beragam cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari penyebarannya. Salah satunya melalui keramas sesuai prokes alias protokol kesehatan.

Tips itu dibagikan oleh dr. Kuswardhana, M. Kes, SpOT, FICS di akun TikToknya @dr.helmiyadi_spot. Dalam videonya yang viral tersebut, dokter asal Makassar ini membagikan langkah demi langkah keramas yang tepat, agar virus corona yang mungkin menempel di rambut atau kepala sepulang kita bepergian tidak langsung masuk ke area mata, hidung, maupun mulut.

Pada awal video dengan judul "Keramas Ala Protokol Covid" ini, ia mengatakan jika saat keramas jangan langsung menyiram rambut dengan air.

"Karena bisa saja virus dari rambut Anda masuk ke dalam mata, hidung, dan mulut," kata dr. Helmi, melalui Tiktok @dr.helmiyadi_spot, pada Rabu, 13 Januari 2021.

Lalu apa yang harus dilakukan pertama kali? dr. Helmiyadi mengatakan, sebaiknya basahi tangan terlebih dahulu, lalu tuangkan sampo secukupnya. Selanjutnya oleskan sampo ke seluruh rambut seperti biasa dan tunggu selama 20 detik - 1 menit.

Tujuannya, kata dia, agar kandungan detergen dalam sampo tersebut dapat bekerja membunuh virus di area rambut. Setelah itu, baru diperbolehkan untuk membilas dengan air hingga bersih.

"Informasi ini di dapat dari rekan dokter saya yang bernama dr. Enriko H Rawung, saat itu dia sedang menangani pasiennya yang terkena virus corona, padahal pasien tersebut sudah memenuhi protokol kesehatan, tetapi masih saja kena virusnya. Lalu dr. Enriko menyarankan untuk keramas sesuai protokol Covid-19 ini," ungkap dr. Helmi, kepada Liputan6.com, Rabu, 13 Januari 2021.

Wajah dan Suara yang Lucu

Viral, Dokter BagikanTips Keramas Sesuai Protokol Kesehatan Justru Dikira Bercanda. (dok. Tiktok @dr.helmiyadi_spot/Melia Setiawati)

Sampai berita ini ditulis, video tersebut telah dilihat lebih dari 2,3 juta kali. Namun uniknya, karena memeragakan cara keramas dengan mimik wajah dan suara yang lucu, banyak warganet yang mengira jika video ini adalah candaan semata.

Apalagi, dr. Helmiyadi benar-benar basah-basahan keramas walau menggunakan baju. Padahal, di dalamnya tersimpan informasi yang bermanfaat. "Dokter mukanya ngelawak, hampir ga percaya kalo ga baca username," komentar akun @nuraseona.

"Aku kira dia nge-jokes. taunya dokter beneran ya," timpal pemilik akun @jjjenong. "Saya tahu ini serius, Dok. Tapi mimik wajah Anda membuat saya berpikir kalau ini bercanda," tulis akun @baey48.  (Melia Setiawati)

Infografis Manfaat Mandi Air Dingin dan Panas

Infografis Manfaat Mandi Air Dingin dan Panas. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: