Trump Tak Berikan Tenggat Waktu Kesepakatan dengan China

\"Saya tidak punya tenggat waktu,\" katanya kepada wartawan di London ketika ditanya apakah ia menginginkan kesepakatan pada akhir tahun, seperti dikutip Bloomberg.
« Kembali Baca berita lengkap »

JPNN.

Amandari Batik dan PLN Gelar Acara di Jakarta Selatan, Besok

JPNN.com, JAKARTA - Gallery Amandari Batik bersama PLN menggelar acara bertajuk The Story of Batik: Legacy, Investment, and Diplomacy, pada Rabu, 4 Desember 2019 di Gran Mahakam Hotel, Jakarta Selatan. Acara ini digelar sebagai upaya pelestarian batik.

53 menit Jpnn

JPNN.

Enam Menteri dan Empat Wamen Belum Laporkan Harta Kekayaan

JPNN.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencatat enam menteri di kabinet Joko Widodo - Ma'ruf Amin belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Selain itu, ada lima elite eksekutif yang belum menyerahkan LHKPN.

54 menit Jpnn

JPNN.

NasDem Merasa Tidak Pernah Usulkan Jabatan Presiden Tiga Periode

JPNN.com, JAKARTA - Partai Nasional Demokrat (NasDem) menyatakan tidak pernah secara kelembagaan menyampaikan usulan perpanjangan masa jabatan menjadi tiga periode di dalam amendemen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia atau UUD NRI 1945.

54 menit Jpnn

JPNN.

Bersilaturahmi ke MUI, MPR Serap Aspirasi Soal Amendemen UUD 1945

JPNN.com, JAKARTA - Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) bersilaturahmi sekaligus menyerap aspirasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) soal wacana amendemen UUD 1945 pada Selasa (3/12). Dalam acara itu, tiga wakil ketua MPR hadir yaitu Jazilul Fawaid, Hidayat Nur Wahid dan Fadel Muhammad. Mereka diterima langsung oleh Sekretaris Jenderal MUI Pusat Anwar Abbas, dan sejumlah Ketua MUI Pusat. Jazilul mengawali sambutanya menyampaikan permintaan maaf karena Ketua MPR RI Bambang Soesatyo tidak bisa hadir. Sebab, pria yang akrab disapa Bamsoet itu tengah menghadiri Munas Golkar. “Kebetulan Pak Ketua lagi mengikuti Munas Golkar. Yang lain ada sosialisasi. Alhamdulillah kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada MUI yang berkenan menerima kami," kata Jazilul. Jazilul juga menyampaikan jumlah pimpinan MPR kali terbanyak sepanjang sejarah. Jumlahnya mencapai sepuluh pimpinan, di mana satu ketua, sisanya wakil ketua dari unsur partai politik dan DPD. "Publik bahwa MPR adalah rumah kebangsaan. Di mana semua unsur itu duduk sama rendah, berdiri sama tinggi,” jelas Jazilul. Mengenai wacana amendemen terbatas UUD 1945, kata Jazilul, pihaknya masih melakukan penyerapan aspirasi. Selain kepada partai politik, MPR juga menyerap dari sejumlah organisasi kemasyarakatan seperti MUI. Jazilul melihat wacana amandemen terbatas UUD 1945 ini isunya melebar ke mana-mana. Padahal rekomendasi sebenarnya adalah menjadikan MPR menyusun Garis Besar Haluan Negara (GBHN). "Justru saat ini kami hadir untuk meminta masukan, nasihat, karena salah satu tugas MUI memberikan bantuan isu kemaslahatan umat. Kebetulan Indoneisa adalah negara mayoritas umat Islam sehingga kami pimpinan MPR meminta saran arahan tugas-tugas kami. Tentu dalam rangka menghargai semua perbedaan yang ada," jelas dia.(tan/jpnn)

54 menit Jpnn

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

JPNN.

Granat Asap dan Fungsinya di Medan Pertempuran

JPNN.com, JAKARTA - Ledakan di kawasan Monas yang mengakibatkan dua aparat TNI terluka, Selasa (3/12) pagi, berasal dari granat asap. Korban disebut menemukan granat aktif itu dalam sebuah bungkusan ketika sedang berolahraga.

54 menit Jpnn

JPNN.

Ini Alasan Polisi Tolak Laporan FPI Soal Gus Muwafiq

JPNN.com, JAKARTA - Tim bantuan hukum dari Front Pembela Islam (FPI) mendatangi Bareskrim Polri untuk melaporkan pendakwah Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq atas tuduhan penistaan agama.

54 menit Jpnn

JPNN.

Ketua Komisi III DPR Minta Polri Evaluasi Penggunaan Senjata dan Alat Peledak

JPNN.com, JAKARTA - Aparat Kepolisian diminta untuk melakukan evaluasi terhadap Standard Operating Procedure (SOP) penggunaan senjata dan alat peledak.

54 menit Jpnn

JPNN.

Mentan Dorong Pemda Memangun Pertanian untuk Kemandirian Pangan

JPNN.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyatakan keinginannya untuk membangun pertanian, khususnya di empat kabupaten yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Utara (BKSU) yakni Bone Bolango, Bolaang Mongondow Utara, Gorontalo Utara, dan Buol. Pertanian di sana akan dibangun dengan konsep kemandirian pangan, dan tidak hanya bertumpu pada bantuan subsidi pemerintah saja.

54 menit Jpnn

JPNN.

Bamsoet Mundur, Suara DPD Tingkat I dan II Golkar Bakal Terbang ke Airlangga?

JPNN.com, JAKARTA - Wasekjen Golkar Dave Laksono menyambut baik keputusan Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet yang mundur dari pencalonan Ketua Umum (Ketum) Golkar periode 2019 - 2024.

55 menit Jpnn

WOWKEREN

Logo Kim Jaehwan Mirip Dengan Milik Serikat Mahasiswa Universitas Chung Ang, Swing Ent Buka Suara

Penggemar Kim Jaehwan menemukan bahwa logo untuk serikat mahasiswa ke-62 untuk Universitas Chung Ang tampak agak terlalu mirip dengan logo penggemarnya, 'WIN:D'.

55 menit Wowkeren

WOWKEREN

Cindy Fatikasari dan Tengku Firmansyah Bicara Pernikahan Pasca 20 Tahun Hidup Bersama

Cindy Fatikasari dan Tengku Firmansyah mampu mempertahankan rumah tangga hingga di usia pernikahan yang menginjak 20 tahun. Apa rahasia langgeng mereka ya?

55 menit Wowkeren

WOWKEREN

Marvel Tetap Ingin Hugh Jackman Perankan Wolverine

Sebenarnya Hugh Jackman sendiri sudah pensiun memerankan karakter mutan legendaris tersebut setelah berperan di film 'Logan' yang dirilis pada tahun 2017 lalu.

55 menit Wowkeren

WOWKEREN

Viral Utusan KONI Jatim Diusir Walkot Kediri Terkait Isu Atlet Senam Tak Perawan, Ini Penjelasannya

Dalam sebuah video viral, tampak atlet senam SEA Games 2019 yang dipulangkan dan diisukan tak perawan, Shalfa, pingsan di rumah dinas Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar.

55 menit Wowkeren

WOWKEREN

Megawati Ungkap Telah Selamatkan Prabowo, Gerindra: Tidak Akan Kami Lupakan

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, menyampaikan kisahnya merangkul Prabowo kala Ketua Umum Partai Gerindra tersebut berada dalam status stateless alias tak bernegara.

55 menit Wowkeren

WOWKEREN

Putri Beatrice Bakal Gelar Pesta Pertunangan Mewah Meski Sang Ayah Kena Skandal Seks dan Pedofilia

Pesta pertunangan Putri Beatrice dan calon suaminya, Edoardo Mapelli Mozzi, akan digelar di sebuah restoran mewah di London. Ayah Beatrice, Pangeran Andrew, diduga tak akan datang dalam acara ini.

55 menit Wowkeren

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

Viva.co

Ternyata Raja Menembak SEA Games Pasukan Elite TNI Kopassus

Dia merebut medali emas.

55 menit Viva

Viva.co

Laga SEA Games Diundur, Tim Indonesia Pertanyakan Kejelasan Jadwal

Penundaan sejumlah laga juga akan menambah biaya pengeluaran kontingen

55 menit Viva

Viva.co

Honda Berangkatkan Puluhan Atlet Pelajar ke DBL Camp

Mereka adalah pemenang Honda DBL 2019.

56 menit Viva

Detik

Terungkap! Ternyata Begini Otak Manusia yang Ingin Bunuh Diri

Setiap tahun, ada 800.000 orang yang meninggal akibat bunuh diri di berbagai belahan dunia. Dan akhirnya, para peneliti bisa mengungkap faktor pemicunya.

56 menit Detik

Detik

Miss V 'Becek' Berarti Wanita Sedang Terangsang? Ini Kata Ahli

Jadi anggapan umum bahwa gairah seks wanita bisa dilihat dari produksi lendir vagina. Namun apakah semua vagina 'becek' karena rangsangan?

56 menit Detik

Detik

Si.Se.Sa Rilis Busana Syar'i untuk Liburan, Diklaim Pertama di Indonesia

Memasuki penghujung 2019 Si.Se.Sa memanjakan konsumennya dengan koleksi busana syar'i untuk cruise atau resor.

56 menit Detik

Detik

Potret Penyanyi Hengkang dari Hiburan Usai Video Tanpa Busananya Viral

Penyanyi Rabi Pirzada jadi kontroversi setelah video dan foto-fotonya tanpa busana viral di media sosial. Ia pun memilih untuk mundur dari industri hiburan.

56 menit Detik

Detik

Tak Ada Papan Tulis di Desa Bahasa yang Inspiratif Ini

Berkunjung ke Desa Bahasa Borobudur untuk belajar Bahasa Inggris, traveler tidak akan menemukan papan tulis. Ternyata, ada alasan di balik itu.

56 menit Detik

Detik

Indahnya Kerlap-kerlip Kampung Natal di Mamasa

Sekelompok pemuda di Mamasa, Sulawesi Barat, sulap hutan pinus jadi Kampung Natal yang bekerlapan. Indah dan menarik, begini nih suasananya!

56 menit Detik

Detik

Labuan Bajo Akan Jadi Wisata Super Premium, Ini Kata Wishnutama

Jokowi berniat menjadikan Labuan Bajo sebagai tempat wisata super premium. Lantas, seperti apa penjelasan Menparekraf Wishnutama?

56 menit Detik