Semangat dan Kekompakan Kunci Bali United Tundukkan Wakil Singapura

JPNN.com, SINGAPURA - Striker Bali United Melvin Platje puas melihat timnya mampu menang 5-3 atas Tampines Rovers pada babak pendahuluan pertama Liga Champions Asia (LCA) 2020 di Jalan Besar Stadium, Singapura, Selasa (14/1) malam.
« Kembali Baca berita lengkap »

JPNN.

AP I Yakin Bakal Menang Lelang Pengelolaan Bandara Hang Nadim

JPNN.com, JAKARTA - Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi optimistis bisa memenangkan lelang Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Bandara Hang Nadim, Batam.

1 jam36 menit Jpnn

JPNN.

Usut Kasus Jiwasraya, Kejaksaan Agung Dipuji Erick Thohir

JPNN.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir memuji tindakan tegas Kejaksaan Agung yang tidak pandang bulu dalam mengusut kasus Jiwasraya.

1 jam36 menit Jpnn

JPNN.

Temui Pimpinan MPR, Ketua KPK Mengaku Tak Bisa Sendirian Berantas Korupsi

JPNN.com, JAKARTA - Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersilaturahmi kepada pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (14/1). Dalam silaturahmi yang berlangsung tertutup itu Ketua KPK Komjen Firli Bahuri datang bersama empat wakilnya, yakni Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango dan Nurul Ghufron.

1 jam37 menit Jpnn

JPNN.

Bupati Solok Selatan Mangkir Dari Panggilan KPK Tanpa Keterangan

JPNN.com, JAKARTA - Bupati Solok Selatan 2016-2021 Muzni Zakaria (MZ), tersangka kasus korupsi pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mangkir atau tak memenuhi panggilan penyidik KPK tanpa keterangan. KPK memanggil Muzni untuk diperiksa sebagai tersangka dalam kasus tersebut di gedung KPK, Jakarta, Selasa (14/1/2020). “Penyidik belum memperoleh konfirmasi terkait ketidakhadirannya,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di gedung KPK, Jakarta, Selasa. Selain Muzni, tersangka lainnya yang dipanggil, yakni pemilik grup Dempo/PT Dempo Bangun Bersama (DBD) Muhammad Yamin Kahar (MYK) juga tak hadir memenuhi panggilan penyidikan tanpa keterangan. Pada 7 Mei 2019, KPK telah menetapkan Muzni dan Kahar sebagai tersangka. Namun, keduanya belum ditahan oleh KPK sampai saat ini. Muzni selaku Bupati Solok Selatan diduga menerima hadiah atau janji dalam bentuk uang atau barang senilai total Rp460 juta dari pemilik grup Dempo/PT Dempo Bangun Bersama (DBD) Muhammad Yamin Kahar terkait dengan pengadaan barang dan jasa pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pertanahan (PUTRP) Kabupaten Solok Selatan tahun 2018. Terhadap Muzni disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 atau Pasal 12 B UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang pemberantasan Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Sedangkan terhadap Muhammad Yamin Kahar disangkakan melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau b atau Pasal 13 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP Diduga pemberian uang dari Yamin Kahar kepada Muzni itu telah terealisasi terkait proyek jembatan Ambayan berjumlah Rp460 juta dalam rentang waktu April-Juni 2018. Pertama, sejumlah Rp410 juta dalam bentuk uang dan kedua Rp50 juta diterima dalam bentuk barang. Selanjutnya pada Juni 2018, Muzni meminta agar uang diserahkan kepada pihak lain sebesar Rp25 juta diserahkan kepada Kasubag Protokol untuk THR pegawai dan Rp60 juta diserahkan kepada istri Muzni. Sedangkan terkait dengan proyek pembangunan Masjid Agung Solok Selatan, Yamin Kahar sudah memberikan kepada bawahan Musni yang merupakan pejabat di Solok sejumlah Rp315 juta. Artinya, Yamin Kahar mengeluarkan Rp775 juta untuk suap proyek-proyek di Solok Selatan dengan rincian Rp460 juta diserahkan kepada Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria dan Rp315 untuk anak buah Muzni. Dalam proses penyelidikan, Muzni telah menitipkan atau menyerahkan uang Rp440 juta kepada KPK dan sudah dijadikan salah satu bagian dari barang bukti dalam perkara ini.(Ant/fri/jpnn)

1 jam37 menit Jpnn

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

JPNN.

Kasus Investasi Bodong MeMiles, Eka Deli Ungkap Nama 13 Selebritas

JPNN.com, SURABAYA - Polda Jatim bakal memanggil 13 orang selebritas sebagai saksi dalam penyelidikan kasus investasi bodong PT Kam and Kam melalui aplikasi MeMiles.

1 jam37 menit Jpnn

WOWKEREN

Harry dan Meghan Masih Bisa Hasilkan Ratusan Juta Dolar Meskipun Keluar Kerajaan, Begini Caranya

Dengan mundur dari anggota senior Kerajaan Inggris, Pangeran Harry dan Meghan Markle berarti tidak akan lagi menerima uang tahunan yang diberikan oleh Ratu Elizabeth.

1 jam37 menit Wowkeren

Viva.co

‘Perpisahan’ Si Doel Akan Dibuat Meriah

Film Akhir Kisah Cinta Si Doel segera tayang pada 23 Januari 2020.

1 jam38 menit Viva

Viva.co

Tanpa Busana, Florence Pugh Histeris Rayakan Nominasi Oscar Perdana

Florence Pugh sedang di kasur saat tahu masuk nominasi Oscar.

1 jam38 menit Viva

Detik

Malas Bercinta padahal Punya Pasangan? Ini Efeknya Bagi Kesehatan

Rutin berhubungan seksual dengan pasangan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bercinta, setidaknya seminggu sekali dipercaya dapat memperpanjang usia lho.

1 jam39 menit Detik

Detik

Debut Apik Rahmat dan Sidik Saimima Bersama Bali United

Dua rekrutan anyar Bali United, Muhammad Rahmat dan Sidik Saimima tampil apik kala bersua Tampines Rovers. Mereka menyumbang gol dan membawa timnya menang 5-3.

1 jam39 menit Detik

Detik

Messi Beri Salam Perpisahan dan Doa untuk Valverde

Ernesto Valverde resmi dipecat Barcelona. Bintang Blaugrana, Lionel Messi, menyampaikan salam perpisahan dan doa untuk mantan pelatihnya tersebut.

1 jam39 menit Detik

Detik

Hasil Coppa Italia: Singkirkan Perugia, Napoli ke Perempatfinal

Napoli melangkah ke perempatfinal Coppa Italia. Napoli melaju usai menang 2-0 atas Perugia di babak 16 besar.

1 jam40 menit Detik

Detik

Edhy Prabowo Blak-blakan soal Status Terkini Satgas Antimaling Ikan

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo blak-blakan soal status satgas antimaling ikan atau satgas 115. Begini penjelasan lengkap Edhy Prabowo

1 jam40 menit Detik

Detik

12 Jam Diperiksa di Kasus Mark-up Tanah Kuburan, Wabup OKU Ditahan

Wakil Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Johan Anuar hadir dalam pemeriksaan pertama setelah jadi tersangka. 12 jam diperiksa, Johan Anuar pun ditahan.

1 jam41 menit Detik

Detik

Pria di Hamparan Perak Sumut Tewas Ditikam dengan Obeng

Sukardi (50), warga Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang, tewas setelah ditikam. Usai menikam, pelaku kabur dan hingga kini masih diburu polisi.

1 jam41 menit Detik

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

Detik

Pikap Bawa Gas Melon Terguling di Tol Bekasi Arah Cikampek

Kendaraan pikap yang mengangkut gas melon mengalami pecah ban di Km 20 Jalan Tol Tambun arah Cikampek. Tabung gas 3 kg sempat berceceran di jalan tol.

1 jam41 menit Detik

Detik

Bule Australia Aniaya Sopir Taksi hingga Mulut Robek-Mata Lebam di Bali

Turis asal Australia, Tore Gerard Vincenzo Bempasciuto (23), memukul sopir taksi di Jalan Legian Kelod seberang Lexxy Bali Bar Kuta, Badung, Bali.

1 jam41 menit Detik

Detik

Duel Lawan Pencuri, 3 Jari Tangan Satpam di Jaksel Putus Ditebas Golok

Seorang satpam di Kompleks TNI AL Radio Dalam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, berduel melawan pelaku pencurian motor. Akibatnya, korban mengalami luka bacok.

1 jam41 menit Detik

Detik

Wabup OKU Ditahan Terkait Mark-up Tanah Kuburan, Pengacara: Ini Politis!

Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan Johan Anuar resmi ditahan setelah dia ditetapkam tersangka kasus mark-up tanah kuburan tahun 2012.

1 jam41 menit Detik

TRIBUNNEWS

Sinopsis Episode 2 Drama Korea 'Chocolate', Lee Kang Selamat, Cha Young Pindah ke Yunani

Sinopsis Episode 2 Drama Korea 'Chocolate', Lee Kang Selamat, Cha Young Pindah ke Yunani

2 jam40 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Pengakuan Mantan Pengikut Kerajaan Agung Sejagat Purworejo, Bayar Uang Seragam Rp 3 Juta

Sinuhun mengklaim dirinya sebagai pemimpin Kerajaan Agung Sejagat (KAS) atau yang mereka sebut sebagai World Empire.

2 jam40 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu Ditunggu Unggulan Tujuh di Babak Utama

Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu mampu menunjukkan kualitasnya pada babak pertama Indonesia Masters 2020 di Istora Senaya, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

2 jam40 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Persiapan Persib Bandung Jelang Asia Challenge 2020, Dhika Siap Bersaing

Skuat Maung Bandung menunjukkan peningkatan dari sisi kebugaran fisik dan hasil medical chek up Duo Brasil.

2 jam40 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Masih Kecil Sudah Ditinggal Sang Ibu,Teddy Pardiana Sedih dengan Nasib Bayinya

Pernikahan Teddy Pariyana dan Lina Jubaedah dikaruniai seorang bayi perempuan. Namun, bayi tersebut hanya sebentar mendapat kasih sayang ibunya.

2 jam40 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Chord Gitar dan Lirik Lagu Menepi - Guyon Waton (Ngatmombilung), Tak Ada Waktu Kembali

Chord gitar dan lirik lagu Menepi Guyon Waton (Ngatmombilung). Lagu Menepi pertama kali dinyanyikan oleh Ngatmombilung.

2 jam41 menit Tribunnews