Corona Beri Kesempatan Striker Arema FC Pulihkan Cedera

JPNN.com, MALANG - Salah seorang striker Arema FC Dedik Setiawan memanfaatkan terhentinya Liga 1 2020 lantaran wabah virus corona, dengan fokus memulihkan cederanya.
« Kembali Baca berita lengkap »

JPNN.

Demi Menekan Penularan Corona, Yuri Mempersilakan Pemda Mengajukan PSBB

JPNN.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebut pihaknya membuka ruang lebar bagi pemerintah daerah untuk mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu demi menekan penularan virus corona (Covid-19) di Indonesia.

12 jam20 menit Jpnn

JPNN.

Di Hadapan Tito, Firli Minta Kepala Daerah Tak Takut Belanja Anggaran

JPNN.com, JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menggelar rapat bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian beserta para kepala daerah melalui telekonferensi, Rabu (8/4). Pada kesempatan ini, Firli meminta kepala daerah tidak takut membelanjakan anggarannya untuk menanggulangi virus Corona.

12 jam20 menit Jpnn

JPNN.

Alhamdulillah, Dua Komisioner Ombudsman Sembuh dari Corona

JPNN.com, JAKARTA - Dua Komisioner Ombudsman, Lely Pelitasari Soebekty dan Ninik Rahayu dinyatakan sembuh dari virus Corona. Kesembuhan terhadap Lely dan Ninik diketahui setelah keduanya menjalani isolasi mandiri selama dua pekan.

12 jam20 menit Jpnn

JPNN.

Surat Edaran Terbaru MenPAN-RB Soal Mudik Bagi PNS, Isinya?

JPNN.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo kembali mengeluarkan surat edaran terbaru terkait larangan mudik dan kewajiban mengenakan masker bagi seluruh PNS. SE kali ini lebih tegas dibandingkan sebelumnya karena ada sanksi bagi PNS dan keluarganya yang nekat ke luar daerah atau mudik.

12 jam20 menit Jpnn

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

JPNN.

Lihat Update Corona 8 April 2020 Ini, Oh, Sumatera Utara..

JPNN.com, JAKARTA - Sebanyak 218 kasus baru pasien positif tertulari virus corona ditemukan di Indonesia, Rabu (8/4) hingga pukul 12.00 WIB.

12 jam20 menit Jpnn

JPNN.

Eks Direktur Angkasa Pura II Divonis Penjara 30 Bulan

JPNN.com, JAKARTA - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi Jakarta, memvonis mantan Direktur Keuangan PT Angkasa Pura (AP) II Andra Y Agussalam, dengan hukuman 2 tahun dan 6 bulan penjara terkait kasus suap proyek pengadaan Baggage Handling System (BHS).

12 jam20 menit Jpnn

WOWKEREN

Jadi Pengawal Kaisar di Drama SBS, Begini Kocaknya Woo Do Hwan Saat Komentari Postingan Lee Min Ho

Woo Do Hwan dan Lee Min Ho akan beradu akting di drama baru SBS yang berjudul 'The King: Eternal Monarch'. Rencananya, drama yang juga dibintangi oleh Kim Go Eun ini akan mulai tayang pada 17 April me

12 jam21 menit Wowkeren

WOWKEREN

Kim Jung Hyun dan Shin Hye Sun Diincar Jadi Pemeran Utama Drama tvN 'Queen Cheorin'

'Queen Cheorin' yang tayang di tvN menceritakan tentang seorang pria yang hidup di zaman modern yang jiwanya terperangkap dalam tubuh seorang ratu dari Dinasti Joseon.

12 jam21 menit Wowkeren

WOWKEREN

Han So Hee Terima Kritik Berlebihan Soal Tato dan Merokok Hanya Karena Wanita?

Teman dekat Han So Hee muncul memberi pembelaan menyusul beredarnya foto-foto masa lalu yang memperlihatkan dirinya merokok dan bertato. Begini komentar netizen.

12 jam21 menit Wowkeren

WOWKEREN

CV Taaruf Jadi Kontroversi, Ayah Ria Ricis Dibela Netizen Habis-Habisan

Nama Ria Ricis belum lama ini menyita perhatian publik karena aksi viralnya yang syuting di tengah wabah corona. Kali ini, Ricis kembali menjadi viral lantaran sang ayah yang tidak merestui pria idama

12 jam21 menit Wowkeren

WOWKEREN

Tingkatkan Imun Di Tengah Wabah Corona, 8 Bahan Makananan Ini Punya Kandungan Vitamin C Tinggi Loh!

Vitamin C sering kali dikaitkan dengan sistem imun tubuh. Benar saja, vitamin C memiliki banyak manfaat, mulai dari melindungi tubuh terhadap serangan penyakit hingga menjaga keremajaan kulit.

12 jam21 menit Wowkeren

WOWKEREN

Sutradara 'Vamp Biker' Siap Garap Film Soal Virus Corona

Meski menimbulkan kepanikan dan kekhawatiran, namun rupanya wabah virus corona ini membuat sutradara Eric Spade Rivas terinspirasi untuk mengangkat pandemi ini menjadi sebuah film layar lebar.

12 jam21 menit Wowkeren

WOWKEREN

Maia 'Tampar' Bacot Haters Usai Ditertawakan Bela Pemerintah Soal Tangani Corona

Maia Estianty diserang haters di Twitter kala berkicau tentang rasa miris karena pemerintah terus dikritik dalam menangani Corona. Usai kicauannya dicibir, Maia kembali melontarkanr reaksi menohok bua

12 jam21 menit Wowkeren

WOWKEREN

Kelaparan Sampai 'Puasa' 3 Hari, Begini Potret Gelap Lockdown Imbas Corona

Lockdown menjadi salah satu opsi untuk menekan angka penyebaran virus Corona. Namun ternyata ada sejumlah potret suram di balik pelaksanaan kebijakan ini, seperti kisah berikut.

12 jam21 menit Wowkeren

WOWKEREN

Vino G Bastian Tampil Brewokan Setelah Hampir 3 Pekan Jalani Karantina Mandiri

Vino G Bastian menceritakan bahwa hari ini, Rabu (8/4) merupakan hari ke sembilan belas ia melakukan karantina mandiri. Namun setelah hampir tiga pekan itu, Vino tampil berbeda dengan brewok yang leba

12 jam21 menit Wowkeren

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

WOWKEREN

BREAKING: Kasus Corona RI Bertambah Jadi 2.956, Hampir 50 Persen Berada di DKI Jakarta

Dari total 2.956 kasus corona atau Covid-19 di Indonesia, hampir separuhnya berada di DKI Jakarta. Hingga Rabu (8/4) hari ini, sudah ada 1.470 pasien yang terkonfirmasi di Ibu Kota.

12 jam21 menit Wowkeren

WOWKEREN

Bintang Emon Beber Alasan Ogah Jadi Jubir Pemerintah, Malah Takut Saat Kontennya Bikin Heboh

Bintang Emon menjadi tamu podcast terbaru milik Deddy Corbuzier. Dalam kesempatan tersebut, mereka berbincang soal viralnya Bintang karena konten soal virus Corona.

12 jam21 menit Wowkeren

WOWKEREN

Robby Purba Beri Peringatan Oknum Yang Jual Alat Rapid Test Secara Online

Robby Purba memberi peringatan untuk oknum yang menjual alat rapid test secara online di tengah wabah Corona. Robby melakukannya lantaran hal tersebut termasuk perbuatan ilegal.

12 jam21 menit Wowkeren

WOWKEREN

Aldi Taher Segera Menikah Dengan Perempuan 16 Tahun Lebih Muda: Alhamdulillah Dia Dewasa!

Aldi Taher kini menjalin asmara dengan perempuan asal Palembang bernama Salsabillih. Tak main-main pacaran, Aldi akan melamar sang pujaan hati dalam waktu dekat.

12 jam21 menit Wowkeren

WOWKEREN

Poster 'Oh My Baby' Tampilkan Jang Nara Nyantai di Bathtub Hingga Didampingi 3 Cowok Ganteng

'Oh My Baby' merupakan drama komedi romantis tentang seorang wanita yang ingin memiliki anak tanpa menikah. Jang Nara adalah wakil kepala departemen di majalah parenting.

12 jam21 menit Wowkeren

WOWKEREN

Tahanan Turki dan Malaysia Produksi Masker-APD, Napi Di Gorontalo Malah Goyang Tik Tok Saat Bebas

Para narapidana di Turki dan Malaysia memproduksi masker dan alat pelindung diri untuk membantu tim medis menangani wabah virus corona. Namun napi di Indonesia malah keluar lapas dengan goyang Tik Tok

12 jam21 menit Wowkeren

WOWKEREN

Baru Nikah, Kedok Kebohongan Tegar Dibongkar Istri Cantik

Tegar dan Sarah Sheilka jadi sorotan karena pernikahan mereka. Setelah sempat memamerkan kemesraan, Sarah justru membongkar kebohongan Tegar hingga membahas sifatnya yang cemburuan.

12 jam21 menit Wowkeren

WOWKEREN

Iran Ragukan Data Corona di Tiongkok, Sebut Angka Kasus Tak Bisa Dipercaya

Pejabat kesehatan Iran terang-terangan mengaku meragukan kebenaran studi yang dibuat oleh Tiongkok. Sebelumnya, hal serupa juga dinyatakan oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

12 jam21 menit Wowkeren

WOWKEREN

Big Hit Laporkan Haters BTS ke Polisi, Ternyata Fans NCT dan Masih Anak-Anak

Big Hit telah melaporkan haters BTS dan beberapa di antaranya masih di bawah umur. Salah satunya penggemar NCT yang merupakan dalang tagar kebencian ditujukan untuk Jungkook.

12 jam21 menit Wowkeren

WOWKEREN

Jane Shalimar Bagikan Kisah Driver Ojol Wanita Yang Bawa Anak Kerja

Jane Shalimar membagikan cerita seorang driver ojol wanita yang harus membawa anak bekerja di tengah pandemi Covid-19. Hal itu terpaksa dilakukan karena tidak ada yang menjaga anaknya di rumah.

12 jam21 menit Wowkeren