Heboh Temuan Pria Luka Sayat Bersimbah Darah di Rel KA Jatinegara

ria itu ditemukan dalam kondisi luka sayat di lengannya da bersimbah darah. Belum diketahui identitas pria itu.
« Kembali Baca berita lengkap »

TRIBUNNEWS

Minum Kopi Cleng agar Perkasa, Belasan Pria di Sumedang Malah Sulit Berdiri hingga seperti Stroke

Minum kopi Cleng atau kopi Jantan, belasan pria di Sumedang keracunan seperti lumpuh hingga sulit bicara dan dilarikan ke RSUD Kabupaten Sumedang.

7 jam35 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Memadamkan Api Tanpa Air, Inilah Cara Australia Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan

Australia memiliki cara pemadaman kebakaran lahan tanpa menggunakan air, dua diantaranya dilakukan di Queensland dan New South Wales, Australia

7 jam35 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Spesifikasi dan Harga Oppo A5 2020, Ponsel Menengah Oppo dengan 4 Kamera

Inilah Harga dan Spesifikasi Oppo A5 2020. Oppo A5 2020 dipatok dengan harga Rp 2.399.000 untuk RAM 3 GB/64GB dan Rp 2.999.000 untuk RAM 4GB/128GB

7 jam35 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Liverpool Kalah, Jurgen Klopp: Sungguh Kekalahan Yang Menyakitkan

Liverpool harus menelan pil pahit setelah dikalahkan oleh Napoli di pekan perdana Liga Champions 2019/2020, Rabu (18/9/2019).

7 jam35 menit Tribunnews

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

TRIBUNNEWS

Begini Wujud Saat Dua Ular Jantan Duel Memperebutkan Betina

Pertarungan dua ular jantan ini tergambar jelas lewat foto yang diunggah oleh penyedia jasa penangkapan ular yang berbasis di Brisbane, Australia

7 jam35 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Revisi UU KPK Disahkan, Pegawai KPK Bawa Bendera Kuning dan Nyanyi Gugur Bunga: Koruptor Akan Tertawa

Setelah revisi UU KPK disahkan DPR, para pegawai KPK membawa bendera kuning dan menyanyikan gugur bunga sebagai tanda duka cita atas melemahnya KPK.

7 jam35 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Ramalan Zodiak Hari Ini Rabu 18 September 2019 Aries Nostalgia, Cancer Banyak Tugas, Aquarius Lelah

Intip zodiak hari Rabu 18 September 2019 Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius, dan Pisces.

7 jam35 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Jadwal Timnas U16 Indonesia vs Kep Mariana Malam Ini di RCTI, Kualifikasi Piala Asia U16

Simak jadwal kualifikasi Piala Asia U16 2020 hari ini di RCTI, Timnas U16 Indonesia vs Kepulauan Mariana.

7 jam35 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Rasio Kredit Macet Menurun, Bank Makin Hati-hati Salurkan Kredit UMKM

Rasio kredit bermasalah/macet (non performing loan/NPL) segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) perbankan terus melandai.

7 jam35 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Pulang Liburan, Wanita Ini Temukan Lubang Aneh di Lengannya

Seorang wanita berambut pirang baru-baru ini berkunjung ke Amerika Tengah. Saat dia kembali ke rumah, dia mulai menyadari adanya sebuah lubang aneh.

7 jam35 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Peringatan Dini BMKG Gelombang Tinggi Perairan Indonesia Hari Ini, Ketinggian Capai 4 Meter

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi sejumlah wilayah perairan Indonesia.

7 jam35 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

4 Nama Ini Dinilai Layak Dipilih Kembali Menjadi Menteri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) disarankan memilih calon menteri yang bisa menjawab kebutuhan bangsa.

7 jam36 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Anak Zaskia Adya Mecca Alergi Kucing Tingkat 5, Mata Memerah Sampai Bibir Jadi Bengkak

Punya Alergi Kucing Parah, Anak Zaskia Adya Mecca Alami Bibir Bengkak Sampai Mata Bengep Memerah

7 jam36 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

KPK Minta Hakim Tolak Gugatan Praperadilan Kasus Century

KPK meminta hakim menolak gugatan praperadilan dari Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) terkait penanganan kasus korupsi Bank Century.

7 jam36 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

KAI Bakal Tutup Puluhan Perlintasan Sebidang di Jakarta

PT KAI (Persero) Daerah Operasional (Daop) I Jakarta bakal menutup sejumlah perlintasan kereta api yang tidak resmi.

7 jam36 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Sebulan Setelah Lamaran, Aktor Meidian Maladi Resmi Nikahi Gina Fitri, Intip Foto-foto Pernikahannya

Acara akad nikah berlangsung pada Selasa kemarin (17/9/2019) dengan memakai adat sunda.

7 jam36 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Kejutan dari Liga Champions Tadi Malam: Chelsea dan Liverpool Kalah

Hasil lengkap Liga Champions tadi malam Selasa (17/9/2019) dan Rabu (18/9/2019) pagi. Barcelona dan Inter ditahan imbang, Chelsea dan Liverpool kalah

7 jam36 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Atletico Vs Juventus - Catatan Pertemuan dan Kemungkinan Balas Dendam

Atletico Madrid punya kesempatan untuk balas dendam saat kembali bertemu dengan Juventus di Liga Champions.

7 jam36 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Cerita Lengkap Bayi Hadijah, Minum Kopi Setiap Hari Sejak Usia 6 Bulan, Dapat Bantuan Susu dan Biskuit

Meski mengkonsumsi kopi, pertumbuhan Hadijah sama seperti bayi pada umumnya, bahkan di usia 14 bulan, Hadijah sudah mahir berjalan dan aktif bermain.

7 jam36 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Sederet Trik Oknum Polisi Lakukan Tindak Asusila Pada Bocah, Ngajar Ngaji Hingga Ancaman Azab

Sederet Trik Oknum Polisi Lakukan Tindak Asusila Pada Bocah, Ngajar Ngaji Hingga Ancaman Azab

7 jam36 menit Tribunnews

ANTARA NEWS

1.313 titik panas Karhutla terdeteksi di Sumatera

Sebanyak 1.313 titik panas indikasi awal kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bermunculan di wilayah Sumatera pada Rabu pagi. “Daerah paling banyak masih di Jambi dan Sumatera Selatan sekitar 400-an, di Riau ada 300-an ...

7 jam36 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Ahli hukum: Presiden dapat segera lantik pimpinan KPK baru

Ahli hukum Bambang Saputra menilai Presiden Joko Widodo dapat mempercepat pelantikan pimpinan KPK baru, dan meminta DPR memberhentikan pimpinan KPK yang ada saat ini lantaran dianggap membuat suasana menjadi tidak ...

7 jam36 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Jarak pandang di Pekanbaru anjlok jadi 500 meter

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau pada Rabu pagi makin pekat, dan menyebabkan jarak pandang turun drastis tinggal 500 meter di Kota ...

7 jam36 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Hiburan pindah ke daerah penyangga sebabkan pajak tak tercapai

Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Provinsi DKI Jakarta Faisal Syafruddin mengakui penyebaran hiburan ke daerah penyangga menjadi salah satu faktor penyebab tidak tercapainya target penerimaan pajak hiburan tahun ...

7 jam36 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Kemarin, Anies berangkatkan tim ke Riau hingga tilang di palang kereta

Berita metropolitan Selasa (17/9/2019) diawali DKI Jakarta Anies Baswedan memberangkatkan unit satuan tugas (Satgas) penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ke Provinsi Riau. Selain itu, telah diberlakukan ...

7 jam37 menit Antaranews