Tim Hukum TKN Tetap Persiapkan Jawaban Gugatan BPN Versi 20 Juni

Tim Hukum TKN Jokowi-Ma\'ruf menegaskan bahwa permohonan gugatan sengketa pemilu tidak bisa diubah atau ditambah lagi setelah teregistrasi.
« Kembali Baca berita lengkap »

JPNN.

Waspada, 5 Jenis Makanan ini Dampaknya Buruk untuk Kesehatan Hati

JPNN.com - Hati atau liver adalah organ kedua terbesar dalam tubuh manusia. Organ ini memiliki fungsi terkait sistem pencernaan, juga mengolah dan membuang racun yang masuk ke tubuh.

20 jam53 menit Jpnn

JPNN.

Erick Thohir Dampingi Jokowi Bahas Perkonomian dengan Apindo

JPNN.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo didampingi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir menggelar pertemuan tertutup dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (13/6).

20 jam53 menit Jpnn

JPNN.

Soal TGPF Kerusuhan 22 Mei, Kapolri Pilih Gandeng Komnas HAM

JPNN.com, JAKARTA - Sejumlah pihak mendorong pemerintah membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) untuk mengusut tuntas dugaan pelanggaran HAM oleh aparat ketika rusuh 21-22 Mei di Jakarta.

20 jam53 menit Jpnn

JPNN.

Bandara Soetta Ramai, Harga Tiket Garuda Sempat Turun

JPNN.com, TANGERANG - Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada H+8 Lebaran 2019, Kamis (13/6), masih tampak ramai. Tidak hanya satu daerah tujuan tetapi merata di kota lainnya.

20 jam53 menit Jpnn

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

JPNN.

Hamdan Zoelva: Mahkamah Konstitusi Bisa Garap Kesalahan Administrasi, Asalkan..

JPNN.com, JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva mengungkapkan MK bisa mengadili sengketa pilpres yang sifatnya administrasi.

20 jam53 menit Jpnn

JPNN.

Hamdan Zoelva Kasih Bocoran ke Hakim MK, Ini Isinya

JPNN.com, JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva mengungkapkan MK bisa mengadili sengketa Pilpres yang sifatnya administrasi.

20 jam53 menit Jpnn

WOWKEREN

B.I Eks iKON Dituding Beli Narkoba Lewat Han Seo Hee, Begini Kata Pihak Kepolisian

Hari ini, Kamis (13/6), santer beredar kabar jika B.I membeli narkoba melalui Han Seo Hee, mantan trainee YG yang pernah terlibat dalam skandal narkoba T.O.P Big Bang. Dan pihak kepolisian pun akhirny

20 jam53 menit Wowkeren

WOWKEREN

Hindari Mobilisasi Massa, Prabowo-Sandiaga Putuskan Tak Hadiri Sidang Perdana Sengketa Pilpres

Sebelumnya, Capres 02 Prabowo Subianto sempat meminta agar para pendukungnya tidak berbondong-bondong datang ke MK menjelang digelarnya sidang sengketa Pilpres.

20 jam53 menit Wowkeren

WOWKEREN

Dinilai Kerap Bikin Gaduh, Kader Senior Partai Demokrat Kritik Andi Arief dan Ferdinand Hutahaean

Sejumlah kader Partai Demokrat yang tergabung dalam GMPPD menyoroti Andi Arief, Ferdinand Hutahaean, dan Rachland Nashidik yang kerap melontarkan pernyataan yang memicu kegaduhan.

20 jam53 menit Wowkeren

Viva.co

Verifikasi Administrasi Kacau, Liga 2 Terancam Ditunda

Verifikasi administrasi klub Liga 2 dilakukan oleh BOPI.

20 jam53 menit Viva

Viva.co

Sinyal Positif dari Lyon, Rasa Penasaran Juergen Klopp Bisa Berakhir?

Juergen Klopp sejak musim lalu ingin mendatangkan Nabil Fekir.

20 jam53 menit Viva

Viva.co

Rindu Italia, Gelandang Arsenal Segera Hengkang?

Torreira baru semusim di Inggris.

20 jam53 menit Viva

Viva.co

MU Tetapkan Harga Romelu Lukaku untuk Inter Milan

Romelu Lukaku memberi sinyal positif kedekatan dengan Inter Milan.

20 jam53 menit Viva

Viva.co

Cara Ahmad Dhani Melepas Rindu dengan Mulan Jameela dan Dua Anaknya

Ahmad Dhani tidak ingin lepas menggendong dua anaknya.

20 jam53 menit Viva

Viva.co

Panitera PN Jakarta Timur Dituntut 6 Tahun Penjara

Menurut jaksa, Ramadhan terbukti terima suap.

20 jam53 menit Viva

Viva.co

Jelang Sidang di MK, TNI-Polri Siaga Penuh

Aparat keamanan telah mengantisipasi semua kemungkinan.

20 jam54 menit Viva

Viva.co

Pekan Depan, Terduga Penyuap Bowo Jalani Sidang Perdana

Pada persidangan tersebut diagendakan pembacaan dakwaan.

20 jam54 menit Viva

Detik

4 Ciri Khas Layanan RS Syariah di RSUD Kota Tangerang

Sesuai prinsip RS Syariah, ada layanan spesial di RSUD Kota Tangerang bagi pasiennya. Layanan berlaku bagi seluruh pasien sesuai kebutuhan.

20 jam54 menit Detik

Detik

Keracunan Buah Leci, 31 Anak di India Meninggal Karena Radang Otak

Meski leci sering diolah dalam berbagai jenis hidangan, buah manis satu ini sebetulnya bisa beracun. Dilaporkan 31 anak di India meninggal usai makan leci.

20 jam54 menit Detik

Detik

Surprise! Givenchy Gandeng Onitsuka Tiger, Rilis Sneakers Rp 7 Juta

Tak diduga, Givenchy juga ikut melansir produk sneakers buah kolaborasi. Onitsuka Tiger menjadi mitra rumah mode Prancis tersebut.

20 jam54 menit Detik

Detik

Pria yang Tubuhnya Penuh Bulu Ini Dicukur Hairstylist, Hasilnya Bikin Ngakak

Hairstylist Turki tak hanya mencukur rambut kliennya, namun juga menyediakan jasa cukur bulu tubuh. Hasilnya bikin ngakak.

20 jam54 menit Detik

Detik

Sudah Tahu? Ini Posisi Bangku terbaik di Pesawat

Umumnya traveler paling senang duduk di dekat jendela pesawat. Selain itu, ternyata ada posisi bangku terbaik di pesawat. Penasaran?

20 jam54 menit Detik

Detik

Xpander di Indonesia Tak Bermasalah Seperti Filipina dan Vietnam

Konsumen Xpander di Filipina dan Vietnam mengeluhkan mobil yang tiba-tiba mati sendiri. Tapi di RI, belum ada konsumen yang mengeluhkan masalah serupa.

20 jam54 menit Detik

Detik

Jorge Lorenzo Minta Honda Sediakan Motor yang Gampang Ditunggangi

Lorenzo telah mengunjungi kantor pusat Honda di Jepang. Ia meminta disediakan motor yang lebih mudah untuk ditunggangi.

20 jam54 menit Detik

Detik

Tentang Medali Emas Olimpiade yang Tak Kunjung Didapat Chong Wei

Lee Chong Wei belum mampu memberi emas Olimpiade untuk Malaysia dari tiga kesempatan di final. Chong Wei meminta maaf atas hal itu dalam pengumuman pensiunnya.

20 jam54 menit Detik