Order Makin Besar, JD.ID Tambah Kapasitas Gudang Logistik

JD.ID Tambah Kapasitas Gudang Bisnis.com, JAKARTAJD.ID, perusahaan dagang-el yang terafiliasi dengan JD.com, berencana untuk terus memperluas gudang logistiknya guna menambah kapasitas penyimpanan dan mempercepat proses pengiriman barang.
« Kembali Baca berita lengkap »

BISNIS

Kaltara Susun RPID Atasi Hambatan Investasi

Pemprov Kalimantan Utara segera menyusun Rencana Pembangunan Industri Daerah (RPID) dalam penguatan rantai pasok industri untuk mengatasi hambatan pelaksanaan investasi dan ekspor.

4 jam25 menit Bisnis

BISNIS

Gunung Agung Erupsi, Kolom Abu 1.000 Meter Arah Barat

Erupsi yang terjadi kali ini masih relatif kecil jika dibandingkan letusan biasanya. Bandara pun masih beroperasi normal dan tidak mengalami gangguan sama sekali karena erupsi yg terjadi masih skala kecil dan berlangsung singkat.

4 jam25 menit Bisnis

BISNIS

SMRA Incar Marketing Sales Rp1 Triliun Hingga Maret 2019

Hingga Februari 2019, nilai marketing sales SMRA mencapai Rp685 miliar.

4 jam25 menit Bisnis

BISNIS

KNKT Percepat Laporan Investigasi Lion Air JT 610

KNKT berencana mengirim tim khusus langsung ke Ethiopia untuk membantu penyelidikan atas kecelakaan yang menewaskan 157 orang di Addis Ababa.

4 jam25 menit Bisnis

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

JPNN.

Ferry Rotinsulu Tegaskan Akan Berikan yang Terbaik untuk Sriwijaya FC

JPNN.com, PALEMBANG - Duet Kas Hartadi – Hartono Ruslan diperkirakan akan kembali menangani Sriwijaya FC pada kompetisi Liga 2 musim 2019.

4 jam25 menit Jpnn

JPNN.

Hasil Undian 8 Besar Liga Europa: Napoli Ketemu Arsenal, Chelsea vs Slavia Praha

JPNN.com, NYON - Drawing perempat final Liga Europa di House of European Football, Nyon, Jumat (15/3) malam WIB menghasilan satu laga big match dan satu derbi.

4 jam25 menit Jpnn

JPNN.

Trisakti Pede Kawinkan Gelar LIMA Badminton Nationals

JPNN.com, JAKARTA - Universitas Trisakti berhasil meraih gelar juara LIMA Badminton: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference 2019 setelah mengalahkan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di Gelanggang Remaja, Jakarta Timur, pada Kamis (14/3).

4 jam25 menit Jpnn

JPNN.

KPK Tangkap Romi, JK Bicara Efek Berantai PPP ke Koalisi Jokowi

JPNN.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Ma'ruf Amin (TKN Jokowi - Ma'ruf) Jusuf Kalla mengomentari efek politik akibat operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap M Romahurmuziy alias Romi.

4 jam26 menit Jpnn

JPNN.

Mengejutkan! Prabowo - Sandi Unggul Atas Jokowi - Ma’ruf versi Survei Rumah Demokrasi

JPNN.com, JAKARTA - Satu bulan menjelang pencoblosan Pilpres, berbagai lembaga survei merilis hasil risetnya. Salah satunya Rumah Demokrasi yang didirikan dan dipimpin Ramdansyah. Survei Nasional Rumah Demokrasi dilaksanakan pada tanggal 19 Februari - 1 Maret 2019 dan dipublikasi Jumat (15/3) menunjukkan hasil yang mengejutkan. Pasangan Prabowo-Sandi unggul 5 persen dari pesaingnya, pasangan Jokowi - Ma’ruf Amin.

4 jam26 menit Jpnn

JPNN.

Wakil Ketua DPD RI Ajak Generasi Milenial jadi Motor Penggerak Kemajuan Bangsa

JPNN.com, MEDAN - Wakil Ketua DPD RI Prof. Darmayanti Lubis mengajak generasi millenial Medan yaitu para mahasiswa dan pelajar menjadi motor penggerak kemajuan bangsa. Generasi milenial juga harus menjadi bagian dari generasi yang siap dan tangguh dalam menghadapi era globalisasi dengan cara menciptakan lapangan pekerjaan (job creator) bukan sebagai pencari kerja (job seeker).

4 jam26 menit Jpnn

JPNN.

Sandi Tak Merasa Untung Meski KPK Tangkap Ketum Partai Pendukung Jokowi

JPNN.com, JAKARTA - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno mengomentari kabar tentang Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahuzmuziy alias Romi terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2019 itu merasa tak memperoleh keuntungan politik dari kasus Romi yang notabene ketua umum partai pengusung Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin.

4 jam26 menit Jpnn

WOWKEREN

Solar Beber Perjuangannya Jadi Leader Mamamoo, Pernah Sangat Marah sampai Menangis

Simak cerita emosional Solar menjadi leader Mamamoo berikut ini.

4 jam26 menit Wowkeren

WOWKEREN

Identitas 8 Member Grup Chat Seungri dan Jung Joon Young Akhirnya Terungkap

MBN mengungkap identitas 8 anggota grup chat yang digunakan untuk berbagi rekaman video seks ilegal.

4 jam26 menit Wowkeren

WOWKEREN

Prabowo Siap Mati untuk Negara dan Janji Kembalikan Lahan Miliknya 10 Hari Setelah Dilantik

Prabowo meluruskan isu kepemilikan sahamnya di Kalimantan Timur, alih-alih 220.000 ia mengaku punya hampir 400.000 hektare.

4 jam26 menit Wowkeren

WOWKEREN

Zaskia Sungkar Berduka Atas Penembakan Brutal Masjid Selandia Baru, Ajak Kirim Doa

Sebanyak 40 orang tewas dalam aksi penembakan brutal di dua masjid di kota Christchurch, Selandia Baru.

4 jam26 menit Wowkeren

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

WOWKEREN

Celana Vicky Nitinegoro Melorot di Tempat Umum Hingga Pantat Terekspos, Disengaja Demi Viral?

Aksi Vicky Nitinegoro tersebut direkam saat ia tengah berada di Bali.

4 jam26 menit Wowkeren

WOWKEREN

Choi Jong Hoon Jadi Tersangka Video Seks Ilegal, Pernah Akui Banyak Dosa di Postingan IG

Choi Jong Hoon akan diselidiki polisi sebagai tersangka, postingan Tahun Baru jadi sorotan.

4 jam26 menit Wowkeren

WOWKEREN

Ussy Sulistiawaty Pamer Barang Branded di Pasar Tradisional, Pipi Kelewat Tirus Diledek Nenek Peot

Ussy Sulistiawaty belum lama ini membagikan potret dirinya yang tak biasa dan sukses menyedot perhatian.

4 jam26 menit Wowkeren

WOWKEREN

Kim Byung Chul ' SKY Castle' Ungkap Yoon Se Ah dan Song Joong Ki Buat Hatinya Berdebar

Kim Byung Chul juga mengungkapkan kalau dia ingin mencoba proyek romantis dengan Yoon Se Ah.

4 jam26 menit Wowkeren

WOWKEREN

Raline Shah Ungkap Bakat Masak serta Kesiapan Jadi Istri, Wajah Awet Muda Bikin Tercengang

Raline Shah membagikan potretnya 12 tahun lalu saat masih tinggal di Prancis.

4 jam26 menit Wowkeren

WOWKEREN

Terungkap Identitas WNI Korban Penembakan di Selandia Baru: Alumni ISI Yogya-Baru 2 Bulan Bermukim

WNI pria bernama Zulfirmansyah dikabarkan kritis dan tengah menjalani operasi karena terkena luka tembak di paru-paru.

4 jam26 menit Wowkeren

WOWKEREN

JTBC Rilis Foto Sedih Nam Joo Hyuk di 'The Light in Your Eyes', Netter Minta Perpanjangan Episode

Intip foto-foto sedih Nam Joo Hyuk yang dirilis JTBC berikut ini.

4 jam26 menit Wowkeren

Viva.co

Panas di Babak I, PSS dan Persija Masih Imbang

PSS dan Persija berebut tiket perempatfinal Piala Presiden.

4 jam26 menit Viva

Viva.co

Hasil Undian Perempatfinal Liga Europa, Napoli Vs Arsenal

Chelsea bertemu lawan relatif mudah di perempatfinal Liga Europa.

4 jam26 menit Viva

Viva.co

16 Orang Jadi Tersangka, Satgas Anti Mafia Bola Sebut Masih Ada Lagi

Penyidikan masih terus berjalan.

4 jam26 menit Viva