Sepakbola di Negara Kecil Ini Melawan Virus Corona

Sepakbola di dua negara kecil, yakni Nepal dan Bhutan melawan Corona. Ada sumbangan untuk tenaga medis, sampai pemberian fasilitas untuk menampung pasien.
« Kembali Baca berita lengkap »

Detik

Keren! Mercedes Bikin Alat Bantu Pernapasan untuk Lawan Corona

Sebuah inovasi dilakukan tim Formula 1 asal Inggris, Mercedes. Mereka membuat sebuah alat yang memudahkan pasien virus corona untuk bernapas. Wow!

5 jam50 menit Detik

Detik

Mau Setim dengan Mendy dan Maguire Lawan Corona? Ini Caranya

Premier League punya gerakan #WeAreOneTeam. Para pemainnya pun kompak untuk mengimbau fan sepakbola tetap di rumah di tengah pandemi virus Corona.

5 jam50 menit Detik

Detik

Asli Bandung, Calon Istri Sule Berhijab Sesuai Kriteria

Sule dan calon istrinya terpaut usia 14 tahun. Calon istrinya yang berusia 29 tahun itu disebut Sule berhijab sesuai dengan kriteria.

5 jam50 menit Detik

Detik

Hoax soal Video Mesum, Soraya Rasyid: Semoga Dapat Ganjaran

Soraya Rasyid membantah keras soal adanya video mesum yang mirip dirinya. Sang aktris kemudian disarankan untuk mempolisikan orang yang menyebar hoax tersebut.

5 jam50 menit Detik

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

Detik

Terduga Seleb Korea Pelanggan 'Nth Room' hingga Pengakuan Korban

Salah satu pelaku bernama Cho Jubin belum lama ini berhasil diamankan oleh pihak kepolisian. Ia diduga sebagai operator dari 100 ruang chat.

5 jam50 menit Detik

Detik

Soraya Rasyid Jawab Tegas Soal Video Mesum

Beredar video mesum yang diduga pemerannya adalah Soraya Rasyid. Sang presenter pun dengan tegas menjawabnya.

5 jam50 menit Detik

Detik

Ada Impor dari China, Harga Bawang Putih Bisa Turun ke Rp 30.000/Kg?

Pemerintah berharap setelah bawang putih impor dari China masuk, harga bisa ditekan hingga Rp 30.000/kilogram (kg).

5 jam51 menit Detik

Detik

Bayar Zakat Tak Terhalang Physical Distancing, Ini Solusinya

Zakat online atau mobile donating menjadi hal populer saat ini. Selain mudah, banyak manfaat yang didapat dari mobile donating.

5 jam51 menit Detik

Detik

Corona Makin Mewabah, RI Disarankan Segera Lockdown!

Angka kasus positif virus sudah menyentuh lebih dari seribu orang. Opsi mengisolasi wilayah alias lockdown makin gencar disuarakan.

5 jam51 menit Detik

Detik

Begini Skema Pembatasan Kendaraan Keluar-masuk Jakarta via Tol

Seandainya kebijakan pembatasan perjalanan dari dan ke Jakarta bakal diterapkan, begini skema penutupannya.

5 jam51 menit Detik

Detik

Imbas Virus Corona, Maskapai Inggris Grounded Seluruh Pesawatnya

Maskapai Inggris, easyJet menyatakan telah mengandangkan (grounded) seluruh armada pesawatnya dikarenakan pandemi virus corona.

5 jam51 menit Detik

Detik

PM India Minta Maaf Atas Lockdown, Sehari 518 Pasien Corona Meninggal di AS

Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi meminta maaf kepada kaum miskin di negeri itu atas lockdown karerna virus corona yang berujung kekacauan besar.

5 jam52 menit Detik

Detik

Cegah Penularan Virus Corona, Kota Padang Berlakukan Jam Malam

"Hari ini saya sudah menandatangani sebuah surat keputusan berisi instruksi tentang pemberlakuan jam malam di kota Padang," kata Mahyeldi.

5 jam52 menit Detik

Detik

Kirim Surat, Plt Gubernur Aceh Janji Akan Lindungi Tim Medis Tangani Corona

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengirim 'surat cinta' untuk tim medis yang menangani Corona. Nova memastikan pemerintah Aceh bakal melindungi petugas medis.

5 jam52 menit Detik

Detik

Terlibat Transaksi Narkoba, Calon Siswa Tamtama Polri Ditangkap

Seorang calon siswa Tamtama Polri berinisial WH kedapatan melakukan transaksi narkoba jenis sabu. WH pun dibekuk polisi.

5 jam52 menit Detik

Detik

Pernyataan Lengkap Anies soal 283 Orang Dimakamkan dengan Protap Corona

Gubernur Anies Baswedan menyebut ada 283 pemulasaran-pemakaman dengan protap penanganan virus Corona di Jakarta selama Maret 2020. Begini pernyataan lengkapnya:

5 jam52 menit Detik

Detik

Cegah Corona, Pemkab Bogor Akan Sekat Warga Jakarta hendak ke Vila

"Kita akan sekat untuk membatasi orang dari Jakarta, ngumpet di vila-vila," kata Bupati Bogor Ade Yasin.

5 jam52 menit Detik

Detik

Pandemi Corona, Pemkot Tutup Akses ke Samarinda-Berlakukan Jam Malam

Jaang menjelaskan rencana menutup akses penghubung antarkota, terutama jalur penghubung kota Samarinda dan Kota Balikpapan.

5 jam53 menit Detik

Detik

Walkot Depok Imbau Perkantoran-Pemilik Usaha Terapkan Pola WFH

Seluruh perkantoran hingga tempat-tempat usaha di Kota Depok diimbau untuk menghentikan sementara kegiatannya dan menggantinya dengan work from home (WFH).

5 jam53 menit Detik

Detik

36 Orang di Makassar Positif Corona, Pemkot Perketat Akses ke Pulau

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memperketat akses masuk dan keluar pulau-pulau di wilayahnya.

5 jam53 menit Detik

Detik

496 TKI dari Malaysia Dipulangkan Lewat Riau Hari Ini

"Kita menerima laporan hari ini total ada 496 orang TKI yang pulang dari Malaysia," kata Riski.

5 jam53 menit Detik

Detik

Walkot Perintahkan Warga Bekasi Tetap di Rumah 14 Hari untuk Cegah Corona

Walkot Bekasi, Rahmat Effendi, memerintahkan warganya untuk tetap berada di rumah dan tidak berpergian selama 14 hari ke depan untuk mencegah penyebaran Corona.

5 jam53 menit Detik

KONTAN

Taiwan protes WHO karena tak bagikan informasi terkait covid-19 yang disediaannya

Taiwan protes ke WHO karena tak bagikan informasi tentang covid-19 yang disediaannya untuk negara anggota PBB.

6 jam27 menit Kontan

KONTAN

Kamboja larang ekspor beras biar stok nasional aman selama wabah corona

Kamboja akan melarang ekspor beras untuk memastikan keamanan pangan lokal selama krisis virus corona baru

6 jam28 menit Kontan

KONTAN

Salip China, kasus virus corona di Spanyol melonjak jadi 85.195 kasus

Jumlah kasus virus corona baru di Spanyol, Senin (30/3), melonjak menjadi 85.195

6 jam28 menit Kontan