Liga 2 Kickoff Seminggu Lagi, Masih Banyak Klub yang Bermasalah

Liga 2 2019 akan segera kickoff. Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) belum mau beri rekomendasi bergulirnya kompetisi karena banyak klub bermasalah.
« Kembali Baca berita lengkap »

Detik

Thomas Djorghi Ternyata Sempat Punya Kekasih

Menjalin persahabatan sejak lama ternyata tak membuat Cut Tari merahasiakan soal kehidupan asmara Thomas Djorghi.

21 jam36 menit Detik

Detik

Kekuatan Pentas Kelas Dunia 'I La Galigo' Bisa Gaet Generasi Milenial

Berasal dari naskah tua 'Sureq Galigo' khas Suku Bugis, pementasan 'I La Galigo' mampu menggaet segala lapisan masyarakat termasuk anak muda.

21 jam36 menit Detik

Detik

I.O.I Dikabarkan akan Reuni Tanpa So Mi dan Yoo Yeon Jung

Menurut sebuah laporan eksklusif, I.O.I dikabarkan akan segera melangsungkan comeback reuni yang telah lama ditunggu-tunggu oleh penggemar.

21 jam36 menit Detik

Detik

Soal Kurs Rupiah, BI Lebih Pede Ketimbang Pemerintah

Tahun depan, Bank Indonesia (BI) menargetkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di kisaran Rp 13.900 - Rp 14.300.

21 jam36 menit Detik

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

Detik

Restoran di Pusat Hong Kong Diserbu Peserta Demo

Peserta demo yang kelaparan menyerbu restoran dan kedai-kedai makan di pusat Hong Kong hingga ludes.

21 jam36 menit Detik

Detik

Uji Coba Aturan Baru Ojol Berakhir, Ini Daftar Tarif yang Berlaku

Kementerian Perhubungan bakal mengakhiri masa uji coba aturan baru ojek online (ojol). Setelah masa uji coba berakhir maka tarif baru ojol berlaku penuh.

21 jam37 menit Detik

Detik

Golkar Bahas Jatah Kursi Menteri Usai Putusan MK

DPP Partai Golkar belum membahas soal nama-nama calon menteri di kabinet Jokowi. Golkar akan membahas setelah selesai sengketa Pilpres di MK.

21 jam37 menit Detik

Detik

Anies Buka-bukaan soal Penerbitan IMB di Pulau Reklamasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka-bukaan soal penerbitan IMB di pulau reklamasi.

21 jam37 menit Detik

Detik

Tak Izinkan Unjuk Rasa di MK, Polisi: Kalau Ada Massa Diarahkan ke IRTI

"Jika ada yang mengajukan surat pemberitahuan (menggelar unjuk rasa) kita arahkan ke IRTI. Jadi tidak di bolehkan ke MK," kata Argo Yuwono.

21 jam37 menit Detik

Detik

Pengamat Asing Protes Dikutip Prabowo, TKN Jokowi Yakin BPN Malu

"Saya menduga mereka malu, kemudian secara serampangan mengajukan data ke MK," kata Abdul Kadir Karding soal data yang diajukan tim Prabowo-Sandi ke MK.

21 jam37 menit Detik

Detik

Mayat Wanita Ditemukan Membusuk di Kamar Kos di Jambi

Jasad Yuni (54) ditemukan dengan kondisi penuh luka dan membusuk di kamar kosnya di Kotabaru, Jambi sore tadi. Diduga Yuni tewas dibunuh seseorang.

21 jam37 menit Detik

Detik

Dituntut 1,5 Tahun Bui Karena Kasus Narkoba, WN Inggris Minta Direhabilitasi

Warga Negara (WN) Inggris Christopher James Machreth dituntut 1,5 tahun penjara karena kasus narkoba.

21 jam37 menit Detik

Detik

Gugatan Prabowo-Sandi Bikin KPU Kebingungan

Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menggugat KPU ke MK. Dua materi gugatan Prabowo-Sandi membuat KPU bertanya-tanya keheranan. Ini gugatan yang bikin KPU heran.

21 jam37 menit Detik

Detik

Mengapa Tak Bongkar Bangunan Reklamasi dan Pilih Beri IMB? Anies Buka Suara

Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan bangunan di Pulau Reklamasi tidak dibongkar karena harus mematuhi Pergub Nomor 206 Tahun 2016.

21 jam37 menit Detik

Detik

Gempa Magnitudo 5,3 Terjadi di Bengkulu, Tak Berpotensi Tsunami

Pusat gempa berada di laut, 231 kilometer Enggano-Bengkulu.

21 jam37 menit Detik

Detik

Geger Januar Bawa Lari Mobil Damkar

Aksi Januar Darman (36) pagi hari tadi membuat geger publik. Januar tanpa ragu 'membawa lari' mobil damkar Sudin Jakarta Utara.

21 jam37 menit Detik

TRIBUNNEWS

Sakit Hati Sang Istri Punya Akun Sosmed Tanpa Izin, Pria Ini Culik dan Aniaya Anak Tirinya

Karena si ibu mempunyai akun media sosial tanpa seizinnya, pria ini sakit hati lalu menculik dan menganiaya anak tirinya yang masih berusia 15 tahun.

22 jam33 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Pemprov DKI Terbitkan IMB 932 Bangunan di Pulau Reklamasi, Kata Anies Baswedan hingga Rencana DPRD

Langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang menerbitkan izin mendirikan bangunan (IMB) untuk 932 bangunan di Pulau D, pulau hasil reklamasi

22 jam33 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Meisya Siregar Dapat Wejangan Khusus dari Bebi Romeo Usai Mantap Berhijab

Meski sempat dihantui perasaan ragu, istri Bebi Romeo itu pun akhirnya mantap menutup rambut indahnya.

22 jam33 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Dari Saddil hingga Hambali, Persela Tim Semenjana Pemoles Bakat Muda

Kabar pemain muda Indonesia, Hambali Tolib, yang mendapat kesempatan trial di Kroasia patut membuat Persela Lamongan berbangga.

22 jam33 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Zaskia Adya Mecca Ungkap Rahasia Pengasuh Anaknya Betah Kerja dengan Keluarganya

Pengasuh anak Zaskia Adya Mecca rela tak mudik saat lebaran. Istri Hanung Bramantyo ini ungkap kenapa mereka betah kerja bersamanya.

22 jam33 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Wanita Berinisial A, Mantan Trainee YG Entertainment DidUga Terlibat Skandal Narkotika B.I eks iKON

Media Edaily menyebutkan bahwa wanita berinisial A yang menjual narkoba kepada B.I iKON diduga Han Seo Hee.

22 jam33 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Kronologi Suami Gadaikan Istri Rp 250 Juta Kepada Pria Lain Hingga Berujung Pembacokan Salah Sasaran

Hori berterus terang mengakui bahwa latar belakang dari pembunuhan itu adalah soal penggadaian istrinya kepada pria lain.

22 jam33 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Ungkapan Bahagia Cut Tari Rayakan Ultah Thomas Djorgi ke-50, 'Dia Punya Tempat Spesial di Hati Saya'

Cut Tari mendapatkan potongan kue pertama dari Thomas Djorghi yang berulang tahun ke-50 pada Rabu (12/6/2019).

22 jam33 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Polisi Amankan 7 Pria Tiongkok Calon Pengantin Kawin Kontrak dengan Perempuan Indonesia

Sembilan orang tersebut masing-masing tujuh warga negara asing ( WNA) asal Tiongkok dan dua warga negara Indonesia.

22 jam33 menit Tribunnews