Jenazah Prajurit TNI yang Gugur di Kongo Tiba di Tanah Air Malam Ini

Pesawat yang membawa jenazah Pelda Anumerta Rama dijadwalkan tiba pukul 22.00 WIB hari ini di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.
« Kembali Baca berita lengkap »

.VOA.

UNICEF Indonesia: Pandemi Diprediksi Tingkatkan Jumlah Kasus Stunting

Penangan kasus kekurangan gizi (wasting) perlu menjadi prioritas selama masa pandemi. UNICEF memprediksi, pandemi Covid-19 meningkatkan jumlah kasus stunting akibat wasting. UNICEF Indonesia mengingatkan tanpa tindakan yang memadai dan tepat waktu, jumlah anak yang kekurangan gizi (wasting) diprediksi akan meningkat sebanyak 15 persen (atau 7 juta) di seluruh dunia pada tahun pertama pandemi Covid-19. Badan PBB itu mengatakan, setiap satu persen penurunan produk domestik bruto (GDP) global, meningkatkan jumlah anak stunting sebanyak 0,7 juta di seluruh dunia. “Wasting ini sangat umum terjadi sebagai akibat emergency (darurat) seperti bencana alam, dan juga pandemi seperti sekarang dimana pasokan makanan dan layanan kesehatan terganggu,” kata Airin Roshita, spesialis Nutrisi UNICEF Indonesia dalam sebuah diskusi daring bertema Peningkatan Masalah Gizi pada Anak di Masa Pandemi Covid-19, 30 Juni 2020, yang digelar oleh Aliansi Jurnalis Independen dan UNICEF. Airin menekankan penanganan kasus wasting perlu menjadi prioritas arena berpeluang tiga kali lebih tinggi membuat anak mengalami kegagalan pertumbuhan tubuh dan otak (stunting). Dhian Dipo, Direktur Gizi Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI menjelaskan Indonesia merupakan salah satu negara dengan tiga masalah terkait gizi yaitu stunting, wasting dan obesitas. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 terhadap anak-anak, tingkat obesitas mencapai 8 persen, tingkat wasting 10,2 persen dan tingkat stunting 30,8 persen. Studi Status Gizi Balita di Indonesia (SSGBI) di 34 provinsi di Indonesia pada 2019 menunjukkan angka stunting pada balita mencapai 27,67 persen. “Pandemi Covid-19 ini menurunkan daya beli daya beli masyarakat, khususnya pangan,” jelas Dhian. Dhian mengatakan, penanggulangan stunting perlu dilakukan secara terintegrasi melalui konseling dan intervensi. Intervensi yang dimaksud mencakup bantuan pangan non tunai, pembangunan kawasan rumah pangan lestari, dan fortifikasi pangan. Semua itu diharapkan dapat menekan prevalensi stunting menjadi 14 persen pada 2024. Doddy Izwardy Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Upaya Kesehatan Masyarakat (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI menjelaskan, Indonesia sebetulnya perlu belajar dari krisis ekonomi yang melanda pada 1998 hingga 2000. Berdasarkan Riskesdas 2013, tingkat prevalensi stunting sangat memprihatinkan, anak-anak laki-laki pendek pada umur 13 tahun mencapai 40,2 persen, sementara pada anak perempuan pada umur 11 tahun tercatat 35,8 persen. Studi-studi menunjukkan, kondisi ini merupakan imbas dari krisis ekonomi beberapa tahun sebelumnya. [yl/ab]

21 jam45 menit VOAIndonesia

.VOA.

Jumlah Kasus Virus Corona di India Lampaui 600 Ribu

Jumlah kasus virus corona yang telah dikukuhkan di India melampaui 600.000, Kamis (2/7). Jumlah itu diperkirakan akan terus meningkat secara signifikan dengan pelonggaran lockdown dan peningkatan kapasitas pengujian. Kementerian Kesehatan India melaporkan, hampir 100.000 kasus baru ditemukan dalam empat hari terakhir. Dengan 19.148 kasus baru dalam 24 jam terakhir, jumlah resmi kasus Covid-19 di negara itu kini mencapai 604.641. Lebih dari 60 persen kasus di India dilaporkan berasal dari negara bagian Maharashtra, negara bagian Tamil Nadu, dan kawasan ibu kota, New Delhi. Para pakar kesehatan memperingatkan, jumlah kasus akan meningkat secara signifikan dengan semakin longgarnya pembatasan-pembatasan yang ditujukan untuk meredam perebakan wabah. Semakin banyak industri dan bisnis di India diizinkan kembali beroperasi sejak awal Juni, sementara sekolah, perguruan tinggi dan bioskop masih tutup. Kawasan pantai barat negara bagian Goa, yang menjadi lokasi populer wisatawan backpacker, mulai dibuka, Kamis (2/7). Pemerintah negara bagian itu mengizinkan 250 hotel kembali beroperasi setelah lebih dari tiga bulan tutup. Wisatawan bisa berkunjung ke sana dengan menunjukkan kartu bebas Covid-19 atau dites terlebih dahulu pada saat datang. Negara bagian itu sendiri memiliki 1.387 kasus dengan empat kematian. Perdana Menteri Narendra Modi dalam pidatonya Selasa lalu mengatakan, tingkat kematian akibat Covid 19 terkendali namun negara dalam situasi sulit. Ia mendesak agar tindakan-tindakan pencegahan penularan lebih keras diterapkan. Kementerian Kesehatan mengatakan, jumlah tes telah ditingkatkan menjadi 200.000 per hari, dan sejauh ini telah dilakukan 8,8 juta tes. Laju kesembuhan pasien positif terjangkit virus corona di negara itu kini mencapai 59.43 persen. [ab/uh]

21 jam45 menit VOAIndonesia

.VOA.

Harga Vaksin Corona Diperkirakan Rp75.000 Per Orang

Pemerintah memperkirakan harga vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Indonesia berkisar Rp75.000 per orang. Kapan vaksin tersebut akan tersedia?

21 jam45 menit VOAIndonesia

TRIBUNNEWS

Chord Gitar Lagu Naff - Akhirnya Ku Menemukanmu dengan Kunci Mudah Dimainkan, Download MP3 di Sini

Berikut chord gitar dengan kunci mudah dimainkan lagu Akhirnya Ku Menemukanmu dari Naff, lengkap dengan lirik dan link download MP3.

21 jam45 menit Tribunnews

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

TRIBUNNEWS

Minta Mahar Ini ke Pria yang Akan Menikahinya, Perkataan Nenek Iro Buat Baim Wong Tersenyum

Bukan barang mewah atau perhiasan, Nenek Iro meminta ini untuk mahar menikahnya nanti.

21 jam46 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Friksi Berakhir Damai, Kisruh Shin Tae-yong dan PSSI Dinilai Bersumber dari Orang Ketiga

Permasalahan itu bisa muncul dan menjadi konsumsi di media karena ada pihak-pihak yang sengaja membuat suasananya kembali memanas.

21 jam46 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Redi Rusmawan: Sebagai Pemain Saya Siap Jika Persita Tangerang Kembali Berlatih Bersama

PSSI memutuskan kompetisi sepak bola berlanjut Oktober mendatang, Redi mengatakan dirinya siap mengikuti keputusan yang akan diambil oleh klubnya

21 jam46 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Ibu Tirinya Divonis Mati, Putri Hakim Jamaluddin Histeris Dipelukan Mantan Asisten Pribadi Ayahnya

Putri hakim Jamaluddin histeris dengar vonis mati yang diterima ibu tirinya Zuraida Hanum (41).

21 jam46 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Daftar Harga HP Vivo Terbaru Juli 2020: Vivo Y50, Vivo V17 Pro, Vivo Y30, Vivo Y19, Lengkap!

Simak daftar harga lengkap HP Vivo terbaru bulan Juli 2020: Vivo Y50, Vivo V17 Pro, Vivo Y30, Vivo Y19.

21 jam47 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Cara Klaim Token Listrik Gratis/Diskon PLN, Login www.pln.co.id atau Chat WA ke 08122123123

Kunjungi website resmi PLN, www.pln.co.id atau kirim pesan WhatsApp untuk memperoleh token listrik gratis PLN stimulus Covid-19.

21 jam47 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Cerita Masa Lalu Gofar Hilman, Jadi Kurir Narkoba, Sadar Setelah Teman Meninggal, Mimpi Terwujud

Gofar Hilman blak-blakan soal masa kecilnya jadi kurir narkoba. Tinggalkan dunia narkoba setelah teman meninggal.

21 jam47 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Iwan Bule: PSSI Akan Dialog dengan Shin Tae-yong Secara Virtual Soal Roadmap Timnas Indonesia

Iwan Bule akan kembali berkomunikasi langsung dengan Shin tae-yong secara virtual.

21 jam48 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Istri Ustaz Hilmi Aminuddin Dinyatakan Psitif Corona dan Dirawat di Rumah Sakit

Untuk tetangga juga dilakukan rapid dan swab tes, tapi didahulukan dulu yang berada di kediaman almarhum

21 jam48 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Cerita di Balik Mundurnya Rektor Uniba dari Jabatannya, Lepas Baju dan Disambut Tangisan Demonstran

Nama Pramono Hadi menjadi bahan perbincangan setelah melakukan aksi melepas baju sebagai simbol mudurnya ia dari jabatan Rektor Uniba

21 jam48 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Jelang Manchester City vs Liverpool, Carragher Anggap Guardiola sebagai Pelatih Out of The Box

Jamie Carragher selaku legenda Liverpool mengutarakan pandangannya terhadap sosok pelatih Manchester City, Pep Guardiola.

21 jam49 menit Tribunnews

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

TRIBUNNEWS

Nyeri saat Berhubungan Intim karena Dispareunia, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Merasakan nyeri pada saat berhubungan intim atau bersanggama? Ketahui penyebab Dispareunia dan cara mengatasinya berikut ini.

21 jam49 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Komisi III DPR Cecar Jampidsus soal Keterlibatan Dato Sri Tahir dalam Kasus Jiwasraya

Ali Mukartono awalnya menjelaskan bahwa pihaknya belum menemukan keterkaitan Dato Sri Tahir kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya.

21 jam49 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Manchester City vs Liverpool, Live Streaming Mola TV, Saksikan Pukul 02.15 WIB, Dinihari Nanti

Berikut ini link live streaming Manchester City kontra Liverpool dalam laga lanjutan pekan 32 Liga Inggris, tayang Mola TV, dinihari nanti.

21 jam49 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Garuda Indonesia Sediakan Fasilitas Rapid Test untuk Penumpangnya

Dalam memberikan faslitias layanan rapid test Covid-19, Garuda Indonesia bekerja sama dengan Indonesia Medical Tourism Board

21 jam49 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Prediksi Skor Manchester City vs Liverpool, Mark Lawrenson dan Big Zuu Beda Pendapat soal Hasil

Prediksi skor Manchester City vs Liverpool, menurut pakar sepakbola Mark Lawrenson dan fans setia sekaligus pemusik, Big Zuu, beda pendapat soal hasil

21 jam50 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Mochamad Iriawan: PSSI Berharap Shin Tae-yong Sudah Tiba di Indonesia Bulan Juli Ini untuk Pelatnas

Mochamad Iriawan tak mempermasalahkan perihal panitia penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 (Inafoc) yang kini dipegang oleh pemerintah.

21 jam50 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Fakta Oknum PNS Selingkuh, Istrinya Dapat Kiriman Video Mesum dari Pelakor hingga Lapor ke Polda

Seorang pria yang diketahui sebagai PNS di sebuah kecamatan di Kota Medan, Sumatera Utara, digerebek istri.

21 jam50 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Dua Pemuda Duel Adu Kesaktian di Kalsel, 1 Orang Tewas, Ternyata Ada Motif Dendam Lama

Peristiwa itu terjadi di Desa Tembok Bahalang, Kecamatan Batang Alai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan.

21 jam50 menit Tribunnews

ANTARA NEWS

Pulangkan warga negaranya, Garuda diapresiasi Duta Besar Kolombia

Maskapai Garuda Indonesia mendapatkan apresiasi dari Duta Besar Kolombia untuk Indonesia Juan Camilo Valencia Gonzalez atas bantuannya dalam menerbangkan kembali warganya ke negaranya. Untuk itu, Pemerintah Kolombia melalui ...

21 jam50 menit Antaranews

ANTARA NEWS

IBMA sebut usaha kurir sepeda bermunculan selama pandemi COVID-19

Indonesia Bike Messenger Association (IBMA) mencatat, ada tren usaha kurir sepeda banyak bermunculan selama pandemi COVID-19 pada sejumlah kota di Indonesia. "Hampir setiap minggu ada muncul kurir sepeda baru di ...

21 jam51 menit Antaranews