Subsidi Bunga KUR Diperpanjang Sampai Akhir Tahun

Subsidi kredit usaha rakyat (KUR) diperpanjang sampai akhir tahun nanti.
« Kembali Baca berita lengkap »

Detik

Promo Gila-gilaan! Diskon 50% Makan dari Kartu Kredit Bank Mega

Diskon Bank Mega yaitu diskon 50% makan di merchant penerima diskon kartu kredit Bank Mega di Trans Studio Mall maupun Transpark Mall di seluruh Indonesia.

18 jam57 menit Detik

Detik

Serbu! Ada Diskon Gila-Gilaan di Transmart Carrefour, Cek di Sini

Kabar baik buat pemburu diskon di Bulan Agustus, sebab Transmart Carrefour sedang menggelar promo 'Diskon Gila-Gilaan' yang tak boleh dilewatkan.

18 jam57 menit Detik

Detik

FBI Akan Ikut Selidiki Penyebab Ledakan Besar Beirut

FBI akan ikut bergabung dalam penyelidik untuk mengungkap penyebab ledakan besar Beirut, Lebanon, yang menghancurkan sebagian besar kota.

18 jam57 menit Detik

.VOA.

Ketua Parlemen Lebanon Serukan Pembentukan Segera Pemerintah Baru

Ketua parlemen Lebanon Nabih Berri, Kamis (13/8) menyerukan pembentukan segera pemerintah baru, sementara para legislator menyetujui penetapan situasi darurat dua pekan pemerintah setelah ledakan menghancurkan baru-baru ini yang menewaskan sejumlah orang dan mencederai ribuan lainnya. Media pemerintah Lebanon menyatakan Berri mendesak para anggota parlemen dalam sidang legislatif pertama sejak ledakan 4 Agustus lalu agar mulai “mempercepat pembentukan pemerintah (baru).” Para legislator telah memulai konsultasi mengenai pembentukan kabinet baru, suatu proses rumit akibat perpecahan di negara yang diperintah berdasarkan sistem pembagian kekuasaan sektarian itu. Parlemen menyetujui penetapan situasi darurat untuk menekan protes-protes yang kembali muncul terkait korupsi, salah urus dan kelalaian elite politik yang telah lama mengakar. Ratusan orang cedera dalam bentrokan dengan pasukan keamanan yang menembakkan gas air mata. PM Hassan Diab mengumumkan pengunduran diri pemerintahnya hari Senin malam setelah ledakan itu. Pengunduran diri itu dikukuhkan dalam sidang legislatif hari Kamis. Diplomat AS David Hale dijadwalkan mengunjungi Beirut hari Kamis (13/8) untuk menekankan tentang perlunya reformasi, sebut Kedutaan Besar AS. Pemerintah Lebanon mulai menjabat pada Januari lalu dengan dukungan dari kelompok Muslim Syiah Hizbullah dan partai-partai lainnya. Hizbullah, yang dianggap AS sebagai organisasi teroris, dan sekutu-sekutunya, menguasai kursi mayoritas di parlemen. Menurut Kedutaan Besar AS, Hale “akan menekankan kesediaan Amerika untuk mendukung pemerintah manapun yang mencerminkan kehendak rakyat dan yang benar-benar tulus berkomitmen dan bertindak berdasarkan agenda reformasi semacam itu.” Ledakan hebat yang menewaskan 172 orang, mencederai sekitar 6.000 lainnya dan menyebabkan sekitar 300 ribu orang kehilangan tempat tinggal, disebut disebabkan oleh ledakan 2.750 ton amonium nitrat yang disimpan secara tidak benar selama enam tahun di Pelabuhan Beirut. Kegiatan pembangunan kembali diperkirakan menelan biaya miliaran dolar. Para ekonom telah memperkirakan kerusakan itu akan menghapus hingga 25 persen PDB negara itu. Bantuan kemanusiaan diberikan kepada Lebanon. Tetapi negara-negara asing telah menyatakan dengan jelas bahwa mereka tidak akan memberikan dana untuk membantu Lebanon menghindari keruntuhan ekonomi apabila negara itu tidak melakukan reformasi. [uh/ab]

20 jam3 menit VOAIndonesia

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

.VOA.

Presiden Diminta Bebaskan Tahanan Politik Papua dan Maluku Jelang HUT RI

Amnesty International Indonesia mendesak Presiden Joko Widodo agar membebaskan tahanan politik Papua dan Maluku, menjelang peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2020.

20 jam3 menit VOAIndonesia

.VOA.

Koridor Perjalanan Bisnis Indonesia-Korsel Berlaku Mulai 17 Agustus 

Pemberlakuan koridor perjalanan bisnis antara Indonesia dan Korea Selatan akan dimulai 17 Agustus mendatang. Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

20 jam3 menit VOAIndonesia

TRIBUNNEWS

Tersangka Kasus Narkoba Meninggal, Jenazahnya Dilakban, Ini Penjelasan Kapolres Balerang

Sebelumnya, Hendri ditangkap oleh jajaran Polres Barelang, Batam, Kepulauan Riau, karena kedapatan menyimpan 1,41 gram natkotika jenis sabu-sabu.

20 jam4 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Wiku Adisasmito: Ketersediaan Tempat Tidur di Rumah Sakit untuk Pasien Covid-19 Terkendali 

Tingkat ketersediaan tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) di Indonesia sekarang ini adalah 66 persen.

20 jam4 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Berkaca dari Kasus Jerinx SID, Satgas Penanganan Covid-19 Beri Pesan untuk Para Influencer

Wiku Adisasmito meminta para publik figur atau influencer dapat menyampaikan informasi valid dan terpercaya mengenai Covid-19.

20 jam4 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Munculnya Klaster Covid-19 di Sekolah, Wiku Adisasmito Sebut Prosesnya Belum Sempurna

Pemerintah telah menetapkan sejumlah persyaratan dalam membuka kegiatan sekolah tatap muka di wilayah zona Hijau dan Kuning.

20 jam4 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Jual Emas Palsu, Polisi Bekuk Seorang Pedagang di Bengkulu

Tersangka yang diamankan, yakni inisial IM (57), yang adalah pemilik toko permata dury di Pasar Minggu, Kota Bengkulu.

20 jam5 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Ada Fasilitas Wifi Gratis, Seorang Mahasiswa di Pondok Kelapa Bersyukur Bisa Hemat Pengeluaran

Tenda Pintar dilengkapi fasilitas Wifi gratis di RT.13 / RW.02 Pondok Kelapa, Jakarta Timur, jadi solusi belajar online di masa pandemi covid-19.

20 jam5 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Bersyukur Ada Wifi Gratis, Pak RT Berharap Ada Bantuan HP dan Laptop untuk Siswa Belajar Online

Melalui Tenda Pintar ini diharapkan banyak siswa SD, SMP, SMA dan mahasiswa yang terbantu dalam proses pembelajaran online.

20 jam5 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Syahrul Yasin Limpo Yakin Sektor Pertanian Jadi Penyelamat Ekonomi Nasional di Masa Sulit

Sektor pertanian dinilai tidak pernah terdampak besar dari akibat resesi ekonomi. Bila terdampak pun, relatif kecil dampaknya.

20 jam5 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Wamenhan Yakini Negara dengan Ketahanan Pangan Kuat Disegani Secara Global

Indonesia, menurut dia, akan mengarah ke sana. Di antaranya menyiapkan cadangan pangan melalui komoditi strategis.

20 jam6 menit Tribunnews

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

TRIBUNNEWS

SESAAT LAGI, Live Streaming TV Online SCTV, RB Leipzig vs Atletico Madrid di Liga Champions

Live Streaming TV Online SCTV, RB Leipzig vs Atletico Madrid di Liga Champions, Tonton di Sini,Jumat (14/8/2020) Pukul 02.00 WIB

20 jam6 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Tanda Kehormatan untuk Ahmad Basarah, Pengamat: Layak karena Kontribusi Meneliti Pancasila

Presiden Jokowi menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama kepada Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Kamis (13/8/2020).

20 jam6 menit Tribunnews

ANTARA NEWS

Nova Iriansyah: Keberhasilan KEK Arun tanggung jawab konsorsium

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyatakan keberhasilan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Aceh menjadi tanggung jawab semua pihak (Konsorsium) yang telah tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) tentang Kawasan ...

20 jam7 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Kadin sebut pariwisata bisa jadi penyelemat RI dari resesi ekonomi

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur Adik Dwi Putranto mengatakan salah satu sektor yang bisa menyelamatkan resesi ekonomi pada triwulan III tahun 2020 adalah sektor pariwisata, sebab saat ini sudah menjadi ...

20 jam7 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Kelompok Tani Bangka Tengah berhasil panen semangka di lahan kritis

Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mengapresiasi dan terus mendorong kelompok tani (Poktan) Langgeng Jaya Desa Trubus yang dinilai berhasil memanfaatkan lahan kritis menjadi areal perkebunan ...

20 jam7 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Ferrari janji dukung penuh Vettel hingga akhir musim

Sebastian Vettel bakal mendapat dukungan penuh dari Ferrari, demikian janji tim asal Italia itu, untuk bertarung hingga akhir musim setelah start yang berat bagi pebalap juara dunia empat kali itu. Direktur Olahraga Ferrari ...

20 jam7 menit Antaranews

ANTARA NEWS

ARC Unsyiah luncurkan produk inovasi baru nilam

PUIPT Nilam Aceh dalam upaya memenuhi permintaan pasar. "Produk yang diluncurkan ini merupakan turunan dari minyak nilam yang dikembangkan oleh ARC Unsyiah," katanya di sela-sela peluncuran produk varian terbaru ...

20 jam7 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Gubernur Bengkulu sebut tak akan terbitkan izin operasi PLTU tanpa SLO

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memastikan tidak akan mengeluarkan izin operasi perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkekuatan 2x100 megawatt di daerah itu jika pihak pengelola belum mengantongi Sertifikat Laik ...

20 jam8 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Mind ID peroleh sertifikasi SNI antisuap

Holding Industri Pertambangan Mining Industry Indonesia (MIND ID)/PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM memperoleh sertifikasi SNI ISO 37001 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Group CEO MIND ID Orias ...

20 jam8 menit Antaranews

ANTARA NEWS

PB Perpani umumkan pengganti Riau Ega dkk 15 Agustus

Pengurus Besar Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (PB Perpani) akan mengumumkan atlet pengganti Riau Ega Agata Salsabila, Diananda Choirunisa, dan Asiefa Nur Haenza pada 15 Agustus, menyusul pencoretan mereka dari pelatnas ...

20 jam8 menit Antaranews