Bursa Menteri Jokowi: Sri Mulyani tetap Mekeu, Kader Partai mulai Tampil

Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi hari ini, Selasa (22/10/2019) memanggil lagi calon menteri yang dijadwalkan mulai dilakukan pukul 09.00 WIB. Ini live report-nya.
« Kembali Baca berita lengkap »

BISNIS

Unilever Indonesia (UNVR) Bakal Stock Split dengan Rasio 1:5

Stock split ini dilakukan dalam rangka meningkatkan likuiditas perdagangan saham perseroan dan juga untuk mendukung pertumbuhan Bursa Efek Indonesia.

5 jam49 menit Bisnis

JPNN.

Instagram Uji Fitur Baru untuk Kelola Follower

JPNN.com - INSTAGRAM dilaporkan tengah menguji fitur untuk pengelompokkan followers bagi penggunannya.

5 jam49 menit Jpnn

JPNN.

Lomba Memasak Nasi Goreng, Ajang Sosialisasi Kompor Induksi

JPNN.com, TANGERANG SELATAN - Masyarakat perlu mengetahui sejumlah kelebihan menggunakan kompor induksi. Karena itu, Sosialisasi dan cara teknis penggunaan kompor induksi harus dilakukan secara berkala dan konsisten.

5 jam49 menit Jpnn

JPNN.

Co Working Space Membuat Industri Kreatif Indonesia Makin Berkembang Pesat

JPNN.com, JAKARTA - Nomadic tourism serta digital nomad terus berkembang pesat. Seiring perkembangan zaman, keberadaannya menjadi sebuah lifestyle yang tidak terpisahkan. Seperti halnya keberadaan co-working space yang kian menjamur di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti di Jakarta.

5 jam49 menit Jpnn

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

JPNN.

Profil Edhy Prabowo: Mantan Prajurit TNI, Merantau ke Jakarta Kenal Prabowo Subianto

JPNN.com, JAKARTA - Berikut ini merupakan profil Edhy Prabowo, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra yang menjadi salah satu calon menteri di Kabinet Jokowi-Ma’aruf Amin.

5 jam49 menit Jpnn

JPNN.

Ada Pria yang Mencoba Mengambil Tas Sri Mulyani di Istana Pagi Tadi

JPNN.com, JAKARTA - Sri Mulyani Indrawati menjadi orang pertama yang dipanggil Presiden Joko Widodo jelang pengumuman Kabinet Jilid II, Selasa (22/10).

5 jam49 menit Jpnn

JPNN.

Pemerintah Harus Memperkuat Isu Ini untuk Kesejahteraan

JPNN.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Andi Akmal Pasluddin menyoroti pidato Presiden RI yang telah dilantik pada 20 Oktober lalu khususnya pada poin inovasi yang akan dilakukan. Namun, penguatan penyediaan energi dan lingkungan hidup tidak disinggung sehingga dapat menjadi sebuah titik awal kelemahan pengelolaan negara.

5 jam49 menit Jpnn

JPNN.

Lapor, Pak Surya Paloh! Syahrul Yasin Limpo Semringah Tiba di Istana

JPNN.com, JAKARTA - Salah seorang calon menteri yang dipanggil Presiden Jokowi ke Istana, Selasa (22/10) adalah Syahrul Yasin Limpo (SYL). Dia adalah mantan Gubernur Sulawesi Selatan.

5 jam49 menit Jpnn

JPNN.

Akhirnya Jokowi Panggil Calon Menteri dari PDIP

JPNN.com, JAKARTA - Presiden Jokowi memanggil sejumlah calon menteri dari partai politik pendukungnya pada hari ini, Selasa (22/10). Selain dari NasDem, Golkar, ada juga dari PDI Perjuangan.

5 jam49 menit Jpnn

WOWKEREN

Digelar Hari Ini, Serunya Rina Nose dan Tunangan Bule Dekor Sendiri Ruangan Pernikahan

Setelah sempat ditunda, Rina Nose akhirnya akan segera menikah dengan Josscy Vallazza Aartsen di Belanda. Keduanya sudah membagikan persiapan pernikahan di Instagram.

5 jam50 menit Wowkeren

WOWKEREN

Gerindra Merapat ke Pemerintah Jadi Sorotan, Pengamat Singgung Raksasa Lalim

Fenomena banyaknya partai politik yang mendekat pada kekuasaan pemerintah akan mengarah pada power of state yang cenderung bisa menciptakan 'monster bengis'.

5 jam50 menit Wowkeren

WOWKEREN

Diduga Ingin Gagalkan Pelantikan, Tersangka Perencana Bom Ketapel Gunakan Sandi Khusus

Diduga ingin menggagalkan Pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, sejumlah tersangka perencana bom ketapel menggunakan sandi khusus untuk lakukan komunikasi.

5 jam50 menit Wowkeren

WOWKEREN

Kimberly Ryder Girang Maternity Shoot Bareng Suami, Konsep Santai Nongkrong di Balkon Curi Perhatian

Kimberly Ryder dan Edward Akbar membagikan foto pemotretan kehamilan dalam postingan Instagram. Berkonsep santai hanya mengenakan kaus singlet, maternity shoot Kimberly ini menuai banyak pujian

5 jam50 menit Wowkeren

WOWKEREN

Ultah B.I eks iKON Dirayakan Fans Sedunia Meski Hiatus Gara-Gara Skandal Narkoba

Para penggemar menjadikan beberapa tagar ulang tahun B.I mantan personel iKON pada 22 Oktober tren di Twitter di seluruh dunia hanya beberapa menit setelah tengah malam.

5 jam50 menit Wowkeren

WOWKEREN

Sahabat Sejati, Ruben Onsu Mewek Lepas Kepergian Raffi Ahmad yang 'Tinggalkan' Dunia Hiburan

Raffi Ahmad memutuskan vakum untuk sementara waktu dari industri hiburan Tanah Air yang telah membesarkan namanya selama 20 tahun terakhir karena masalah kesehatan.

5 jam50 menit Wowkeren

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

WOWKEREN

Tak Hanya Menteri, Prabowo Disebut-Sebut Bakal Jadi Jenderal Bintang Empat

Sejak beberapa waktu lalu Prabowo Subianto sudah diisukan akan menjadi Menteri Pertahanan di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Namun belakangan isu itu makin terang mendekati kenyataan.

5 jam50 menit Wowkeren

WOWKEREN

Bima Arya Tanggapi Rencana Jokowi: Buat Layanan Cepat Tak Harus Pangkas Eselon

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menilai bahwa rencana untuk memangkas jabatan eselon guna menyederhanakan birokrasi perlu dikaji lebih dalam lagi dengan serius.

5 jam50 menit Wowkeren

WOWKEREN

Bukan Ivan Gunawan Atau Shaheer Sheikh, Ayu Ting Ting Diramal Bakal Nikahi Pria Ini

Denny Darko menerawang mengenai hubungan asmara Ayu Ting Ting di masa depan. Menurut Denny akan muncul pria baru dalam hidup Ayu yang akan memikat hatinya.

5 jam50 menit Wowkeren

WOWKEREN

Tampilkan Akting Luar Biasa, Para Pemain 'Extraordinary You' Dipuji Penulis Asli Webtoonnya

Baru-baru ini penulis asli webtoon yang diadaptasi menjadi 'Extraordinary You' memuji para pemain drama ini. Penasaran seperti apa pujian yang diberikan? Simak beritanya berikut ini.

5 jam50 menit Wowkeren

WOWKEREN

Nasib Toko Kue Syahrini Mirip 'Rumah Hantu', Karma Nikahi Bekas Pacar Luna Maya?

Syahrini baru-baru ini sempat kode kangen nyemil kue miliknya yang dijual di tiga kota yakni Jogja, Bandung dan Bogor. Rupanya postingan lama itu malah membuat nasib bisnis kue istri Reino itu diperta

5 jam50 menit Wowkeren

WOWKEREN

DKI Jakarta Akan Mulai Terapkan Jalan Berbayar Mulai 2021

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berencana menerapkan jalan berbayar di sejumlah wilayah yang ditargetkan akan terealisasikan mulai tahun 2021 mendatang.

5 jam50 menit Wowkeren

WOWKEREN

Turut Hadir Ke Istana Negara, KPK Singgung Riwayat Bupati Minahasa Selatan Soal Kasus Bowo Sidik

Bupati Minahasa Selatan, Christiany Eugenia Tetty Paruntu turut hadir di Istana Negara, Senin (21/10) sore. Hal ini membuat KPK menyinggung soal riwayatnya yang pernah dimintai keterangan soal kasus s

5 jam50 menit Wowkeren

WOWKEREN

Inul Daratista Kenang Momen Nikahan, Cuma Modal Rp 500 Ribu Tanpa Pesta Yang Penting Sah

Inul Daratista membagikan sejumlah foto saat mengisi acara di sebuah pernikahan. Bersama dengan foto tersebut, Inul menceritakan kisah pernikahannya dengan Adam Suseno.

5 jam50 menit Wowkeren

WOWKEREN

Berharap Tuntutan 10 Bulan Dikurangi, Jefri Nichol: Aku Masih Punya Tanggung Jawab Keluarga

Jefri Nichol dituntut 10 bulan rehabilitasi dalam sidang tuntutan yang digelar pada Senin (21/10). JPU menyatakan Nichol bersalah atas tuduhan penyalahgunaan narkotika jenis ganja.

5 jam50 menit Wowkeren

WOWKEREN

Farhat Abbas Beri Ucapan Selamat Untuk Prabowo Jadi Menteri Pertahanan

Baru-baru ini Farhat Abbas terlihat memberikan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto yang kabarnya akan menjadi Menteri Pertahanan di periode kedua kepemimpinan Jokowi.

5 jam50 menit Wowkeren