Kapolri Tegaskan Ada Hukuman bagi Jajarannya Soal Karhutla

Kapolri Tito Karnavian menegaskan dirinya akan menerapkan reward and punishment.
« Kembali Baca berita lengkap »

JPNN.

Samsung Pengin Menggabungkan Galaxy Note dengan Galaxy S?

JPNN.com - Rumor penggabungan lini Galaxy S dengan Galaxy Note oleh Samsung kembali mencuat, setelah seorang pakar di industri ponsel, Evan Blass mengaku mendapatkan informasi itu dari sumber yang dekat dengan Samsung, lansir Phone Arena.

3 jam40 menit Jpnn

JPNN.

Tidur dengan Perut Lapar? Waspadai 5 Kondisi ini Mengintai Anda

JPNN.com - Tidur dengan perut lapar memang memiliki efek berbeda untuk masing-masing orang. Namun, menurut para ahli, pada kebanyakan kasus, kebiasaan itu tidak baik bagi kesehatan secara menyeluruh. Meski demikian, hal ini bukan pembenaran Anda bisa bebas makan mendekati waktu tidur ya.

3 jam40 menit Jpnn

JPNN.

Gol Tunggal Anis Nabar Bawa Sriwijaya FC Kukuh di Puncak Klasemen

JPNN.com, PALEMBANG - Sriwijaya FC berhasil mempertahankan di puncak klasemen sementara wilayah barat usai menaklukkan PSPS Riau dengan skor 1-0 dalam laga lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Jakabaring, Palembang, Senin (16/9).

3 jam41 menit Jpnn

JPNN.

Kualifikasi Piala Asia U-16: Indonesia Bantai Filipina Empat Gol Tanpa Balas

JPNN.com, JAKARTA - Timnas Indonesia U-16 berhasil menang 4-0 dari Filipina dalam laga Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 di Stadion Madya, Senayan, Senin (16/9) malam.

3 jam41 menit Jpnn

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

JPNN.

Paul Greenberg “The Godfather of CRM” Berbagi Ilmu ke Pelaku Bisnis di Indonesia

JPNN.com, JAKARTA - Paul Greenberg, sang “Godfather of CRM” menularkan ilmu ke pelaku usaha di tanah air. Paul bicara tentang bagaimana revolusi komunikasi digital saat ini berdampak terhadap strategy perusahaan dalam menjalin relasi dengan pelanggan.

3 jam41 menit Jpnn

JPNN.

Mekeng Golkar Sudah Dua Kali Mangkir dari Panggilan KPK

JPNN.com, JAKARTA - Ketua Fraksi Golkar di DPR Melchias Markus Mekeng kembali mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (16/9).

3 jam41 menit Jpnn

JPNN.

Fahri: Revisi UU KPK Sudah Diusulkan Sejak Era SBY

JPNN.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR Fahri Hamzah menepis tudingan DPR secara tiba-tiba melakukan revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi alias UU KPK.

3 jam41 menit Jpnn

JPNN.

MPR Sepakat Perlunya Haluan Negara

JPNN.com, JAKARTA - Ketua Fraksi PPP MPR Arwani Thomafi mengatakan pembahasan di MPR sudah menyepakati perlunya haluan negara. Namun, rencana itu belum bisa direalisasikan pada masa bakti 2014-2019. Pasalnya hingga minggu-minggu terakhir periode MPR saat ini, belum ada kesepakatan terkait landasan hukum yang akan digunakan. Apakah haluan negara dituangkan dalam bentuk Ketetapan MPR atau cukup undang-undang.

3 jam41 menit Jpnn

JPNN.

Hidayat Nur Wahid : Keberadaan Masjid Meningkatkan Kualitas Pesantren

JPNN.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid berharap keberadaan masjid bisa meningkatkan kualitas keumatan dan kebangsaan, termasuk kualitas pondok pesantren. Begitu juga keberadaan masjid Baitul Abbas Thalib di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2, Sambirejo Mantingan Ngawi, Jawa Timur.

3 jam41 menit Jpnn

JPNN.

Koalisi Masyarakat Sipil Surati Jokowi, Sebut Penanganan Karhutla Lamban

JPNN.com, JAKARTA - Koalisi Masyarakat Sipil melalui Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menyampaikan surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta kabut asap.

3 jam41 menit Jpnn

WOWKEREN

Sampul Jokowi 'Pinokio' di Tempo Jadi Polemik, Ini Kata LBH Pers

Majalah Tempo dilaporkan ke Dewan Pers lantaran menampilkan karikatur tidak etis sebagai sampul. Dalam karikatur itu terlihat siluet Jokowi yang menyerupai tokoh kartun Pinokio.

3 jam41 menit Wowkeren

WOWKEREN

Nikita Mirzani Tawarkan Bantuan untuk Tiga Setia Gara yang Alami KDRT, Begini Kondisinya Sekarang

Nikita Mirzani telah menghubungi Tiga Setia Gara secara langsung melalui pesan pribadi di Instagram. Sebagai wanita yang juga pernah mengalami KDRT, Niki tentu memahami perasaan Tiga.

3 jam41 menit Wowkeren

WOWKEREN

Rose BLACKPINK Kejutkan Fans dengan Pemotretan Solo, Gaya Seksi Bikin Speechless

Rose BLACKPINK hari ini mengejutkan para penggemar dengan sejumlah unggahan baru berupa foto-foto hasil pemotretan solo dengan majalah fashion Dazed Korea.

3 jam41 menit Wowkeren

WOWKEREN

Bukan Mundur, KPK Tegaskan Wakil Ketua Saut Situmorang Hanya Cuti

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, dikabarkan mengundurkan diri usai Firli Bahuri terpilih sebagai ketua periode 2019-2023. Namun belakangan informasi ini dibantah KPK.

3 jam41 menit Wowkeren

Viva.co

Pesan Nikita Mirzani ke Tiga Dara: Jangan Bikin Heboh Indonesia

Niki mengaku ingin membiayai kepulangan Tiga, namun ditolak.

3 jam42 menit Viva

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

Viva.co

Atasi Kekeringan, Ada Gerakan Jariyah Air di Malang

Diinisiasi oleh Universitas Raden Rahmat Malang

3 jam42 menit Viva

Viva.co

Kualitas Udara di kota Batam Mulai Tidak Sehat

Indeks standar pencemaran udara (ISPU) menunjukkan angka 60

3 jam42 menit Viva

Detik

Teka-teki Ini Dapat Melatih Otakmu, Yuk Dicoba

Teka-teki berikut bisa dipakai untuk melatih otak. Kamu harus memperhatikan dengan seksama dan berpikir baik untuk mendapatkan jawaban yang benar.

3 jam42 menit Detik

Detik

Seputar Masjid Cordoba di Spanyol yang Megah

Masjid Cordoba merupakan salah satu tempat wisata di Spanyol yang kaya akan sejarah Islam di Eropa. Ingin mengunjungi? Simak dulu serba-serbi berikut ini.

3 jam42 menit Detik

Detik

Ayu Ting-ting Ketagihan Liburan ke Labuan Bajo

Penyanyi dangdut Ayu Ting-ting baru saja liburan ke Labuan Bajo. Pertama kali ke sana, ia mengaku langsung ketagihan.

3 jam42 menit Detik

Detik

Naik Rp 2 Juta, Calya-Sigra Masih Kalah Mahal dari Honda Brio

Meski mengalami kenaikan harga hingga Rp 2 juta, duet Calya-Sigra bukanlah LCGC termahal. Takhta LCGC termahal masih dipegang Honda Brio.

3 jam42 menit Detik

Detik

Calya Dipermak Jadi 7 Penumpang, Harga Naik Rp 2 Juta

Toyota melakukan penyegaran pada mobil LCGC, Toyota Calya di tahun 2019. Penyegaran ini dilakukan pertama kalinya setelah tiga tahun mengaspal di Indonesia.

3 jam42 menit Detik

Detik

Gadis Cantik di Peluncuran Toyota New Calya

Peluncuran mobil selalu diramaikan oleh model cantik. Tak terkecuali dengan peluncuran Toyota Calya, para model cantik siap berpose dengan mobil LCGC tersebut.

3 jam42 menit Detik

Detik

Audisi Umum 2020 Tetap Berjalan, tapi Namanya Belum Diputuskan

PB Djarum secara resmi tetap menjalankan Audisi Umum Bulutangkis pada 2020. Namun, nama ajang ini masih digodok.

3 jam42 menit Detik

Detik

Baru Gabung Dua Pekan, Oki Wira Kagok Defensif 3x3

Pebasket Oki Wira Sanjaya dipanggil Timnas 3x3 SEA Games 2019. Dua pekan bergabung, dia masih kesulitan soal defensif.

3 jam42 menit Detik