Positif Corona 28 Maret: Nasional 1.155 orang, 5 Provinsi masih Steril

Jumlah pasien positif tertular Virus Corona (Covid-19) bertambah 109 orang menjadi 1.155 pasien hingga Sabtu (28/3/2020) pukul 12.000 WIB. Lima provinsi masih steril dari kasus positif Corona, yaitu Bangka Belitung, Bengkulu, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan NTT.
« Kembali Baca berita lengkap »

JPNN.

10 Jenis Makanan dan Minuman ini Sebabkan Gigi Kuning

JPNN.com - Memiliki gigi kuning tentunya akan membuat kepercayaan diri jadi menurun, terlebih saat Anda bertemu dengan orang lain. Umumnya, hal ini disebabkan karena kebersihan gigi dan mulut yang kurang terawat secara teratur.

19 jam8 menit Jpnn

JPNN.

Saatnya Pemerintah Harus Tegas, Memberi Perintah, Bukan Imbauan!

JPNN.com, JAKARTA - Sejumlah kalangan mulai melontarkan kritik ke pemerintah terkait cara menangani wabah virus corona jenis baru, COVID-19.

19 jam9 menit Jpnn

Viva.co

Bantu Keuangan Klub, Pemain Juventus Rela Gaji 4 Bulan Dipotong

Pemain Juventus membantu keuangan klub sebesar €90 juta.

19 jam9 menit Viva

Viva.co

Potret Atlet Terseksi di Dunia saat Liburan ke Bali

Alica Schmidt, atlet lari cantik asal Jerman.

19 jam9 menit Viva

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

Viva.co

Geger Penampakan di Langit Kuwait, Warga Sekota Histeris Ketakutan

Warga memanggil nama Allah.

19 jam10 menit Viva

Detik

Tertinggi Dunia, 10 Ribu Orang Meninggal Gegara Corona di Italia

"Jika seseorang masuk akal, seseorang tidak dapat membayangkan kembali dengan cepat ke kehidupan normal," kata Conte.

19 jam11 menit Detik

Detik

BMKG: Waspada Potensi Hujan di Jaksel dan Jaktim Malam Hari

BMKG memprediksi Jakarta akan turun hujan dan angin kencang hari ini. Khususnya di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hingga malam hari.

19 jam12 menit Detik

Detik

Doa Rasulullah SAW Berlindung dari Keburukan Segala Penyakit

Nabi Muhammad berdoa agar terlindung dari keburukan segala penyakit. Berikut ini doa Rasulullah SAW agar terhindar dari penyakit.

19 jam12 menit Detik

Detik

JK Tulis Puisi soal Pandemi Corona: Bagi yang Mampu Bantu yang Rentan

"Bagi yang ahli membantu yang sakit. Bagi yang mampu membantu yang rentan," tulis JK.

19 jam12 menit Detik

TRIBUNNEWS

#DonasikanOngkosmu Kontribusi Sosial Bagi Korban Dampak Virus Corona

Ajak para pekerja kantoran yang kesehariannya menggunakan jasa layanan ride-hailing (seperti ojek ataupun taksi online)

20 jam6 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Tiga Pasien yang Berstatus Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Dengan demikian, hingga Sabtu (28/3/2020) sudah tidak ada lagi pasien yang berstatus positif Covid-19 di Kota Malang

20 jam6 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Bubarkan Warga yang Nongkrong Belasan Warkop di Aceh Utara

Kapolsek menyampaikan kepada warga yang sedang nongkrong untuk pulang ke rumah guna mencegah penyebaran COvid-19

20 jam6 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Jemaah yang Diisolasi di Masjid Kebon Jeruk Dibawa ke Rumah Sakit Wisma Atlet Kemayoran

Info yang diterima dari Pemkot Jakbar, pasien seluruhnya ada 208 orang, terdiri dari 106 WNI dan 102 WNA

20 jam6 menit Tribunnews

TRIBUNNEWS

Inisiatif Business For Good untuk Mendukung UMKM dan Bisnis di Tengah Krisis Covid-19 

Di China, layanan pesan antar memiliki peran yang sangat penting dalam membantu krisis makanan saat virus corona tengah menyebar

20 jam6 menit Tribunnews

ANTARA NEWS

Peringatan Hari Bumi secara virtual di tengah COVID-19

Peringatan Hari Bumi di seluruh dunia yang jatuh setiap 28 Maret, secara khusus di Indonesia diperingati secara virtual di 33 provinsi, di tengah pandemi COVID-19. "Merebaknya virus COVID-19 membuat kegiatan terbuka Earth ...

20 jam7 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Satgas TMMD Bukit Barisan ajak warga melawan wabah COVID-19

Personel Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-107 Kodam I/Bukit Barisan mengajak warga berperan aktif melawan penyebaran virus corona baru (COVID-19) di daerah itu. "Seluruh elemen bangsa bergotong royong ...

20 jam7 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Polda Sumut penyemprotan massal, antisipasi penyebaran COVID-19

Kepolisian Daerah Sumatera Utara bekerja sama dengan Kodam I/Bukit Barisan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut melakukan penyemprotan disinfektan secara massal di ruas jalan Kota Medan guna mengantisipasi ...

20 jam7 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Lampard tak mau terlalu keras paksa pemain Chelsea

Manajer Chelsea Frank Lampard meyakini adalah tidak realistis "menekan dan terus menekan" para pemain untuk menjaga tingkat kebugarannya selama pandemi virus corona tanpa ada kepastian kapan kompetisi akan mulai ...

20 jam7 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Bos Ferrari perkirakan musim ini berakhir Januari tahun depan

Team Principal Ferrari Mattia Binotto meyakini bahwa akhir jadwal Formula Satu yang terpengaruh virus corona bakal mundur ke Januari tahun depan. Mengingat virus corona telah menyebar ke seluruh dunia, maka berdampak langsung ...

20 jam8 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Kapten Kenya beri donasi untuk perang lawan virus corona

Kapten timnas Kenya Victor Wanyama, seorang gelandang Major League Soccer yang sebelumnya selama tujuh musim bermain di Liga Premier, turut membantu negaranya dalam memerangi virus corona. Yayasan pemain Montreal Impact ...

20 jam8 menit Antaranews

ANTARA NEWS

TKI masuk Kualatungkal, tes kesehatan untuk cegah COVID-19

Sebanyak 15 tenaga kerja Indonesia dari Malaysia menggunakan KMP Satria Pratama jurusan Batam-Kualatungkal, menjalani tes kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19, ketika tiba di Pelabuhan Roro Kualatungkal, Kabupaten ...

20 jam8 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Nelayan Minahasa Tenggara tetap melaut di tengah pandemi COVID-19

Nelayan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara tetap melaut meski kondisi perikanan di daerah tersebut tengah lesu akibat pandemi virus corona baru (COVID-19). "Dari pantauan kami di tiga kecamatan yang berada di ...

20 jam8 menit Antaranews

BISNIS

Dampak Corona, Samsat Aceh Hentikan Pelayanan Mulai 30 Maret

Penutupan sementara layanan Samsat Aceh kepada masyarakat dimulai pada Senin (30/3/2020) guna mencegah penyebaran virus Corona.

20 jam9 menit Bisnis

BISNIS

Kasus Kematian Akibat Corona di Italia Lebih Dari 10.000 Jiwa

Italia merupakan Negara yang paling terpukul di Eropa dengan jumlah sebanyak 889 kematian baru dalam 24 jam terakhir.

20 jam9 menit Bisnis

JPNN.

Kenali Perbedaan Samsung Galaxy A51 5G dan A51 4G

JPNN.com - Setelah Samsung Galaxy A71 5G bocor pada awal tahun lalu, kini giliran render gambar Samsung Galaxy A51 5G yang beredar di dunia maya. Dari render itu menunjukkan terkait desain Galaxy A51 varian 5G yang akan dibawanya. Meski memiliki penamaan serupa, tetapi smartphone ini memiliki perbedaan dengan versi Galaxy A51 4G.

20 jam9 menit Jpnn