Pasar Optimistis Ekonomi Indonesia Membaik, Rupiah Ikut Menguat

Dalam risetnya, Direktur PT Garuda Berjangka Ibrahim mencatat, informasi tentang ekonomi Indonesia yang membaik membawa berkah bagi pelaku pasar, sehingga optimisme kembali menguat di kalangan pebisnis.
« Kembali Baca berita lengkap »

JPNN.

7 Cara Mencegah Stunting Pada Anak 

JPNN.com - Orang tua wajib tahu cara mencegah stunting supaya anak tidak memiliki penyakit serius. Karena itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua, antara lain:

6 jam39 menit Jpnn

JPNN.

Bea Cukai Lanjutkan Kerja Sama dengan BPSDM Perhubungan

JPNN.com, JAKARTA - Bea Cukai kembali melanjutkan kerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan dalam bidang peningkatan kualitas SDM pelayaran. Kerja sama yang sudah terjalin dari tahun 2014 ditujukan untuk mewujudkan keahlian petugas Bea Cukai di bidang pelayaran yang bersertifikat sesuai Standard of Training, Certification and Watchkeeping for Seafarers (STCW) atas berkembangnya aset kapal di Bea Cukai baik secara jumlah maupun teknologinya.

6 jam40 menit Jpnn

JPNN.

Nama Habib Rizieq Tak Disebut dalam Pertemuan Menhan Prabowo dengan Dubes Arab Saudi

JPNN.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan atau Menhan Prabowo Subianto menerima kunjungan Duta Besar Arab Saudi Esam A Abid Althagafi di kantor Kemenhan, Jakarta Pusat, Selasa (12/11). Prabowo tidak menyinggung tentang pemulangan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab, ketika menggelar pertemuan dengan Esam.

6 jam40 menit Jpnn

JPNN.

Didatangi Dubes Joseph R Donovan, Prabowo Sudah Mau ke AS?

JPNN.com, JAKARTA - Menhan Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan, Selasa (12/11).

6 jam40 menit Jpnn

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

JPNN.

KLHK Terus Kembangkan Kantong Plastik Ramah Lingkungan

JPNN.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tengah mengevaluasi penggunaan plastik di retail dan pasar modern. Bahkan, kini KLHK mendorong untuk penggunaan produk alternatif plastik yang lebih ramah lingkungan.

6 jam40 menit Jpnn

JPNN.

Komisi IX Bakal Bentuk Panja Usut Kenaikan Iuran BPJS

JPNN.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay menolak kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Perpres 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

6 jam40 menit Jpnn

JPNN.

Jokowi Bentuk Tim Cari Pengganti Hakim MK Gede Palguna

JPNN.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membentuk tim panitia seleksi untuk mencari pengganti Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) I Dewa Gede Palguna, yang akan berakhir masa jabatannya 7 Januari 2020 mendatang.

6 jam40 menit Jpnn

JPNN.

Jangan Buru-buru Menyimpulkan Pilkada Langsung atau Lewat DPRD

JPNN.com, JAKARTA - Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi dan penyempurnaan komprehensif terkait persoalan kepemiluan termasuk pilkada.

6 jam40 menit Jpnn

JPNN.

Gelar Silaturahmi Kebangsaan, Pimpinan MPR RI Sambangi DPP PAN

JPNN.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menggelar Silaturahmi Kebangsaan antara Pimpinan MPR dengan pimpinan partai-partai politik. Lawatan Silaturahmi Kebangsaan pertama dilakukan dengan mengunjungi Kantor DPP Partai Amanat Nasional (PAN).

6 jam40 menit Jpnn

JPNN.

Respons Dirjen Imigrasi buat Habib Rizieq soal Klaim Dicekal Arab Saudi atas Permintaan RI

JPNN.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny F Sompie merespons pernyataan Habib Rizieq Syihab yang mengaku dicekal oleh otoritas Arab Saudi atas dasar permintaan pemerintah Indonesia. Mantan polisi itu tak bisa memastikan keabsahan surat tentang bukti pencekalan yang diperlihatkan Rizieq.

6 jam40 menit Jpnn

Viva.co

Ini Dia Nominasi Lengkap Festival Film Indonesia 2019

Total ada 21 nominasi di Festival Film Indonesia 2019.

6 jam41 menit Viva

Viva.co

Kucumbu Tubuh Indahku hingga Dua Garis Biru Boyong Nominasi FFI 2019

Mengumuman pemenang FFI 2019 dijadwalkan 12 Desember 2019.

6 jam41 menit Viva

Viva.co

Film Horor Vs Drama, Begini Kata Herjunot Ali

Herjunot Ali membandingkan saat terlibat dalam genre drama dan horor.

6 jam41 menit Viva

Detik

Pasang Kamera di Toilet dan Kamar Ganti, Termasuk Kelainan Seksual?

Perilaku mengintip yang banyak terjadi ruang privasi (toilet umum) menjadi kurang aman dan dapat dikategorikan penyimpangan bahkan kelainan seksual pada pelaku.

6 jam41 menit Detik

Detik

Dear Pria, Hati-hati Ini 4 Tanda Utama Alami Impotensi

Impotensi merupakan kondisi di mana seorang pria dianggap tak mampu ereksi. Hati-hati, berikut 4 tanda utama Anda mengalami impotensi.

6 jam41 menit Detik

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

Detik

Liburannya Artis Bollywood yang Pamer Foto Topless di Bali

Artis cantik Bollywood, Amala Paul, pamer foto topless saat liburan di Bali. Tak cuma itu, masih ada foto-foto liburannya yang lebih menarik lagi. Mau lihat?

6 jam41 menit Detik

Detik

Cerita Listrik di Pulau Terdepan RI, Pariwisata pun Tercerahkan

Listrik sudah menjadi kebutuhan dasar, tak terkecuali di wilayah terdepan Indonesia ini. Keberadaannya pun amat menyokong industri pariwisata.

6 jam41 menit Detik

Detik

Man City Masih Jadi Tolok Ukur Juara Buat Liverpool

Liverpool sukses membenamkan Manchester City, membuat sang rival tercecer di posisi empat. Tapi bicara soal persaingan gelar, City masih jadi patokan Liverpool.

6 jam41 menit Detik

Detik

Dana ke SEA Games Kurang, Kenapa KOI Juga Biayai Atlet Jalur Mandiri?

Chief de Mission (CdM) SEA Games 2019 Filipina, Harry Warganegara, juga bakal membiayai cabang olahraga mandiri padahal dana kurang Rp 17 miliar. Kenapa?

6 jam41 menit Detik

Detik

Hongkong Open 2019: Wakil Indonesia Berguguran di Hari Pertama

Hongkong Open 2019 sudah mulai berlangsung. Wakil Indonesia berguguran di hari pertama, salah satunya adalah pasangan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow.

6 jam41 menit Detik

Detik

Cedera Achilles, Rakitic Dipulangkan Timnas Kroasia

Timnas Kroasia dipastikan tampil tanpa Ivan Rakitic di Kualifikasi Piala Eropa 2020 pekan ini. Rakitic dipulangkan karena mengalami cedera achilles.

6 jam41 menit Detik

Detik

4 Ruang Kelas Sementara Bakal Dibangun di SDN Gentong Pasuruan

Empat unit ruang kelas sementara itu akan dibangun dengan jarak 150 meter dari lokasi gedung sekolah yang ambruk.

6 jam42 menit Detik

Detik

Bunga KUR Dipangkas Jadi 6%, Bank Masih Dapat Untung

Bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) diturunkan jadi 6%, bank diperkirakan masih dapat untung sekitar 3%.

6 jam42 menit Detik

Detik

Bos Travel Umrah yang Tipu Puluhan Calon Jemaah Jaring Korban di Pengajian

Polisi menyebut tersangka menjaring para korban dalam kegiatan pengajian. Pelaku mengaku sebagai PPIU.

6 jam42 menit Detik

Detik

IPM Pemkab Serang Meningkat, Ini yang Dilakukan Ratu Tatu

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah terus melakukan kampanye Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) kepada masyarakat.

6 jam42 menit Detik