Saat Didekati, Istri Tak Tahu Kalau Wendy 'Cagur' Artis

Ada kenangan unik dari hubungan Wendy 'Cagur' dan Ayu, sang istri.
« Kembali Baca berita lengkap »

Detik

Suap Demi Keterima Jadi PNS Sudah Dianggap Wajar?

BKN akhirnya angkat suara terkait dengan hasil survei yang menyatakan bahwa masyarakat menganggap praktik suap untuk jadi PNS merupakan hal yang wajar.

8 jam59 menit Detik

Detik

Penunggak Pajak di DKI, dari Aston Martin hingga Lamborghini

Rupanya banyak kendaraan bermotor di Jakarta yang masih menunggak pajak. Nilai tunggakannya pun tak tanggung-tanggung.

8 jam59 menit Detik

Detik

Menuju Ibu Kota Baru, Naik Pesawat hingga Kapal Cepat

Simak perjalanan detikcom menuju ibu kota baru di Kalimantan Timur.

8 jam59 menit Detik

Detik

Bor Raksasa dari China Wara-wiri di Bawah Tol Japek Bulan Depan

Bor raksasa dari China akan segera digunakan untuk membangun Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Bor ini akan wira-wiri di bawah Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

8 jam59 menit Detik

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

Detik

Daur Ulang Tong Bekas Jadi Barang Berharga

Ade Hidayat (58), menyulap tong bekas menjadi berharga. Tong bekas itu dijadikan sebagai tempat sampah, gerobak sampah hingga perabotan rumah tangga.

8 jam59 menit Detik

Detik

Polres Lingga di Kepri Bentuk Satgas Karhutla

Polres Lingga di Provinsi Kepri kini membentuk satuan tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Posko penanggulangan bencana asap juga disiapkan.

9 jam0 menit Detik

Detik

Menyeberangi Teluk Balikpapan, Menuju Ibu Kota Baru

Penajam Paser Utara merupakan lokasi yang diputuskan Jokowi sebagai Ibu kota baru. Untuk membuktikannya, kami menyambangi Kabupaten ini.

9 jam0 menit Detik

Detik

MK: Jika Benar UU KPK Mau Digugat, Publik Silakan Pantau

"Sekiranya rencana itu benar. Kami ikuti prosesnya, publik silakan turut memantau dan memonitor," kata Juru Bicara MK, Fajar Laksono.

9 jam0 menit Detik

Detik

Aturan Batas Minimal Menikah Usia 19 Tahun Berlaku Efektif Sejak Diundangkan

DPR mengubah batas minimal menikah yaitu baik laki-laki dan perempuan sama-sama harus sudah menginjak usia 19 tahun. Sejak kapan aturan itu berlaku?

9 jam0 menit Detik

Detik

Ketua KNPB Ditangkap Terkait Kerusuhan di Jayapura

Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Agus Kossay, ditangkap tim Polda Papua. Agus yang berstatus tersangka ini diduga sebagai dalang kerusuhan di Jayapura.

9 jam0 menit Detik

Detik

Asap Karhutla Masih Pekat, Jarak Pandang di Pekanbaru 500 Meter

Asap pekat imbas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih menyelimuti Riau. Asap pagi ini kian pekat, jarak pandang di Pekanbaru hanya tembus 500 meter saja.

9 jam0 menit Detik

Detik

Bantahan Total Pendiri Kaskus soal Beli Gedung yang Jadi Kasus

Andrew membantah segala tudingan pelapor, Titi Sumawijaya. Dia tegaskan tidak pernah terlibat pinjam-meminjam uang ataupun jual-beli gedung dengan Titi.

9 jam0 menit Detik

Detik

UU KPK Mau Digugat ke MK, PKS: Hak Setiap Warga Negara

"Setiap warga negara Indonesia berhak untuk mengajukan judicial review terhadap perundang-undangan," kata Ketua DPP PKS Ledia Hanifa.

9 jam0 menit Detik

Detik

Jalan Panjang Memvonis Mati Penyelundup 1,6 Ton Sabu

Hakim agung Surya Jaya, Desnayeti dan Eddy Army memvonis mati empat WN China penyelundup sabu 1,6 ton. Eksekusinya kini berada di tangan jaksa.

9 jam0 menit Detik

Detik

Pengesahan Revisi UU KPK, DPR-Pemerintah Dinilai Terjebak Relasi Transaksional

Formappi) menilai terjadi bencana saat DPR mengesahkan UU KPK dalam waktu singkat. Mereka menilai ada hubungan transaksional antara eksekutif dengan legislatif.

9 jam0 menit Detik

TRIBUNNEWS

Pengamat: Ada Peran Kepala BIN di Balik Pertemuan Jokowi dan 61 Tokoh Papua

Pertemuan itu tak lepas dari peran Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang juga hadir dalam pertemuan yang dilakukan di Istana Negara tersebut.

10 jam8 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Mengenal Alergi-Alergi yang Aneh, Tubuh Kena Ruam Setelah Sentuh Ponsel Hingga Gatal karena Air

Alergi itu sangat beragam. Saking beragamnya, ada beberapa orang yang mengalami alergi aneh.

10 jam9 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

'Bantahan' Telak Elza Syarief Soal Ramalan Roy Kiyoshi Terkait Akhir Kasus Nikita, Bagaimana Hotman?

Lantas, seperti apa tanggapan Elza Syarief soal ramalan Roy Kiyoshi tentang akhir kasusnya dengan Nikita Mirzani?

10 jam9 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

9 Kelakuan Penumpang Paling Menyebalkan Menurut Pramugari, Termasuk Perihal Sabuk Pengaman

hasil survei sederhana terhadap sejumlah polah paling menyebalkan yang pernah dilakukan penumpang di dalam pesawat menurut pramugari.

10 jam9 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Prajurit TNI Salat Beralaskan Daun di Sela Tugasnya Padamkan Kebakaran Hutan

"Walaupun sedang bertugas di lapangan, ibadah merupakan prioritas, sebagai ungkapan syukur kepada Sang Khalik," ujarnya Dandim.

10 jam9 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Pegawai KPK Nyanyikan Lagu Gugur Bunga, Aksi Massa Berakhir Ricuh di Depan Gedung Merah Putih

Aksi protes para pegawai KPK sempat ricuh di halaman Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2019).

10 jam9 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

VIRAL Video Dewasa Siswi SMA di Prabumulih: Modus Video Call Seks, Direkam, Lalu Ancam Disebar

Warga yang telah melihat video dan foto, meyakini yang mengenakan pakaian mirip seragam SMA Negeri di Prabumulih, memang siswi SMA di Prabumulih.

10 jam9 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Live Streaming TVRI China Open 2019: Court 1 Ahsan/Hendra dan Ginting, Akses di Sini

Akses link streaming pertandingan bulutangkis bertajuk China Open 2019 babak 32 besar hari kedua pada hari ini dapat diakses melalui berita ini.

10 jam9 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Videonya Viral, Wajah Ibu-ibu Berantem Rebutan Rendang di Kondangan Dikenali, Sering Main Film

Sepanjang Rabu (17/9/2019) sejak pagi hingga malam, sebuah video yang memperlihatkan pertengkaran 2 emak-emak di sebuah kondangan, menjadi viral.

10 jam9 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Harga Sulam Lesung Pipi Barbie Kumalasari Terkuak, Istri Galih 'Permak' Wajah Bareng Elly Sugigi

Barbie Kumalasari, pemilik lagu berjudul 'Cinta Sejati' ini tampak memiliki lesung pipi setelah mendapatkan endorse dari sebuah klinik kecantikan.

10 jam9 menit Tribunnews