6 Cara Menyiasati Dapur Sempit agar Tetap Cantik dan Elegan

Liputan6.com, Jakarta - Dapur sempit dalam hunian kerap membuat banyak orang kesulitan menata dan mengakalinya. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa kiat penataan dan dekorasi guna menyiasati dapur sempit tetap elegan, tanpa mengabaikan aspek fungsionalitasnya.

Mempercantik dapur sempit dapat dilakukan dengan memanfaatkan material bersifat reflektif dan furnitur serbaguna. Juga, bisa diwujudkan dengan mengaplikasikan warna dan pola kontras.

Seperti apa kiat menyiasati dapur sempit dalam hunian agar tetap elegan dan cantik? Yuk, simak selengkapnya seperti dirangkum Arsitag berikut ini.

Dapur Sempit Serba Putih

Dapur sempit serba putih karya Sontani Partners. (dok. Sontani Partners/Arsitag.com)

Warna putih jadi pilihan populer untuk ruangan sempit. Kesan lapangnya akan kian maksimal karena memanfaatkan material yang bersifat reflektif.

Lantai dapurnya menggunakan keramik berwarna cokelat tanah yang hangat dan nyaman. Satu hal lagi yang membuat dapur ini lebih menawan adalah pencahayaan berwarna kemerahan.

Sentuhan tersebut menyuguhkan nuansa manis. Pendaran warna pink ini membuat dapur serba putih terlihat unik, sekaligus modern.

Dapur dengan Permukaan Reflektif

Dapur sempit dengan material glossy karya Fiano. (dok. Fiano/Arsitag.com)

Guna membuat suasana dapur sempit terlihat lebih ceria dan menyenangkan, Anda dapat menggunakan lapisan yang bersifat reflektif. Misalnya, penggunaan cermin, serta finishing glossy pada permukaan lemari dan kabinet dapur.

Material kaca gelap dari oven dan kompor elektrik turut menunjang tampilan. Permukaan yang reflektif seperti ini akan memantulkan cahaya ke seluruh ruangan untuk menambah kesan nyaman dan luas. Perpaduan antara finishing glossy dan warna abu-abu memberi kesan elegan pada dapur sempit ini.

 

Tema Khusus untuk Dapur Sempit

Dapur sempit yang cantik dan unik karya Aaksen Responsible Aarchitecture. (dok. Aaksen Responsible Aarchitecture/Arsitag.com)

Membuat dapur sempit tampil cantik dan elegan, Anda dapat memilih tema khusus untuk diaplikasikan pada ruangan tersebut. Tips tema yang dapat Anda coba adalah aplikasi warna dan pola dinding.

Dapur kecil cantik ini menonjolkan warna peach kemerahan sebagai focal point. Seluruh bagian plafon dapur dicat dengan corak warna peach.

Senada dengan satu pintu laci pada meja dan jam dinding untuk memberi kesatuan tema antara elemen arsitektur, furnitur, dan dekorasi. Pola dinding kotak-kotak yang bersambung hingga meja dan kabinet dapur menambah pesona dapur sempit ini.

Dapur Elegan Bergaya Skandinavia

Dapur sempit dengan ambalan rak terbuka, karya Saiagi Interior and Custom Furniture. (dok. Saiagi Interior and Custom Furniture/Arsitag.com)

Berikan sentuhan Skandinavia pada dapur sempit Anda untuk hasil yang elegan. Desain dapur sempit berikutnya memanfaatkan ruang tak terpakai di bawah tangga.

Backsplash subway tile putih berpadu top table kayu dengan warna cokelat muda membuat dapur ini terlihat bersih dan cantik. Ukurannya yang terbatas pun tak lagi jadi masalah berkat konsep rak terbuka dan meja kabinet yang menyediakan banyak ruang penyimpanan.

Mozaik Warna-warni sebagai Dekor untuk Dapur Sempit

Dapur sempit dengan lemari penyimpanan seluruh dinding, karya Liska Yulianti. (dok. Liska Yulianti/Arsitag.com)

Mendekor dapur sempit jadi menarik dapat menggunakan palet netral sebagai warna dominan. Lalu, tambahkan kejutan dalam bentuk warna-warni cantik pada elemen dapur, misalnya pada area backsplash.

Dapur mungil ini didominasi warna kayu cokelat muda yang hangat. Sementara untuk kejutan warna, sang desainer menggunakan keramik dengan pola mozaik ragam warna sebagai backsplash.

Desain Dapur Sempit yang Hangat dan Nyaman

Dapur sempit minimalis dengan bukaan jendela besar, karya Fiano dan Aksioma. (dok. Fiano dan Aksioma/Arsitag.com)

Gaya dapur sempit tidak hanya seputar desain monokromatik yang terbatas pada satu atau dua warna saja. Anda dapat memadukan banyak aspek di dalam dapur Anda untuk membuatnya terasa hangat dan nyaman.

Seperti dapur satu ini yang menggunakan kayu sebagai permukaan meja island yang sekaligus berfungsi sebagai meja makan. Sedangkan, top table dapur berwarna hitam terlihat kontras dengan lemari dapur yang berwarna putih.

Kesan hangat dan nyaman dihasilkan berbagai material kayu yang digunakan, baik meja, kursi, bahkan window seat dengan bantal-bantal mungil. Selain itu, pendaran cahaya berwarna kekuningan juga jadi penghangat suasana.

Kecil dan mungil, namun tetap terlihat cantik. Pastinya nuansa ini membuat siapa saja betah untuk memasak di dalamnya.

 

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: