Pemerintah Rogoh Rp 677 T Buat Pulihkan Ekonomi dari Corona

Besaran angka itu juga sudah disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang kabinet paripurna.
« Kembali Baca berita lengkap »

Detik

Pusing Mikirin Biaya Sekolah Anak saat Corona? Coba Tips Ini

Beberapa orang tua harus memikirkan biaya untuk keperluan anak sekolah meskipun di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

21 jam14 menit Detik

Detik

Keuskupan Agung Jakarta Susun Protokol Ibadat di Gereja Saat New Normal

Keuskupan Agung Jakarta mematangkan protokol peribadatan di gereja saat diberlakukannya tatanan normal baru atau new normal.

21 jam14 menit Detik

Detik

PAN Minta BPKH Hati-Hati Kelola Dana Haji Nganggur

Partai Amanat Nasional (PAN) menanggapi isu yang menyebut Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) berencana menggunakan dana haji untuk menstabilkan rupiah.

21 jam14 menit Detik

Detik

PSBB Diperpanjang 14 Juni, Wali Kota Tangsel Cek Persiapan Mal-Tempat Ibadah

Pemkot Tangsel melakukan sejumlah persiapan terkait pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diperpanjang hingga 14 Juni.

21 jam14 menit Detik

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

.VOA.

Jokowi Siapkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional

Pemerintah bergerak cepat siapkan program pemulihan ekonomi nasional, agar perekonomian tidak semakin terpuruk akibat pandemi. Apa saja programnya?

22 jam12 menit VOAIndonesia

.VOA.

Bundesliga Tidak Ambil Tindakan Terhadap Pemain Pendukung Demo

Para pemain Bundesliga bebas menunjukkan dukungan bagi para pendemo atas kematian George Floyd, pria kulit hitam Amerika yang meninggal dalam tahanan polisi di Amerika, kata Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB), Rabu (06/03). Dalam sebuah pernyataan DFB menyatakan tidak ada tindakan disipliner bagi pemain klub Borussia Dortmund Achraf Hakini, Jadon Sancho, Weston McKennie dari klub Schalke 04 atau Marcus Thuram dari Borussia Moenchengladbach, semuanya memberi dukungan kepada mereka saat pertandingan berlangsung. Pemain internasional Inggris Sancho mendapat kartu kuning setelah melepas baju kaosnya dan menunjukkan tulisan "Keadilan untuk George Floyd."  Badan sepak bola dunia, FIFA yang melarang pemain sepakbola untuk menyampaikan pandangan pribadi mereka terhadap politik, agama dan masalah sosial di lapangan, tidak memberlakukan protokol yang biasanya digunakan, namun menyarankan untuk menggunakan"akal sehat" dalam menangani insiden semacam itu. DFB menyatakan tidak akan mengambil tindakan apa pun terhadap simbol-simbol solidaritas terkait sejumlah protes di AS dan di seluruh dunia. [mg/ii]

22 jam12 menit VOAIndonesia

TRIBUNNEWS

Timnas Italia Diuntungkan dengan Mundurnya Piala Eropa ke Tahun 2021 kata Roberto Mancini

Roberto Mancini mensyukuri pengunduran pelaksanaan Piala Eropa 2020 menjadi tahun 2021.

22 jam12 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Kejagung Tahan 4 Tersangka Kasus Dugaan Korupsi PT Danareksa

Keempat tersangka yakni Rennier Latief, Marciano Hersondrie, Zakie Mubarak Yos dan Erizal lebih dulu diperiksa‎

22 jam12 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Bersama Jajarannya, Risma Lakukan Ritual Ini Tiap Jam 12 Malam agar Surabaya Bebas Pandemi

Pemkot saat ini menggencarkan upaya tracing yang diikuti oleh rapid test serta swab massal di berbagai lokasi di kota pahlawan

22 jam12 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Jadi Tahanan Dwi Sasono Jalani Rapid Test, Begini Hasilnya

Artis peran ini telah menjalaninya dan oleh tim medis, suami dari penyanyi Widi Mulia ini dinyatakan negatif dari virus corona.

22 jam12 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Suami Bunuh Istri Lalu Bunuh Diri, Sebelumnya Warno dan Jarwati Sudah Pisah Ranjang

Keduanya ditemukan tewas tergantung di tempat berbeda dalam satu kontrakan, Rabu petang.

22 jam12 menit Tribunnews

ANTARA NEWS

Polres Mimika terus dalami kasus penyerangan Kantor Freeport

Jajaran Satuan Reserse dan Kriminal Polres Mimika, Papua terus mendalami kasus penyerangan pusat perkantoran PT Freeport Indonesia di Kuala Kencana oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada 30 Maret 2020 lalu. Kasat Reskrim ...

22 jam29 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Spanyol pertimbangkan kehadiran suporter di stadion sepak bola

Kementerian Kesehatan Spanyol tengah mempertimbangkan kehadiran penonton di stadion sepak bola saat dimulainya kembali musim La Liga pada Juni 2020 setelah sebelumnya sempat dihentikan sementara selama tiga bulan akibat pandemi ...

22 jam29 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Benny Tjokro didakwa lakukan pencucian uang dari korupsi Jiwasraya

Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro didakwa melakukan tindak pidana pencucian uang yang berasal dari korupsi pengelolaan dana dan penggunaan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero), sehingga ...

22 jam29 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Bank kekurangan uang tunai, penyaluran BLT Dana Desa di NTT terhambat

Koordinator P3MD Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Kandidatus Angge  mengemukakan persediaan uang tunai di Bank yang kurang menjadi faktor ...

22 jam29 menit Antaranews

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

ANTARA NEWS

NBA di ambang kesepakatan rampungkan musim dengan 22 tim

Dewan Gubernur NBA dilaporkan di ambang kesepakatan untuk merampungkan musim 2019/20 dengan kompetisi yang hanya akan diikuti 22 tim dalam rentang waktu 31 Juli s.d. 12 Oktober di kompleks Disney World Orlando. Kolumnis ESPN ...

22 jam29 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Kapten Southampton diancam dicopot jika tak perpanjang kontrak

Pierre-Emile Hojbjerg diancam bakal dicopot dari status kapten Southampton jika tak menyepakati perpanjangan kontrak di klub Liga Premier Inggris tersebut. Hal itu dilontarkan oleh manajer Southampton, Ralph Hasenhuettl, yang ...

22 jam29 menit Antaranews

KONTAN

Wajah Anggaran Negara Berubah Total

Dana penanganan efek corona menjadi Rp 667,2 triliun, defisit APBN tembus Rp 1.000 triliun.

22 jam29 menit Kontan

KONTAN

Jam berjemur yang baik rekomendasi BMKG Kamis(4/6) ini agar sinar matahari rendah UV

Panduan BMKG agar mendapat jam berjemur sinar matahari yang tepat sehingga bermanfaat bagi tubuh.

22 jam30 menit Kontan

KONTAN

Amerika Serikat bergolak, SBY: Amerika, are you ok?

SBY tidak ikut-ikutan tercengang. Cuma merenung. Dan mau bertanya sedikit “Are you OK, Amerika?"

22 jam30 menit Kontan

BISNIS

Kasus Jiwasraya: Preskom TRAM Heru Hidayat Didakwa Cuci Uang via Kasino Singapura

Heru Hidayat, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) didakwa melakukan pencucian uang hasil korupsi PT Jiwasraya melalui judi kasino di Singapura.

22 jam30 menit Bisnis

BISNIS

Tottenham Konfirmasi Satu Orang di Skuadnya Positif Virus Corona

Tottenham Hotspur mengonfirmasi bahwa mereka memiliki satu hasil positif Covid-19 dari uji terbaru 1.197 pemain dan staf Liga Premier.

22 jam31 menit Bisnis

BISNIS

Tekanan Ekonomi dan Psikologis Picu KDRT selama Pandemi Covid-19

Survei Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menyebutkan kaum perempuan rentah mengalami KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) selama masa pandemi Covid-19.

22 jam31 menit Bisnis

BISNIS

Pasien Sembuh Covid-19 Jatim Bertambah 292, Jadi Rekor Tertinggi

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur kembali melaporkan bahwa pada 3 Juni 2020 ada tambahan pasien sembuh Covid-19 sebanyak 293.

22 jam31 menit Bisnis

BISNIS

Jumlah Kematian Terkait Virus Corona di Italia Terus Menurun

Otoritas kesehatan Italia mengumumkan terdapat 71 kematian terkait dengan Covid-19 selama 24 jam terakhir hingga Rabu (3/6/2020) tengah malam WIB.

22 jam31 menit Bisnis