Ledakan di Monas, Transjakarta Beroperasi Normal

Ledakan terjadi di dalam kawasan Taman Monas, tepatnya di seberang kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Gambir, Jakarta Pusat Selasa (3/12/2019) sekitar pukul 07.05 WIB.
« Kembali Baca berita lengkap »

BISNIS

Ledakan di Monas Belum Mengarah ke Aksi Teroris

Polda Metro Jaya memastikan ledakan granat asap yang menimbulkan dua korban dari pihak prajurit TNI di halaman Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat belum mengarah ke aksi terorisme.

11 jam34 menit Bisnis

BISNIS

Ledakan Monas, Asal Usul Granat Masih Ditelusuri

Polisi dan TNI masih menelusuri asal usul granat asap yang meledak di kawasan Monas, Selasa (3/12/2019) pagi.

11 jam34 menit Bisnis

BISNIS

Ledakan di Monas, Kapolda Metro Jaya: Masyarakat Tenang Saja

Polda Metro Jaya mengimbau seluruh masyarakat agar tidak perlu khawatir ihwal insiden ledakan granat yang terjadi di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat pagi ini.

11 jam34 menit Bisnis

BISNIS

Pasar Properti Australia Kembali Terguncang

Sydney dan Melbourne memimpin rebound dengan kenaikan harga masing-masing mencapai 2,70 persen dan 2,20 persen.

11 jam34 menit Bisnis

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

BISNIS

Kurs Jisdor Melemah ke 14.130, Rupiah Masih Loyo di Pasar Spot

Kurs rupiah menyentuh posisi Rp14.130 per dolar AS berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini, Selasa (3/12/2019).

11 jam34 menit Bisnis

BISNIS

KPK Panggil 9 Mantan Anggota DPRD di Kasus Bupati Muara Enim

Mereka akan diperiksa terkait kasus dugaan suap proyek-proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Muara Enim.

11 jam34 menit Bisnis

BISNIS

Usai Ledakan, Kawasan Monas Dibuka Kembali Siang Nanti

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono mengemukakan masyarakat sudah bisa kembali beraktivitas di sekitar Monas Jakarta Pusat pada siang nanti.

11 jam34 menit Bisnis

BISNIS

Sikat Gigi 3 Kali Sehari Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Sebuah studi baru mengklaim bahwa menyikat gigi lebih dari dua kali sehari dapat mengurangi risiko menderita gagal jantung.

11 jam35 menit Bisnis

BISNIS

Meghan Markle Celebrity Dresser Paling Berpengaruh 2019

Meghan Markle, The Duchess of Sussex dinobatkan sebagai selebriti yang paling berpengaruh tahun ini dalam hal mode.

11 jam35 menit Bisnis

BISNIS

Ledakan Monas : Granat Dikabarkan Dibungkus Plastik, Tak Ada Indikasi Penyerangan

Sejauh ini belum ada informasi resmi soal asal-usul granat asap yang meledak di Monas. Namun, berdasar informasi yang dikumpulkan Antara, granat tersebut ditemukan dalam kondisi terbungkus plastik.

11 jam35 menit Bisnis

JPNN.

Persib Bandung vs Persela Lamongan: Supardi Nasir Tetap Kapten

JPNN.com, BANDUNG - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts tetap memercayai Supardi Nasir dalam laga kontra Persela Lamongan pada lanjutan Liga 1 2019.

11 jam36 menit Jpnn

JPNN.

Politikus PKS Mardani: Bravo untuk Pak Jokowi yang Sudah Bicara Tegas

JPNN.com, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera memuji sikap tegas Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons ide penambahan masa jabatan presiden dan wakil presiden menjadi tiga periode. Kemarin, Senin (2/12), Presiden ketujuh RI itu merasa dimunculkannya isu tersebut memiliki tiga makna, yakni pihak yang mencetuskannya ingin menampar muka Jokowi, ingin mencari muka, atau mau menjerumuskannya. "Yang pertama, bravo untuk Pak Jokowi yang sudah bicara keras dan tegas karena ini masalah yang sangat fundamendal, kalau Pak Jokowi enggak punya sikap tegas maka ini akan terus berkembang menjadi sesuatu yang bencana," kata Mardani di Kompleks Parlemen, Senin malam. Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengapresiasi sikap tegas JOkowi, karena kalau dibiarikan maka isu ini menjadi semakin liar. Awalnya igin menghidupkan GBHN, berkembang ke Presiden dipilih MPR, hingga masa jabatan tiga periode. "Kedua, saya ingin Pak Jokowi menindaklanjuti dengan bukan cuma tegas menampar atau apa, dicek konsolidasi di koalisinya untuk tidak mengungkap isu-isu yang membuang energi sosial masyarakat dan berbahaya bagi legacy Pak Jokowi," tutur Mardani. Saat ditanya apakah PKS melihat bahwa Jokowi menduga isu liar yang mengiringi rencana amendemen UUD berasal dari internal koalisi pemerintah? Mardani mengaku tidak ingin menyimpulkan benar tidaknya ide itu dicetuskan partai pendukung suami Iriana itu. "Benar tidaknya saya enggak terlalu perhatian. Tetapi isu ini memang menohok Pak Jokowi. Karena publik menafsirkan Pak Jokowi yang mau tiga periode karena beliau yang lagi berkuasa. Jadi cari muka atau tidak pokoknya Pak Jokowi yang kena getahnya. Makannya dia harus secara tegas menegasikan itu. Saya apresiasi tetapi tindaklanjuti dan usahakan," jelas Mardani. Dia tidak ingin sikap Jokowi merespons isu ini seperti ketika menyikapi polemik tentang desakan publik agar Presiden Jokowi menerbitkan Perppu tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang katanya mau dikeluarkan, nyatanya tidak keluar.(fat/jpnn)

11 jam36 menit Jpnn

JPNN.

Terkait Revisi UU ASN, Pimpinan Honorer K2 Galang Lobi di Senayan

JPNN.com, JAKARTA - Para pengurus perkumpulan honorer K2 menggalang lobi untuk mengawal revisi UU ASN (Aparatur Sipil Negara).

11 jam36 menit Jpnn

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

JPNN.

Juru Bicara PA 212: Seluruh Peserta Doakan Presiden Jokowi

JPNN.com, JAKARTA - Juru bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212 Haikal Hassan Baras mengatakan seluruh rangkaian acara Maulid Akbar dan Reuni Mujahid 212 yang digelar di Monas, Senin (2/12) kemarin berjalan dengan baik dan damai.

11 jam36 menit Jpnn

JPNN.

Soal Penambahan Jabatan Presiden Tiga Periode, Bravo untuk Pak Jokowi

JPNN.com, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR Mardani Ali Sera memuji sikap tegas Presiden Jokowi merespons ide penambahan masa jabatan presiden dan wakil presiden menjadi tiga periode.

11 jam36 menit Jpnn

JPNN.

Ada Ledakan di Monas, Presiden Jokowi Tetap Bekerja Seperti Biasa di Istana

JPNN.com, JAKARTA - Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman menyatakan agenda kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara tidak terganggu pascaledakan di kawasan Monas, Selasa (3/12). Fadjroel menegaskan, Presiden Jokowi tetap melaksanakan agenda kenegaraan di Istana Negara sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

11 jam37 menit Jpnn

JPNN.

Dari Gedung MA, Ledakan Terdengar Sangat Keras

JPNN.com, JAKARTA - Petugas kebersihan bernama Maryati kaget bukan kepalang saat mendengar suara ledakan dari area dalam Monas, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (3/12). Maryati pun mengucapkan istigfar setelah suara ledakan berbunyi.

11 jam37 menit Jpnn

WOWKEREN

Barbie Kumalasari Terang-Terangan Disebut Lebay Oleh Sang Anak Soal Punya Toko Berlian

Keisha Aira Natania kembali mengomentari sikap Barbie Kumalasari yang hobi mengungkapkan kemewahan serta kekayaannya. Aira menyebut pernyataan sang bunda agak dilebih-lebihkan.

11 jam37 menit Wowkeren

WOWKEREN

Usai Balikan, Foto Seksi Alyssa Pacar Al Ghazali Dekat Masjid Jadi Sorotan

Alyssa Daguise kerap pamer foto seksi namun terkesan kece di Instagram. Setelah dikabarkan kembali mesra dengan Al, sosok Alyssa yang sedang pose di dekat bangunan mirip masjid atau mushola itu sempat

11 jam37 menit Wowkeren

WOWKEREN

Cupi Cupita Maafkan Lia Callia Usai Ribut Hingga Beradu Bagian Sensitif

Cupi Cupita dan Lia Callia kini tampak sudah akur setelah sebelumnya mereka berdua sempat bertengkar dan adu mulut hingga mengadu bagian sensitif yang mereka miliki.

11 jam37 menit Wowkeren

WOWKEREN

Polri Didesak Singkirkan Tendensi Politik Untuk Tangani Kasus Novel Baswedan

Setara Institute mendesak Polri agar tidak menggunakan tendensi politik dalam menangani kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

11 jam37 menit Wowkeren

WOWKEREN

PDIP Pertanyakan Motif Anies Hadiri Reuni 212 Meski Sudah Dilarang MenPAN RB

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menilai bahwa kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke acara reuni 212 adalah untuk menjaga suara dari para pendukungnya.

11 jam37 menit Wowkeren

WOWKEREN

Interaksi Bos JYP dengan Dahyun dan Nayeon Twice di 'Ask Us Anything' Jadi Sorotan Netizen Korea

Episode terbaru 'Ask Us Anything' yang tayang pada Sabtu (30/11) lalu menghadirkan Bos JYP Entertainment Park Jin Young, Dahyun dan Nayeon Twice. Interaksi ketiganya di acara ini pun sukses jadi perbi

11 jam38 menit Wowkeren