8 Manfaat Lada Hitam untuk Kecantikan, Baik untuk Kulit dan Rambut

Liputan6.com, Jakarta Manfaat lada hitam untuk kecantikan dipengaruhi oleh kandungannya yang kaya antioksidan. Dengan kandungan antioksidan ini lada hitam dapat mendukung kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulit dan rambut.

Selain itu, lada hitam ini juga mengandung berbagai nutrisi lainnya yang juga baik untuk kesehatan seperti, karoten dan vitamin K, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menggunakannya dengan menerapkannya langsung ke wajah setelah dicampur dengan bahan lainnya.

Manfaat lada hitam untuk kecantikan bisa menjadi perawatan sehari-hari. Penggunaan lada hitam untuk kecantikan kulit ini selain bisa dilakukan dengan menerapkannya pada wajah, juga bisa dengan mengonsumsinya sebagai tambahan pada masakan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/1/2021) tentang manfaat lada hitam untuk kecantikan.

Manfaat Lada Hitam untuk Kecantikan

ilustrasi penuaan dini/pexels

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lada hitam untuk kecantikan yang pertama adalah mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Kerutan, garis-garis halus, serta flek hitam merupakan tanda-tanda penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas dan sinar UV. Kondisi ini biasanya muncul di awal usia 30-an.

Untuk mengatasi masalah penuaan dini, lada hitam bisa digunakan rutin di dalam masakan atau diaplikasikan ke kulit. Cara menggunakannya mudah saja, campurkan 1 sdt bubuk lada hitam dengan 1 sdt madu dan 1 sdt bubuk kunyit. Kemudian tambahkan sedikit air putih agar teksturnya seperti pasta halus. Lalu, oleskan ke wajah, diamkan 15-20 menit, bilas hingga bersih. Kamu bisa menerapkan cara ini setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Menguatkan Rambut

Manfaat lada hitam untuk kecantikan juga sangat baik untuk rambut. Vitamin dan mineral, terutama zat besi, sangat bermanfaat untuk kekuatan rambut. Hal tersebut bisa kamu dapatkan dari lada hitam dengan menambahkannya ke makanan atau membuat masker lada hitam.

Cara membuatnya mudah saja, campur 1 sdm lada hitam yang dihancurkan dan 1 sdm madu. Lalu, oleskan ke kulit kepala dan rambut, beri pijatan. Diamkan beberapa saat, bilas dengan air sampai bersih. Metode ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat rambut dari akar.

Manfaat Lada Hitam untuk Kecantikan

ilustrasi kulit kepala berketombe | pexels.com/@bennielbester

Mengeksfoliasi Kulit

Lada hitam juga bisa dijadikan eksfoliator alami untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati yang membuat wajah kusam dan kasar. Eksfoliasi pada kulit penting dilakukan setidaknya seminggu sekali.

Selain bisa melembutkan, lada hitam juga bisa mengeluarkan racun (detoks) sehingga kamu memiliki kulit yang sehat. Caranya dengan mencampur 1 sdt lada hitam yang sudah digiling kasar dengan 1 sdt plain. Lalu, oleskan ke kulit dan gosok secara perlahan. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas wajah sampai bersih.

Mencegah Jerawat

Ternyata lada hitam juga bisa mencegah munculnya jerawat. Gunakan lada hitam untuk masker dan scrub ke wajahmu dengan dicampurkan dengan yogurt. Diamkan 20 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Lada hitam dipercaya bisa melancarkan peredaran darah dan menyediakan oksigen lebih banyak bagi kulit. Sifat antiinflamasi dan juga antibakteri pada lada hitam juga dipercaya mampu mencegah timbulnya jerawat.

Mengatasi Ketombe di Kulit Kepala

Ketombe merupakan masalah rambut yang umumnya disebabkan oleh kulit kepala kering. Coba gunakan lada hitam untuk mengatasinya. Metode alami ini dipercaya bisa meredakan ketombe dan mengurangi gatalnya.

Caranya, tambahkan 1 sdt lada hitam ke dalam semangkuk yoghurt tawar, aduk rata. Oleskan ke kulit kepala, diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air sampai bersih, tidak perlu pakai sampo. Bila ingin keramas, lakukan keesokan harinya. Lakukan metode ini seminggu sekali.

Manfaat Lada Hitam untuk Kecantikan

ilustrasi bekas jerawat/pexels

Membuat Rambut Lebih Berkilau

Jika kamu memiliki rambut kusam dan kering, lada hitam bisa jadi solusi permasalahanmu. Manfaat lada hitam untuk kecantikan bisa membantu memperbaiki rambut kering dan kusam, sehingga terlihat lebih berkilau.

Caranya mduah saja, tinggal campurkan 1 sdt lada hitam dan 1 sdt air lemon. Lalu, oleskan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 10-15 menit. Bilas sampai bersih dengan air. Lakukan secara teratur.

Mencegah Kebotakan 

Manfaat lada hitam untuk kecantikan juga dapat mencegah kebotakan. Gunakan satu sendok teh lada hitam bubuk dan madu satu sendok teh. Kemudian oleskan ke rambut. Campuran ini dipercaya bisa memperkuat akar rambut dan bisa membantu mencegah kebotakan. 

Menghilangkan Bekas Jerawat

Jika kamu memiliki masalah bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan, tidak ada salahnya utuk mencoba menggunakan lada hitam. Antioksidan dalam lada hitam dipercaya dapat membersihkan kulit dan membantu menghilangkan bekas jerawat.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perku mengoleskan campuran lada hitam dengan yogurt ke wajah yang memiliki bekas jerawat. Kemudian bilas dengan air yang bersih. Lakukan secara rutin agar hasil maksimal.