Alasan Honda City Hatchback Hanya Punya 1 Varian

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Honda City Hatchback di Indonesia menjadi tanda berakhirnya perjalanan Honda Jazz di Indonesia. Namun, Honda City Hatchback hanya ditawarkan dalam satu varian, yaitu RS atau Road Sailing.

"Karakter, desain sporty, serta performa mesin yang baik itu melekat sekali di segmen hatchback. Karakter dari Honda City Hatchback RS itu sama seperti Honda Jazz, desain sporty, tenaga terbesar di kelasnya, bahkan lebih baik dari sisi value for money," terang Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM.

"Kenapa cuma 1 varian RS saja? Kami berkaca dari penjualan Honda Jazz. Lebih dari 80 persen itu memilih Honda Jazz RS. Karena itu, di Honda City Hatchback ini hanya ada varian RS. Tapi tak menutup kemungkinan ada varian lain juga," tambahnya.

Memang, penampilan Honda City Hatchback kental dengan nuansa sporty. Eksteriornya menerapkan cutting edge design dengan garis karakter yang kuat. Lampu utamanya pun tampak modern dengan LED, dipadu LED DRL, LED foglight, dan rear-combi-light with LED light bars.

Untuk urusan performa, Honda City Hatchback RS mengandalkan mesin baru, 4-silinder 1.500 cc DOHC i-VTEC+DBW yang diklaim lebih irit. Hanya saja, peningkatan tenaganya tidak signifikan, dari 120 PS menjadi 121 PS, dengan torsi maksimum mencapai 145 Nm. Tersedia pula ECON Mode untuk berkendara yang lebih hemat bahan bakar.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Sumber: Otosia.com

Kupas Tuntas Kecanggihan Honda City Hatchback RS

Masa kejayaan Honda Jazz sudah berakhir, kini Honda City Hatchback yang baru diperkenalkan siap untuk menunjukkan taringnya di Indonesia.

Honda City sendiri bukan nama baru. Ia lahir sebagai hatchback tiga pintu pada medio 80an – bertransformasi jadi sedan empat pintu - dan kini konsumen Indonesia dapat menikmati gabungan dua konsep tadi alias tanpa pinggul untuk pertama kalinya. Ia sudah hadir lebih dulu di Thailand sehingga ada beberapa informasi yang sudah lebih dulu didapatkan.

Khusus di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) mendatangkan City HB ini untuk menggantikan peran Honda Jazz. Tentunya tak bisa sama karene ia punya karakter yang berbeda.

Honda baru menghadirkan dalam satu varian, yakni RS. Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor dalam konferensi pers virtual mengatakan tipe RS yang sporti ternyata sangat digemari konsumen Indonesia. Nah, seperti apa detail spesifikasi City HB RS ini?

Mesin 1.5-liter DOHC Baru, Diklaim Lebih Efisien

Jika di Thailand Honda City Hatchback memiliki pilihan mesin 1-liter turbo, lain cerita di Indonesia. Atas alasan tertentu – tentunya berkaitan dengan kecocokan pasar – dibenamkan mesin 1.5-liter non turbo sebagai amunisi anyar. Namun, tidak semata-mata sama dengan line up Honda berkubikasi segitu. Jenisnya berbeda, serta diklaim punya output dan efisiensi bahan bakar lebih baik.

Tepatnya City baru memangku mesin empat silinder segaris berjenis DOHC, bukan SOHC seperti model-model Honda lainnya. Lantas terkait volumenya sama-sama 1.5-liter dan mengaplikasikan teknologi i-VTEC + DBW, serta memiliki 16 katup. Hasilnya perolehan output daya kuda menjadi 121 PS di 6.600 rpm dan torsi 145 Nm muncul pada 4.300 rpm.

Sesungguhnya tak beda jauh dari mesin lama yang digunakan pada Jazz, BR-V, dan City sedan. Meningkat sedikit saja, serta memunculkan power di putaran agak lebih rendah. Tepatnya 120 PS pada 6.600 rpm dan 145 Nm pada 4.600 rpm. Dan soal efisiensi, klaim Honda, bisa mencapai 3 persen dari model sebelum.

Satu Varian, Dua Opsi Transmisi

Alasan didatangkannya satu varian nyatanya bukan tanpa alasan. Segmen sejenis, seperti Jazz hingga Civic 90 persen paling diminati varian RS. Dalam kata lain yang mengarah ke tampilan sporty. Dan atas itu pula, semua konsumen dapat menikmati fasilitas yang sama. Tinggal menyesuaikan penyalur dayanya saja.

Ya, opsi pertama tentunya merupakan girboks CVT. Bagi pengguna dalam kota biasanya transmisi ini menjadi pilihan favorit. Tapi kalau merasa kurang mendorong – mengingat masuk segmentasi kauwula muda – City turut disediakan dalam opsi manual enam percepatan. Urusan pilihan girboks manual adalah satu-satunya di Indonesia, tidak tersedia di mesin 1.0-liter turbo versi Thailand sekalipun.

Fitur Keselamatan Komplet

Statusnya sebagai hatchback kompak tak bisa dipandang sebelah mata. Urusan perangkat keselamatan pasif dan aktif City cukup kompeten. Malah boleh dibilang tidak ada yang dipangkas dari versi luar. Mungkin berkat sudah dirakit lokal, sehingga nilai jualnya nanti tetap terjaga.

Misalnya dari perangkat safety aktif. Sensor ABS, EBD dan BA masuk dalam paket penjualan. Ditambah lagi Brake Override System, hingga Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist. Semua ini tidak dipilah dalam opsi transmisi. Dibagi rata. Lantas airbagnya sendiri, sebagai perangkat pasif, menyebar di enam titik mobil. Begitu memberi daya tawar tinggi.

Selain itu, fitur semacam Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, Emergency Stop Signal, kursi ISOFIX, hingga APAR (Alat Pemadam Api Ringan) juga hadir. Termasuk Smart Key with Keyless Entry, Immobilizer dan Alarm System. Rangka G-Cone + ACE™ ini pula diklaim mendapat bintang lima dalam performa tabrakan standarisasi ASEAN NCAP.

   

Tampilan Sporty Plus Fasilitas Hiburan Memadai

Filosofi energic diusung Honda dalam mengemas City. Baik untuk tampilan luar maupun dalam. Secara bersamaan, nuansa sporty itu turut disokong fasilitas kenyamanan dan hiburan memadai. Sehingga tetap relevan digunakan sehari-hari.

Ketika menyimak bagian eksterior, jelas tampak beda arah gayanya dari City sedan sebelum. Jauh lebih bergairah. Apa lagi penyematan lampu dan grille besar sedikit banyak dalam satu irama dengan Civic. Beringas. Atas penyematan difusser, styling bumper berlekuk, hingga fog garnish dan lower mesh grille dirinya pun tampil makin sangar sekaligus stylish.

Ditambah tatapan mata dramatis berasal dari headlight full LED dan DRL. Berikut lampu belakang minimalis dioda berhias turning signal dan reverse light menggunakan bulb lamp. Berkarakter. Plus, dominasi ornamen hitam glossy. Serta sepatu alloy 16 inci berdesain banyak palang. Urusan pengemasan kelir total ada enam opsi: Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, Meteoroid Gray Metallic, dan Crystal Black Pearl.

Saat masuk ke dalam kabin Anda bakal dimanjakan nuansa gelap bercampur aksen merah di banyak titik. Jok, merupakan percampuran bahan suede – fabric – leather berhias jahitan. Komposisi motifnya pun ekspresif. Area sisi ditarik beludru kontras, sementara permukaan tempat duduk diberi pola samar hitam. Begitu pula door trim dan dashboard memiliki kontras stiching merah pada bagian kulit.

Perihal jok ini, dapat diutak-atik untuk memudahkan akomodasi angkut barang. Misalnya utility mode. Maksudnya adalah melipat dua kursi belakang demi menciptakan ruang kargo lebih banyak. Lantas long mode, adalah merundukkan kursi penumpang depan supaya mampu ditaruh benda panjang. Dan tall mode, maksudnya adalah mengangkat bantal dudukan jok belakang agar barang tinggi masih bisa dimuat.

Selanjutnya soal mekanisme nyala mobil. Tentunya push start button jadi standar. Alias tanpa perlu menggunakan anak kunci. Baik menghidupkan atau masuk ke dalam kabin. Tidak sampai situ, fitur dari kelas di atasnya ikut diaplikasikan. Yakni remote engine start. Artinya, pengendara dapat menyalakan mesin tanpa masuk ke dalam. Supaya AC menyala dan ketika masuk suhu kabin sudah terasa nyaman.

Masuk lagi ke sistem hiburan, layar delapan inci touchscreen senantiasa menerjemahkan banyak format file. Dan bisa terkoneksi ponsel pintar. Semua itu nantinya diterjemahkan ke delapan speaker tersebar di sekeliling kabin. Makin menarik lagi, layar turut menampilkan visual kamera parkir dalam beberapa sudut. Dari mulai normal view, wide view, sampai top view. Sangat memudahkan ketika hendak berparkir di tempat sempit. Selain itu Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch berikut Voice Recognition, juga hadir di dalam City Hatchback anyar.

Perkiraan Harga

Sejauh ini konsumen dikatakan dapat memesan City. Sayangnya dalam acara peluncuran virtual tak sedikitpun bocoran harga terbisik. Namun, mengacu data Samsat PKB Jakarta NJKB-nya sekitar Rp 221 juta untuk tipe CVT dan Rp 213 juta buat yang manual enam percepatan. Oleh karena itu, ditambah pajak serta biaya lainnya banderol diduga tembus Rp 300 jutaan dalam kondisi On The Road. Alias sesuai dengan segmentasinya. Sebagai informasi ia akan ada di atas Jazz RS yang dibanderol antara Rp 288 juta sampai Rp 298,5 juta. 

Sumber: Oto.com  

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: