Cerita Korban soal Kronologi Dugaan Penganiayaan oleh Saddil Ramdani

Saddil Ramdani menjadi tersangka kasus dugaan penganiayaan. Korban, Irwan, menceritakan kronologi detik-detik Saddil melakukan penganiayaan kepadanya.
« Kembali Baca berita lengkap »

TRIBUNNEWS

Masih Ada Warga yang Telepon Hotline Crisis Centre Covid-19 Kuningan Hanya Untuk Iseng

Meski demikian, nomer tersebut sangat berguna memberikan informasi bagi warga setempat terkait Covid-19.

23 jam7 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Mahfud MD Tanggapi Yasonna Laoly Terkait Pembebasan Napi pada Pandemi Covid-19

Dirinya menegaskan sampai sekarang pemerintah tidak merencanakan, mengubah atau merevisi PP 99 tahun 2012.

23 jam7 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Enam Pasangan Tak Resmi Digerebek di 3 Hotel Berbeda di Karanganyar

Pihaknya akan rutin melakukan operasi supaya menjelang bulan suci situasi di Karanganyar aman dan kondusif.

23 jam7 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Update Covid-19 di Dunia, 44 Negara Bertambah Kasus dan Indonesia Tetap

Pandemi Covid-19 (virus Corona) telah mewabah hampir di seluruh negara di dunia

23 jam7 menit Tribunnews

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

ANTARA NEWS

Ancelotti berambisi boyong Bale dan James ke Everton

Carlo Ancelotti tampak serius dengan ambisinya untuk membangun Everton kembali ke masa kejayaan, salah satunya dengan rencana memboyong dua pemain yang kehilangan tempat di Real Madrid yakni Gareth Bale dan James ...

23 jam7 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Xavi sumbang Rp17,7 miliar tangani COVID-19 di Barcelona

Legenda Barcelona Xavi dan istrinya Nuria Cunillera menyumbangkan satu juta euro (sekira Rp17,7 miliar) untuk penanganan pandemi COVID-19 di Barcelona. Donasi itu disampaikan melalui fasilitas kesehatan Hospital Clinico de ...

23 jam7 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Muncul petisi agar Atalanta dinobatkan scudetto

Sebuah petisi muncul di dunia maya untuk memberikan gelar juara Liga Italia Serie A 2019/20 atau scudetto ke Atalanta, lantaran Bergamo kota markas klub itu paling para terdampak pandemi virus corona di Italia. Seturut laman ...

23 jam7 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Gempa M 3,0 terjadi di Sumenep, Jatim

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,0 terjadi di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, pada Sabtu (4/4) tengah malam pukul 23.49 WIB. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui situs resminya ...

23 jam8 menit Antaranews

BISNIS

Hari Ini Dalam Sejarah: 5 April, Kurt Cobain Tewas Bunuh Diri

Setiap tanggal memiliki sejarahnya sendiri, begitu pula pada 5 April memiliki peristiwa penting di berbagai belahan dunia, salah satunya saat Kurt Cobain bunuh diri.

23 jam8 menit Bisnis

JPNN.

Selamat! Lima Perwira Menengah Bakamla Mendapat Kenaikan Pangkat di Tengah Wabah Corona

JPNN.com, JAKARTA - Lima Perwira Menengah (Pamen) Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Letnan Kolonel (Letkol) menjadi Kolonel.

23 jam8 menit Jpnn

JPNN.

Kabar Gembira, Pemprov Jatim Siapkan 470 Tenaga Medis Baru Tangani Pasien Covid-19

JPNN.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur sedang menyiapkan rekrutmen sebanyak 470 tenaga medis baru untuk percepatan penanganan pasien yang terjangkiti virus Corona atau COVID-19. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, proses rekrutmen ratusan tenaga medis baru itu bekerja sama dengan Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya. "RSUA sedang melakukan rekrutmen tenaga medis baru, yang mendaftar sebanyak 600 orang dari berbagai lini dan sudah diterima sebanyak 30 orang,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (4/4) malam Dari sekitar 570 pelamar yang belum diterima, ia menyatakan telah berkoordinasi dengan Direksi RSUA untuk kembali melakukan seleksi sebanyak 470 orang sebagai tenaga medis baru penanganan COVID-19 di wilayah Jatim. “Dari 470 orang yang terseleksi, nantinya sebanyak 110 orang akan kami dedikasikan di RSUA yang saat ini sedang mengembangkan ruang Intensive Care Unit (ICU) dan High Care Unit (HCU). Sisanya akan disebar di 75 rumah sakit rujukan COVID-19 yang tersebar di Jatim," ucapnya. Selain itu, kata dia, beberapa waktu lalu Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga telah merekrut sebanyak 360 orang tenaga kesehatan, yang terdiri dari 72 dokter, 180 perawat, 32 analis medis, 32 radiographe, 16 apoteker, 16 asisten apoteker dan 12 sanitarian. Saat ini, di 75 rumah sakit rujukan untuk penanganan COVID-19 yang tersebar di berbagai kabupaten/kota di Jatim tersedia total 14.438 dokter. Dokter spesialis paru-paru yang siaga sebanyak 152 orang, dibantu dokter spesialis penyakit dalam sebanyak 200 orang lebih. Para dokter tersebut dibantu oleh perawat yang berjumlah 33.377 orang, serta relawan tenaga kesehatan sebanyak 1.892 orang. Sementara itu, total di Jatim saat ini sebanyak 152 orang terkonfirmasi positif COVID-19 atau tidak berubah dibanding sehari sebelumnya. Secara rinci mengenai data pasien positif COVID-19, di Surabaya terdapat 77 orang, Sidoarjo (14), Lamongan (10), Magetan (9), Situbondo (6), Kabupaten Malang (5), Kota Malang (5) dan Nganjuk (4). Kemudian, Gresik (4), Kabupaten Kediri (4), Lumajang (3), Jember (2), Kota Batu (1), Kota Blitar (1), Kabupaten Blitar (1), Kota Kediri (1), Tulungagung (1), Banyuwangi (1), Pamekasan (1), Jombang (1), dan Kabupaten Madiun (1). Kemudian, untuk warga berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 780 orang atau bertambah dari data sehari sebelumnya yang jumlahnya sebanyak 717 orang. Berikutnya, orang dalam pemantauan (ODP) tercatat 10.116 orang atau meningkat dari sehari sebelumnya yang berjumlah 9.435 orang.(Antara/jpnn)

23 jam8 menit Jpnn

Viva.co

Keputusan Kontroversial Liverpool, Terima Subsidi Inggris Demi Staf

Padahal, Liverpool bukukan keuntungan besar musim lalu.

23 jam8 menit Viva

Viva.co

Konyol, McGregor Gantikan Khabib Cuma Lelucon April Mop

McGregor sempat digadang-gadang jadi pengganti Khabib.

23 jam9 menit Viva

Detik

Teror Penusukan di Prancis, 2 Orang Tewas

Seorang pria di Prancis mengamuk dan melakukan aksi penusukan. Akibatnya 2 orang tewas.

23 jam9 menit Detik

Detik

Gempa M 3,0 Terjadi di Sumenep

Gempa bumi magnitudo 3,0 terjadi di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pusat gempa berada di laut.

23 jam9 menit Detik

Detik

Minum Miras Oplosan Supaya Tak Kena Corona, 5 Pria di Bekasi Tewas

7 pria di Tambun, Bekasi, pesta minuman keras (miras) oplosan di tengah pandemi Corona. Kini, korban tewas bertambah satu orang, sehingga total menjadi 5 orang.

23 jam9 menit Detik

TRIBUNNEWS

Tingkatkan Penanganan Covid-19, Pelni Serahkan Bantuan Alkes Untuk RS

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyerahkan bantuan alat kesehatan berupa hepafilter mobile serta

27 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Hari Setiyono Kenang Sosok Almarhum Arminsyah, Pernah Diberi Buku Tuntunan Salat Sebulan yang Lalu

Almarhum Arminsyah merupakan sosok yang dicintai hampir seluruh pegawai di lingkungan Kejaksaan Agung.

27 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Rian D'Masiv Kerja Keras Demi Penuhi Tantangan Mengcover Lagu Suho 'EXO'

Selain menghapal lirik lagu dan melatih pengucapan lirik yang menggunakan Bahasa Korea itu

27 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

UPDATE: 210 WNI di Luar Negeri Positif Covid-19, Sebanyak 33 Orang Sembuh

Kemudian di India terdapat 14 WNI dengan rincian 10 pasien sembuh dan 4 pasien lainnya stabil.

27 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Pemerintah Siap Realisasikan Putusan MA yang Batalkan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan sudah membaca dan mempelajari isi putusan Mahkamah Agung (MA) yang membatalkan

27 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Penginapan dan Fasilitas Sangat Membantu Kesejahteraan Perawat Pasien Covid-19

Penginapan ini juga sangat dibutuhkan mengingat sempat adanya stigma negatif kalau tenaga kesehatan

27 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Sejarah dan HUT BSSN ke-74, Akan Wujudkan Tata Kelola Keamanan Siber

Kepala BSSN Letjen (Purn) Hinsa Siburian menyampaikan tujuan utama BSSN ke depan adalah mewujudkan tata kelola

27 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Tertipu Antar Penumpang Banyumas-Solo dan Tak Dibayar, Driver Ojol Ini Hanya Ingat Ciri-cirinya

Mulyono (59) driver ojek online yang menjadi korban penipuan oleh penumpangnya mengaku tak mengenal pelaku

27 menit Tribunnews

ANTARA NEWS

Jatim upayakan stimulus ekonomi bagi warga terkena PHK dampak COVID-19

Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengupayakan stimulus ekonomi bagi ribuan warganya di berbagai kabupaten/kota wilayah setempat yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau "dirumahkan" sebagai dampak dari pandemik ...

27 menit Antaranews