Top 3 News: Ketika Dokter Kepresidenan Gemetar Saat Suntik Jokowi Vaksin Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News hari ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi orang pertama di Indonesia yang divaksinasi Covid-19 di Istana Kepresidenan, Rabu, 13 Januari 2021.

Usai 2 jam disuntik, Jokowi mengaku merasakan pegal-pegal. Namun, ada satu momen yang tak kalah mencuri perhatian. Dokter Istana Kepresidenan terlihat gugup dan sedikit gemetar saat akan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada Jokowi.

Menurut Jokowi, hal tersebut dinilai wajar, lantaran proses vaksinasi disiarkan secara langsung dan banyak disorot masyarakat juga dunia. 

Hal ini belakangan juga diakui oleh dr Abdul Muthalib. Meski begitu, perasaan gugup tersebut hanya berlangsung sesaat ketika akan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada Jokowi.

Berita terpopuler lainnya terkait penemuan sejumlah barang milik pramugari Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di sekitar Kepulauan Seribu.

Bersama serpihan puing-puing pesawat, Tim SAR pada Rabu, 13 Januari kemarin menemukan dompet berisi uang ratusan ribu milik seorang pramugari Sriwijaya Air. Dari sejumlah kartu identitas yang ada di dalamnya diketahui sang pramugari bernama Yunni Dwi Saputri.

Sementara itu, dari perkembangan terbaru kasus positif Covid-19 di Tanah Air, jumlah pasien terkonfirmasi dilaporkan terus terjadi penambahan.

Pada Rabu, 13 Januari 2021, Satgas Penanganan Covid-19 menyampaikan jumlah kasus baru positif bertambah 11.278 orang. Maka total secara nasional meningkat menjadi 858.043 yang terpapar Covid-19.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu, 13 Januari 2021:

1. Jokowi soal Dokter Kepresidenan yang Gemetar: Beliau Berpengalaman dan Handal

Presiden Joko Widodo suntik vaksin COVID-19 (Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyadari, Wakil Ketua Dokter Kepresidenan, dr Abdul Muthalib gemetar saat menyuntikan vaksin Covid-19. Dia berpandangan karena ini vaksin pertama kali.

"Ya, ada sedikit rasa takut karena saya juga melihat kan, Beliau agak, Prof Abdul Muthalib agak gemetar sedikit. Jadi mungkin ini karena juga vaksin pertama kali dan mungkin juga yang disuntik Presiden," ujar Jokowi melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (13/1/2021).

Menurut dia wajar. Pasalnya proses ini disiarkan secara langsung oleh media massa dan disaksikan masyarakat Indonesia.

"Jadi mungkin beliau Prof dr Abdul Muthalib mungkin sedikit agak gemetar. Saya lihat memang, saya lihat," ungkap dia.

Meski demikian, dia menilai dr Abdul Muthalib adalah dokter yang handal dan berpengalaman. Hal ini diakui oleh dr Abdul Muthalib. Dia mengaku sempat gugup saat menyuntik vaksin kepada Jokowi.

 

Selengkapnya...

2. Dompet Pramugari Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan dengan Uang Ratusan Ribu

Petugas menyemprotkan disinfektan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Pulau Seribu, di Dermaga JICT, Jakarta, Selasa (12/1/2021). Petugas gabungan juga menyerahkan satu kantong perlengkapan pribadi korban. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Tim penyelam Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL menemukan dompet pramugari pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Dompet berisi identitas dan uang ratusan ribu rupiah.

"Dompet itu milik pramugari Sriwijaya Air," kata Dansatgasla Operasi SAR Sriwijaya Air Laksamana Pertama, Yayan Sofyan di KRI Rigel-933, Selasa 12 Januari 2021, dikutip dari Antara.

Dompet berwarna coklat itu terselip sejumlah identitas di antaranya kartu kesehatan dan kartu PT Sriwijaya Air Group bernama Yunni Dwi Saputri. Selain itu terselip beberapa lembar uang pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu.

Berdasarkan data manifes, pesawat yang diproduksi pada 1994 itu membawa 62 orang terdiri atas 50 penumpang dan 12 orang kru. Dari jumlah tersebut, 40 orang dewasa, tujuh anak-anak, tiga bayi. Sedangkan 12 kru terdiri atas, enam kru aktif dan enam kru ekstra.

 

Selengkapnya...

3. Rekor Baru, Kasus Positif Covid-19 Bertambah 11.278 Total 858.043

Ilustrasi Covid-19 (ShutterStock/Photoroyalty)

Angka kasus Corona Covid-19 di Indonesia masih terus mengalami penambahan secara signifikan. Bahkan, beberapa hari ke belakang sempat tembus hingga 10.000 lebih kasus.

Berdasarkan data yang disampaikan Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19, per hari ini, Rabu (13/1/2021), ada 11.278 orang terkonfirmasi positif Corona.

Sehingga, total akumulatifnya sampai saat ini, sebanyak 858.043 orang di Indonesia terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona Covid-19.

Untuk kasus sembuh, ada 7.657 orang pada hari ini. Jadi, total akumulatif ada 703.464 pasien Corona Covid-19 sudah berhasil sembuh dan dinyatan negatif di Indonesia hingga saat ini.

Sementara itu, angka kasus kematian pada hari ini ada penambahan 306 orang, sehingga total keseluruhan ada 24.951 pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19.

 

Selengkapnya...

Saksikan video pilihan di bawah ini: