Duh! AirAsia Indonesia Bisa Setop Beroperasi Hingga 3 Bulan

AirAsia Indonesia menilai perpanjangan masa penghentian penerbangan reguler satu hingga tiga bulan ke depan menjadi opsi terbaik saat pandemi Covid-19.
« Kembali Baca berita lengkap »

JPNN.

Bursa Transfer: Bomber Arsenal ke Inter, Bintang City ke MU

JPNN.com, MILAN - Inter Milan tampaknya sudah rela kehilangan penyerang andalannya, Lautaro Martinez, pada bursa transfer musim panas nanti.

18 jam36 menit Jpnn

JPNN.

Liga 1 Idealnya Digelar Oktober

JPNN.com, JAKARTA - Manajemen Persita Tangerang mengusulkan Liga 1 Indonesia idealnya digelar pada Oktober, karena akan memberikan waktu yang cukup bagi PSSI melakukan kajian-kajian sembari melihat perkembangan COVID-19 di tiap daerah.

18 jam36 menit Jpnn

JPNN.

Kantor BRI Sudah 85 Persen Beroperasi Kembali dengan Terapkan Protokol The New Normal

JPNN.com - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk secara bertahap telah memulihkan operasional layanan perbankan di wilayah terdampak COVID-19. Saat ini hanya sekitar 1.500 kantor yang belum beroperasi, atau sekitar 15 persen dari total kantor BRI di seluruh Indonesia yang berjumlah lebih dari 9.500 kantor.

18 jam36 menit Jpnn

JPNN.

Rayakan HUT Ke-47, Asuransi Jasindo Siap Terapkan New Normal

JPNN.com, JAKARTA - JPNN.com, JAKARTA - PT Asuransi Jasa Indonesia (Asuransi Jasindo) siap beradaptasi dan menerapkan sistem new normal. Sebagai industri yang bergerak di bidang jasa keuangan nonperbankan, Asuransi Jasindo siap menjalankan pengelolaan operasi dengan cara baru dan tetap mengedepankan pelaksanaan protokol-protokol kesehatan.

18 jam36 menit Jpnn

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

JPNN.

Rektor Uncen Berharap Orang Asli Papua Diangkat Untuk Menempati Posisi Strategis di BUMN

JPNN.com, JAKARTA - Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen), Jayapura, Papua, Dr. Apolo Safanpo memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintahan Joko Widodo dan Ma’aruf Amin atas perhatiannya kepada masyarakat di Tanah Papua.

18 jam36 menit Jpnn

JPNN.

Uang Calon Jemaah Haji Belum Disetor ke Arab Saudi

JPNN.com, JAKARTA - Keputusan pemerintah membatalkan penyelenggaraan ibadah haji 2020 menimbulkan pro kontra di kalangan masyarakat.

18 jam36 menit Jpnn

JPNN.

BW Puji Novel Baswedan Terkait Penangkapan Nurhadi, Neta IPW: Jangan Membuat Intrik

JPNN.com, JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) mengkritik mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  Bambang Widjojanto (BW) terkait peran penyidik KPK Novel Baswedan dalam penangkapan buronan mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi, Senin (1/6).

18 jam36 menit Jpnn

JPNN.

Tidak Ada yang Terprovokasi Omongan Ruslan Buton Hingga Melakukan Makar

JPNN.com, JAKARTA - JPNN.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto menilai ada sejumlah kejanggalan dalam penanganan kasus Ruslan Buton.

18 jam36 menit Jpnn

JPNN.

Warning Hergun Gerindra kepada Pemerintah soal Wacana Dana Haji untuk Jaga Rupiah

JPNN.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan meminta pemerintah berhati-hati dengan wacana tentang penggunaan dana haji untuk memperkuat nilai tukar rupiah. Sebab, dana haji merupakan hal sensitif.

18 jam37 menit Jpnn

JPNN.

Inilah Syarat dan Prosedur Pengembalian Setoran Pelunasan Biaya Haji 2020

JPNN.com, JAKARTA - Kementerian Agama memberikan kesempatan kepada calon jemaah haji yang sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) 2020 untuk mengambil setoran pelunasan.

18 jam37 menit Jpnn

WOWKEREN

Kenyang 'Makan' Hujatan, Kekeyi Berhasil Punya Sejumlah Properti Berkat Kerja Kerasnya

Kerja keras Kekeyi menghadapi berbagai caci dan maki dari netizen akhirnya membuahkan hasil. Usahanya berkarier di dunia hiburan Tanah Air membuat ia bisa memiliki berbagai properti.

18 jam37 menit Wowkeren

WOWKEREN

Ketiga Anaknya Terlahir Dari Ayah Yang Berbeda, Nikita Mirzani Nangis Saat Berpesan Ini Ke Loli

Nikita Mirzani menceritakan bagaimana perjuangannya membesarkan ketiga buah hatinya seorang diri. Kendati demikian, ia menyampaikan pesan kepada putri pertamanya yang biasa ia panggil Loli.

18 jam37 menit Wowkeren

WOWKEREN

Postingan Jung Kyung Ho Kangen Syuting 'Hospital Playlist' Langsung Jadi Bahan Gosip

'Hospital Playlist' yang dibintangi Jo Jung Suk dan Yoo Yeon Seok mengakhiri penayangan di tvN dengan rating mencatat rekor baru sepanjang tayang sebesar 14,1 persen.

18 jam37 menit Wowkeren

WOWKEREN

Surabaya Tetap Buka Mal Walau Zona Hitam Corona, Khofifah Sigap 'Senggol' Risma

Pusat perbelanjaan dan sejumlah fasilitas publik Surabaya tetap beroperasi normal kendati wabah virus Corona makin tak terkendali. Gubernur Jatim Khofifah pun memberikan klarifikasi sebagai berikut.

18 jam37 menit Wowkeren

WOWKEREN

Warga Inggris Protes Usai Pemerintah Keluarkan Larangan Berhubungan Badan Demi Cegah Corona

Tagar #SexBan langsung menjadi trending topic di Twitter di wilayah Inggris lantaran warga melampiaskan kekesalan mereka. Aturan itu muncul setelah Inggris melonggarkan lockdown.

18 jam37 menit Wowkeren

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

WOWKEREN

Usung Konsep Gelap, TXT Tampilkan Tatapan Mata Kuat Dalam Teaser MV Ke-2 'PUMA'

Big Hit Entertainment selaku agensi beberapa waktu lalu telah merilis teaser MV pertama 'PUMA'. Pada kemarin, Selasa (2/6) agenis kembali merilis teaser MV ke-2 untuk lagu tersebut.

18 jam37 menit Wowkeren

WOWKEREN

Sikap Widi Mulia 'Janggal' Tak Jenguk Dwi Sasono di Penjara, Reaksi Kangen Terkuak

Widi Mulia diduga masih berduka atas penangkapan Dwi Sasono terkait pemakaian ganja. Meski tak menjenguk Dwi, Widi mengungkap rasa rindunya via sosial media.

18 jam37 menit Wowkeren

WOWKEREN

BTS Rayakan Festa 2020 Dengan Rilis Video Latihan 'Dionysus' Di Konser 'Speak Yourself Seoul'

Rabu (3/6), grup ini merilis video latihan untuk penampilan mereka membawakan 'Dionysus'. Penampilan tersebut adalah salah satu bagian dari tur stadion mereka yang bertajuk 'Speak Yourself'.

18 jam37 menit Wowkeren

WOWKEREN

Baeksang Arts Awards 2020: Hyun Bin Dan Son Ye Jin Resmi Menang Popularity Awards

Baeksang Arts Awards 2020 yang digelar pada 5 Juni mendatang bakal diadakan tanpa penonton live karena masih mengikuti aturan social distancing melawan COVID-19.

18 jam37 menit Wowkeren

WOWKEREN

V BTS Geli Dibucinin Reporter Pakai Judul-Judul Artikel Super Lebay

Baru-baru ini penggemar mengumpulkan beberapa artikel tentang V serta BTS dengan judul berlebihan dan mempostingnya ke Weverse, mendapatkan reaksi dari yang bersangkutan.

18 jam37 menit Wowkeren

WOWKEREN

Suka Posting Foto dengan Caption Super Simpel, Mawar De Jongh Mirip Lisa BLACKPINK?

Mawar Eva de Jongh ternyata punya kebiasaan yang mirip dengan Lisa BLACKPINK soal unggahan di Instagram. Keduanya suka memposting foto dengan caption yang simpel.

18 jam37 menit Wowkeren

WOWKEREN

Kemenag Buka Suara Terkait Isu Dana Haji Dipergunakan Untuk Perkuat Rupiah Di Tengah Corona

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Kementerian Agama akhirnya mengklarifikasi soal informasi yang beredar terkait dana haji 2020 yang dikabarkan akan digunakan untuk memperkuat rupiah.

18 jam37 menit Wowkeren

WOWKEREN

Ikut 'Hitamkan' Instagram, 10 Artis Indonesia Dukung Gerakan Black Lives Matter

Para selebriti Tanah Air memiliki caranya masing-masing dalam mendukung gerakan #BlackLivesMatter di media sosial. Namun semuanya memiliki tujuan yang sama, yakni memusnahkan rasisme pada kaum minorit

18 jam38 menit Wowkeren

WOWKEREN

Sahrul Gunawan Kebingungan Didesak Kembalikan Uang Jemaah Menyusul Keputusan Pembatalan Haji 2020

Sahrul Gunawan selaku pemilik travel umrah diminta mengembalikan uang calon jemaah haji yang batal berangkat tahun ini. Diketahui sebelumnya pemerintah telah resmi membatalkan ibadah haji karena pande

18 jam38 menit Wowkeren

WOWKEREN

Geger Nikita Mirzani Telanjang Dada Tatoan, Ngegas Sadis Dicibir Kalah Alim dari Putrinya

Nikita Mirzani kembali menuai kehebohan soal video dirinya telanjang dada dan memamerkan body goals. Saat diingatkan netter supaya bersikap sopan, Niki malah memberikan jawaban sadis.

18 jam38 menit Wowkeren