Apa Itu Pembatasan Sosial Skala Besar Sesuai UU Kekarantinaan Kesehatan?

Kebijakan pemerintah mengenai pembatasan sosial berskala besar, telah tertuang dalam
« Kembali Baca berita lengkap »

JPNN.

Warga Miskin Sengsara, India Kapok Terapkan Lockdown Corona

JPNN.com, NEW DELHI - India tidak memiliki rencana untuk memperpanjang lockdown atau karantina wilayah selama 21 hari yang diberlakukan untuk memperlambat penyebaran virus corona. Keputusan itu diambil demi menjaga pasokan penting terus mengalir dan mencegah puluhan ribu orang yang kehilangan pekerjaan melarikan diri ke pedesaan.

16 jam58 menit Jpnn

JPNN.

AFC Minta Malaysia Meniru Indonesia

JPNN.com, KUALA LUMPUR - Klub Liga Super Malaysia dikabarkan banyak yang mengalami krisis keuangan akibat penundaan kompetisi karena penyebaran virus corona yang masif.

16 jam58 menit Jpnn

JPNN.

Lawan Corona, DPR Dukung Karantina Wilayah Jika Diperlukan

JPNN.com, JAKARTA - Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Pembukaan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2019-2020, dihadiri 45 anggota dewan secara fisik, dan 279 yang mengikuti secara virtual lewat teleconference, Selasa (30/3).   Di meja pimpinan rapat yang digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, itu duduk Ketua DPR Puan Maharani yang memimpin rapat didampingi Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, Muhaimin Iskandar, dan Rahmat Gobel.

16 jam58 menit Jpnn

JPNN.

Pemakaman Jenazah Corona di Depok jadi Kontroversi, Sarung Tangan Dibuang Sembarangan

JPNN.com, DEPOK - Masyarakat Bedahan menolak Tempat Pemakaman Umum Islam (TPUI) Perigi menjadi lokasi peristirahatan terakhir penderita corona.

16 jam58 menit Jpnn

Belajar secara GRATIS di GOinggris

GO! Inggris adalah salah satu kursus bahasa Inggris online terbesar di Eropa, yang berencana untuk memasuki pasar Indonesia dalam beberapa minggu mendatang. Karena situasi saat ini di dunia, sangat penting bagi perusahaan kami untuk membantu dan mendukung masyarakat Indonesia dalam pendidikan bahasa Inggris digital.

Jadi kami memutuskan untuk memberikan AKSES GRATIS - selama situasi virus berlangsung * - ke PAKET PREMIUM kami yang paling kompleks, yang mencakup seluruh tata bahasa Inggris dari tingkat pemula hingga mahir. Jadi, kamu dapat menghabiskan hari-hari kamu dengan waktu belajar secara gratis selama Covid - 19.

Siapa pun dapat mendaftar secara GRATIS.

Ini sekarang merupakan peluang besar bagi PERUSAHAAN dan SEKOLAH untuk membantu karyawan atau siswa mereka belajar bahasa Inggris secara gratis.

JPNN.

Pemerintah Pusat Klaim Sudah Kirim 191.166 APD ke Daerah

JPNN.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengklaim, pemerintah pusat sudah mendistribusikan seperangkat Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 191.666 buah ke provinsi.

16 jam58 menit Jpnn

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

JPNN.

Empat Jurus Jitu Melawan Virus Corona Versi Adian Napitupulu

JPNN.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Perhimpunan Nasional Aktivis (Sekjen PENA) 98 Adian Napitupulu bersama presidium nasional Pena'98 dari sejumlah daerah di Indonesia membuat video singkat cara melawan virus Corona (COVID-19). Dalam video berdurasi 58 detik tersebut, Adian meyakini Indonesia pasti menang melawan virus yang telah menjangkiti hampir seluruh negara di dunia. Politikus PDI Perjuangan ini mengingatkan, Indonesia tidak akan bisa menang jika semua pihak saling menyalahkan. "Kita tidak akan pernah menang melawan Corona dengan marah-marah, ngomel-ngomel, saling menyalahkan," ujar Adian dalam potongan video yang diterima jpnn.com, Senin (30/3). Anggota Komisi I DPR ini kemudian menyebutkan, empat hal yang perlu dilakukan semua elemen di Indonesia untuk menang melawan Covid-19. Pertama, harus sama-sama sabar. Karena hanya dengan kesabaran manusia mampu berpikir jernih untuk menghasilkan hal-hal yang positif. "Kedua, displin tinggi untuk menjaga kesehatan dan mencegah penularan," ucapnya. Ketiga, Adian mengajak semua elemen untuk bersatu. Terutama dalam membangun solidaritas nasional, untuk saling menolong dan membantu.

16 jam59 menit Jpnn

JPNN.

1 Warga KKB Positif Corona, Pernah Kontak Sama Pendeta Klaster Lembang

JPNN.com, BANDUNG BARAT - Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) Hernawan Widjajanto mengungkapkan, dari 131 peserta rapid test corona sejak Jumat (27/3) lalu, ada satu pasien yang positif terjangkiti virus penyebab COVID-19 itu.

16 jam59 menit Jpnn

WOWKEREN

Kenang Masa Lalunya, Prilly Latuconsina Sampai Elus Dada

Prilly Latuconsina mengenang masa lalunya saat masa remaja dulu. Tak menyangka dengan perilakunya saat masih duduk di bangku SMP, Prilly hanya bisa mengelus dada.

16 jam59 menit Wowkeren

WOWKEREN

Viral Foto Awan Panas Gunung Merapi Berbentuk Tokoh Wayang Semar Dikaitkan dengan Covid-19

Beredar foto di media sosial yang menunjukkan gumpalan awan panas setelah gunung Merapi meletus belum lama ini, lantaran berbentuk seperti tokoh wayang Semar.

16 jam59 menit Wowkeren

WOWKEREN

Hanung Bramantyo Hingga Joko Anwar Hadiri Diskusi IFD Clubs Untuk Peringati Hari Film Nasional

IFDC mengadakan acara diskusi seputar profesi sutradara di Indonesia dalam rangka memperingati Hari Film Nasional. Sejumlah sutradara ternama akan menjadi pembicara dalam acara tersebut.

16 jam59 menit Wowkeren

Belajar secara GRATIS di GOinggris

GO! Inggris adalah salah satu kursus bahasa Inggris online terbesar di Eropa, yang berencana untuk memasuki pasar Indonesia dalam beberapa minggu mendatang. Karena situasi saat ini di dunia, sangat penting bagi perusahaan kami untuk membantu dan mendukung masyarakat Indonesia dalam pendidikan bahasa Inggris digital.

Jadi kami memutuskan untuk memberikan AKSES GRATIS - selama situasi virus berlangsung * - ke PAKET PREMIUM kami yang paling kompleks, yang mencakup seluruh tata bahasa Inggris dari tingkat pemula hingga mahir. Jadi, kamu dapat menghabiskan hari-hari kamu dengan waktu belajar secara gratis selama Covid - 19.

Siapa pun dapat mendaftar secara GRATIS.

Ini sekarang merupakan peluang besar bagi PERUSAHAAN dan SEKOLAH untuk membantu karyawan atau siswa mereka belajar bahasa Inggris secara gratis.

WOWKEREN

'Reaksi' Luna Maya Usai Geger Video Bareng Syahrini-Reino, Sifat Asli Terkuak?

Luna Maya sempat mendapat dukungan fans saat video dirinya mengajak Reino mendukung film Syahrini kembali dibahas. Dulunya merasa terluka dan patah hati, terkuak reaksi Luna soal masa lalunya.

16 jam59 menit Wowkeren

WOWKEREN

Sabrina Chairunnisa Buktikan Tak Pernah Oplas Lewat Potretnya 10 Tahun Yang Lalu

Sabrina Chairunnisa turut mengikuti tantangan tagar #UntilTomorrow dengan membagikan potret lawas 10 tahun lalu sekaligus sebagai bukti bahwa ia tidak pernah melakukan operasi plastik.

17 jam0 menit Wowkeren

WOWKEREN

Usai Spanyol Bermasalah dengan RTK, Kini Belanda Ogah Pakai 1,3 Juta Masker Impor Asal Tiongkok

Dari pengujian yang dilakukan, Kementerian Kesehatan Belanda menyebut jika masker-masker tersebut tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan sehingga tidak akan memakainya.

17 jam0 menit Wowkeren

WOWKEREN

Tak Takut, Raline Shah Malah Takjub Saat Bertemu dengan Hiu Paus di Laut Nabire

Hiu paus yang kerap menyinggahi perairan Nabire, memikat wisatawan dunia. Aktris cantik Raline Shah menjadi salah satu wisatawan yang terpikat dengan keelokan laut di Nabire.

17 jam0 menit Wowkeren

WOWKEREN

Pusing ART-nya Ngotot Mudik Saat Corona, Hotman Paris Minta Pemerintah Lebih Tegas

Hotman Paris kehabisan cara membujuk dua ART-nya yang tetap bersikeras untuk mudik lebaran. Ia menyebut imbauan jangan pulang kampung dari pemerintah tidak efektif.

17 jam0 menit Wowkeren

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

WOWKEREN

Social Distancing Membawa Berkah, Pria Ini Bertemu Jodoh di Tengah Pandemi Corona

Melakukan social distancing dan isolasi diri tak selamanya buruk. Pasalnya, pria asal Amerika Serikat justru bertemu dengan pujaan hatinya di tengah masa isolasi diri saat pandemi corona.

17 jam0 menit Wowkeren

WOWKEREN

Syahnaz Sadiqah Kaget Sendiri Saat Kenang Perut Buncit Ketika Hamil Anak Kembar

Syahnaz Sadiqah mengaku terkejut ketika kembali melihat potret purut buncitnya di masa mengandung bayi kembarnya, Zayn Sadavir Ezhilan Ismail dan Zunaira Alessia Safaraz Ismail.

17 jam0 menit Wowkeren

WOWKEREN

Ngakunya Puding Mahakarya, Kedok Syahrini Nyontek Resep Terbongkar?

Syahrini telaten melayani Reino Barack dan membuatkan camilan super lezat. Namun puding yang diakui sebagai mahakarya itu sukses menuai kehebohan hingga Syahrini malah dicibir tak kreatif.

17 jam0 menit Wowkeren

WOWKEREN

Nikita Mirzani Beri Sumbangan Agar Corona Segera Berakhir, Ungkap Target Bantuan Berikutnya

Beberapa waktu lalu, Nikita Mirzani memberikan sumbangan di tengah wabah virus corona. Kali ini, Nikita menceritakan target selanjutnya yang hendak ia beri bantuan.

17 jam1 menit Wowkeren

WOWKEREN

Gading Marten Unggah Foto Gempi Bareng Gisella Anastasia, Penggemar Kembali Doakan Rujuk

Gading Marten membagikan sejumlah foto sang anak yang sedang belajar di rumah. Postingan Gading berhasil mencuri perhatian lantaran keberadaan Gisella Anastasia dalam foto-foto tersebut.

17 jam1 menit Wowkeren

Belajar secara GRATIS di GOinggris

GO! Inggris adalah salah satu kursus bahasa Inggris online terbesar di Eropa, yang berencana untuk memasuki pasar Indonesia dalam beberapa minggu mendatang. Karena situasi saat ini di dunia, sangat penting bagi perusahaan kami untuk membantu dan mendukung masyarakat Indonesia dalam pendidikan bahasa Inggris digital.

Jadi kami memutuskan untuk memberikan AKSES GRATIS - selama situasi virus berlangsung * - ke PAKET PREMIUM kami yang paling kompleks, yang mencakup seluruh tata bahasa Inggris dari tingkat pemula hingga mahir. Jadi, kamu dapat menghabiskan hari-hari kamu dengan waktu belajar secara gratis selama Covid - 19.

Siapa pun dapat mendaftar secara GRATIS.

Ini sekarang merupakan peluang besar bagi PERUSAHAAN dan SEKOLAH untuk membantu karyawan atau siswa mereka belajar bahasa Inggris secara gratis.

WOWKEREN

Telanjang Dada Pamer Abs, Iko Uwais Bikin Audy Terpesona

Iko Uwais sukses bikin Audy Item dan para penggemarnya gagal fokus dengan penampilan toplessnya. Saking terpesonanya, Audy meninggalkan komentar ambigu yang membuat netizen baper.

17 jam1 menit Wowkeren

Viva.co

Waduh, Ronaldo Malah Keluyuran di Tengah Kepungan Corona COVID-19 

Ronaldo tertangkap kamera keluyuran dengan keluarganya.

17 jam1 menit Viva

Viva.co

Juventus Potong Gaji Pemain, Tanda-tanda Serie A Bakal Berhenti

Juventus melakukan pemotongan gaji pemain, pelatih, dan ofisial.

17 jam1 menit Viva

Viva.co

Terisolasi di Rusia, Khabib Pastikan Duel Lawan Tony Ferguson Batal

Khabib mempersilakan UFC 249 tetap digelar tanpa dirinya.

17 jam2 menit Viva

Viva.co

Sinopsis Power Rangers, Film Naomi Scott Cs Tayang di TV Malam Ini

Sinopsis film Power Rangers, 5 remaja berkekuatan super.

17 jam2 menit Viva

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko.