Persita vs Sriwijaya FC, Persita Incar 4 Besar. Live 15.00 WIB

« Kembali Baca berita lengkap »

BISNIS

PT Telkom akan Pasang Internet di 193 Desa di Kabupaten TTU

PT Telkom berencana pasang internet di 193 desa di Kabupaten Timor Tengah Utara yang merupakan kerjasama antara pemerintah daerah setempat dengan PT Telkom melalui anak perusahaannya PT Telkom Satelit Indonesia.

6 jam33 menit Bisnis

BISNIS

Moeldoko : Tidak Ada Eksploitasi Anak pada Audisi Bulu Tangkis PB Djarum

Moeldoko memastikan audisi umum bulu tangkis yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Bulu Tangkis Djarum Kudus, Jawa Tengah, tidak ada eksploitasi terhadap anak.

6 jam33 menit Bisnis

JPNN.

Seperti ini Cara Olahraga Membantu Meredakan Depresi

JPNN.com - Olahraga diketahui sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Temuan yang penting untuk diperhatikan adalah, walaupun olahraga diketahui memberikan dampak meredakan depresi, olahraga jarang direkomendasikan kepada pasien depresi oleh para terapis.

6 jam33 menit Jpnn

JPNN.

Pembangunan Pertanian Dianggap Sukses dengan Melejitnya Ekspor

JPNN.com, JAKARTA - Kemampuan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam lima tahun terakhir menembus lonjakan ekspor produk pertanian merupakan bentuk usaha menjadikan ketahanan pangan Indonesia kuat.

6 jam34 menit Jpnn

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

JPNN.

Rakyat Berdatangan Ingin Melihat Pemakaman Jenazah BJ Habibie, Tetapi…

JPNN.com, JAKARTA - Jenazah almarhum Presiden ke-3 RI BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan, siang ini.

6 jam34 menit Jpnn

JPNN.

Supardi dan Luthen Pengin Lihat Langsung Pemakaman BJ Habibie, Apakah Boleh?

JPNN.com, JAKARTA - Sejumlah warga sudah mendatangi Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan untuk menyaksikan pemakaman kenegaraan Presiden Ketiga RI BJ Habibie dan berharap diperbolehkan masuk untuk melihat lebih dekat prosesi pemakaman.

6 jam34 menit Jpnn

JPNN.

Capim KPK Sekarang Juga Teken Kontrak Politik dengan DPR

JPNN.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mengatakan para calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capoim KPK) yang sekarang menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR, juga menandatangani sebuah kontrak politik.

6 jam34 menit Jpnn

JPNN.

Ribuan Warga Padati Area Pemakaman BJ Habibie

JPNN.com, JAKARTA - Ribuan orang turut memadati TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9) siang, untuk menyaksikan pemakaman BJ Habibie. Hadirin terdiri dari tamu penting, aparat, hingga masyarakat yang berada di sekitar lokasi.

6 jam34 menit Jpnn

JPNN.

Prestasi BJ Habibie di Batam, Mengubah Nol jadi Sejuta

JPNN.com, BATAM - Bacharuddin Jusuf Habibie alias BJ Habibie dikenal sebagai negarawan sejati, Bapak Teknologi, hingga Bapak Demokrasi. Namun, buat warga Batam, mereka lebih suka menyebut Preisden Ketiga RI itu dengan Bapak Pembangunan, yang bisa mengubah nol menjadi sejuta.

6 jam34 menit Jpnn

JPNN.

Gus Muhdor: Santri Harus Berhati Makkah, Berotak BJ Habibie

JPNN.com, SIDOARJO - Kepergian Presiden Ketiga Indonesia BJ Habibie, meninggalkan duka buat seluruh kalangan, termasuk para santri. Kalangan santri memandang BJ Habibie sebagai sosok yang layak diteladani.

6 jam34 menit Jpnn

JPNN.

Allahuakbar! Jenazah BJ Habibie Sudah Diberangkatkan ke TMP Kalibata

JPNN.com, JAKARTA - Jenazah Presiden Ketiga RI BJ Habibie telah diberangkatkan ke Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9), sekitar pukul 12.40 WIB.

6 jam34 menit Jpnn

WOWKEREN

Ini Tanggapan Direktur Djarum Foundation Soal Sindiran 'Anak Kecil' Kak Seto

Kak Seto sempat menyindir keputusan PB Djarum yang menghentikan audisi beasiswa bulutangkisnya sebagai aksi anak kecil yang ngambek. Direktur Djarum Foundation menanggapi sebagai berikut.

6 jam34 menit Wowkeren

WOWKEREN

Amien Rais Sebut BJ Habibie Sosok Pemimpin yang Bisa Merangkul Segenap Bangsa

Wafatnya BJ Habibie membuat bangsa Indonesia merasakan kehilangan salah satunya Amien Rais. Pasalnya, menurut Mantan Ketua MPR itu BJ Habibie adalah sosok pemimpin yang bisa merangkul segenap bangsa.

6 jam34 menit Wowkeren

WOWKEREN

Kim Hye Yoon Syok Berat Saat Tahu Dirinya Karakter Kartun di Teaser 'July Found By Chance'

Drama mendatang MBC yang dibintangi oleh Kim Hye Yoon 'July Found By Chance' dipersiapkan untuk menggantikan slot tayang 'Rookie Historian Goo Hae Ryung' yang dibintangi oleh Cha Eunwoo.

6 jam34 menit Wowkeren

WOWKEREN

KPK Ungkap 'Aib' Capim Irjen Firli, Sebut Banyak Lakukan Pelanggaran Etik

Pimpinan dan penasihat KPK menyatakan Capim Irjen Firli Bahuri pernah melakukan sejumlah pelanggaran etik kala masih menjabat sebagai Deputi Penindakan di lembaga antirasuah.

6 jam34 menit Wowkeren

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

WOWKEREN

Warga Timor Timur Pro NKRI Maafkan dan Doakan Kepergian BJ Habibie

Mantan Warga Timor Timur pro NKRI telah memaafkan dan mendoakan kepergian Presiden Republik Indonesia Ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie yang telah wafat pada Rabu (11/9).

6 jam34 menit Wowkeren

WOWKEREN

Jadwal Promosi Super Padat, iKON Terancam Tak Bisa Pulang Kampung Saat Liburan Hari Besar

iKON sendiri memang dikenal sebagai idol yang selalu mendedikasikan waktunya untuk penggemar mereka. Namun, baru-baru ini YG Entertainment memastikan bahwa iKON akan bersama dengan para penggemarnya s

6 jam34 menit Wowkeren

WOWKEREN

RM BTS Ulang Tahun, Aktor Hollywood William Shatner Peringatkan Warga Twitter Soal Ini

Aktor asal Kanada yang dikenal lewat perannya sebagai Captain Kirk di film 'Star Trek' itu mengucapkan selamat ulang tahun pada RM sambil memperingatkan warga Twitter.

6 jam34 menit Wowkeren

WOWKEREN

Lucinta Luna Geram Hingga Tampol Kepala Sang Pelaku Pelecehan Malah Ditertawakan

Saat sedang berada di karaoke, Lucinta Luna sempat menjadi korban pelecehan seorang pria tak dikenal. Lucinta pun mengucap sumpah serapah hingga mengancam akan melaporkan pelaku.

6 jam34 menit Wowkeren

WOWKEREN

Barbie Kumalasari Cuek Bahasa Inggrisnya Dicap Belepotan, Anggap Sebagai Bahan Nyenengin Netizen

Barbie Kumalasari memilih santai soal cibiran netizen yang tak memercayai dirinya selama 2 tahun pernah tinggal di Amerika Serikat. Ia pun sempat sesumbar punya bukti kuat untuk 'menampar' netizen.

6 jam34 menit Wowkeren

WOWKEREN

Inikah Alasan Ahn Jae Hyun dan Ku Hye Sun Sama-Sama Bungkam Usai Gugatan Cerai Dilayangkan?

Setelah Ahn Jae Hyun resmi menggugat cerai, baik dirinya maupun Ku Hye Sun kini sama-sama bungkam. Padahal sebelumnya, Ku Hye Sun banyak mengungkapkan detail-detail pernikahannya.

6 jam34 menit Wowkeren

WOWKEREN

Nagita Slavina Masih Blokir WhatsApp Jessica Iskandar Bukti 'Baikan' Cuma di Depan Kamera?

Nagita Slavina dan Jessica Iskandar kabarnya bermusuhan sejak tiga tahun lalu usai membuat vlog bersama. Namun, kebersamaan Gigi dan Jedar telah dapat disaksikan kembali.

6 jam34 menit Wowkeren

WOWKEREN

ITB Beserta Alumus Ridwan Kamil Kehilangan Sosok Inspirator Dari Seorang BJ Habibie

Institut Teknologi Bandung Bersama Alumus Ridwan Kamil mengungkapkan rasa duka atas hilangnya sosok inspirator dari Bacharuddin Jusuf Habibie yang telah menghembuskan nafas terakhir.

6 jam34 menit Wowkeren

WOWKEREN

DAY6 Sapa Fans Pakai Bahasa Indonesia Jelang Konser Jakarta, Logat Dowoon Jadi Sorotan

Konser di Indonesia yang awalnya hanya dikonfirmasi 1 hari ini, dengan membludaknya jumlah penonton membuat DAY6 memutuskan untuk menambah hari. Hal tersebut tentu saja membuat para penggemar senang.

6 jam34 menit Wowkeren

WOWKEREN

Visual dan Akting Aktris Jepang di 'Arthdal Chronicles' Kembali Dibahas, Fans Juluki Dewi Asia

'Arthdal Chronicles' akan menayangkan episode terbarunya pada Sabtu (14/9). Drama yang dibintangi oleh Song Joong Ki dan Kim Ji Won ini akan tayang sampai 22 September mendatang.

6 jam34 menit Wowkeren