Banjar Karnaval Budaya

Peserta karnaval mengikuti Banjar karnaval budaya pada di Jalan Letjen Suwato, Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu (22/2/2020). Kegiatan Banjar karnval budaya yang diikuti  25 Desa Kelurahan sebagai salah satu media promosi ...
« Kembali Baca berita lengkap »

ANTARA NEWS

Bupati Sleman sesalkan kegiatan susur sungai SMP N 1 Turi

ANTARA - Sebanyak 256 siswa SMP Negeri 1 Turi Sleman, Yogyakarta, Jumat sore 21 Februari mengikuti kegiatan susur sungai di sungai sempor sebagai agenda kegiatan kepramukaan. Namun nahas, sungai dalam keadaan banjir dan ...

10 jam37 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Seminar Nasional BPD se-Indonesia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) bersama Direktur Utama Bank DKI Zainuddin Mappa (kiri) dan Ketua Asbanda Supriyatno (tengah) menghadiri acara Seminar Nasional BPD Se-Indonesia di Jakarta, Sabtu (22/2/2020). Acara ...

10 jam37 menit Antaranews

KONTAN

Semakin melonjak, Korea Selatan laporkan 142 kasus virus corona baru

 Korea Selatan melaporkan 142 kasus baru virus corona pada Sabtu (22/2)

10 jam38 menit Kontan

KONTAN

Jepang konfirmasi empat kasus baru virus corona, satu sekolah di Chiba akan ditutup

Para pejabat Jepang mengkonfirmasi empat infeksi virus corona baru pada Sabtu (22/2).

10 jam38 menit Kontan

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

KONTAN

Waduh, tiga destinasi wisata Indonesia ini paling terdampak virus corona

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan tiga destinasi wisata domestik menjadi yang paling terdampak isu corona. 

10 jam38 menit Kontan

BISNIS

AS Cabut Beberapa Negara Dari Daftar Negara Berkembang, Termasuk Indonesia

Presiden AS Donald Trump jengkel karena negara dengan ekonomi besar, seperti China dan India, diberikan hak untuk menikmati preferensi khusus sebab dipandang sebagai negara berkembang oleh WTO.

10 jam38 menit Bisnis

BISNIS

KBRI di Seoul Imbau Wisatawan Indonesia Tak ke Daegu

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul mengimbau wisatawan asal Tanah Air menunda kunjungan ke Daegu dan sekitarnya.

10 jam39 menit Bisnis

BISNIS

Konsesi Pelabuhan Swasta, Menhub Janji Buat Lebih Sederhana

Proses perizinan yang lebih cepat akan membuat pengelola pelabuhan lebih mudah dalam menentukan pembiayaan. Hal itu dikarenakan hak-hak yang dimiliki pengusaha swasta, yaitu izin usaha dan sertifikat, bisa dijaminkan kepada perbankan.

10 jam39 menit Bisnis

JPNN.

Iriawan Bertanya ke Shin Tae Yong: Mengapa Tetap Bermain saat Pemain Lelah?

JPNN.com, JAKARTA - Persita Tangerang mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor telak, 4-1, dalam laga uji coba, di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (21/2).

10 jam39 menit Jpnn

JPNN.

2 Siswa SMPN 1 Turi Sleman Ditemukan, Korban Meninggal pun Bertambah

JPNN.com, SLEMAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menemukan dua dari tiga siswa SMPN 1 Turi Sleman yang hanyut dalam insiden susur sungai Sempor, Jumat (212/) kemarin.

10 jam40 menit Jpnn

JPNN.

Respons Mbak Rerie Terkait Wacana Wewenang Polsek tak Usut Pidana

JPNN.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Fraksi Nasdem Lestari Moerdijat atau akrab disapa Rerie meminta dilakukan penelaahan mendalam terhadap wacana Polsek tidak perlu mengurus kasus pidana.

10 jam40 menit Jpnn

WOWKEREN

Deddy Corbuzier dan dr Boyke Bahas Fantasi Seks 'Terapis Cabul', Sentil Dedy Susanto?

Deddy Corbuzier sempat membahas soal kabar sosok yang sempat dikira psikolog ternyata malah dituding mencabuli pasien. Sebagai seorang dokter, Boyke merasa miris jika ada terapis yang malah terlibat k

10 jam40 menit Wowkeren

WOWKEREN

Prajurit Bucin 'Crash Landing on You' Bongkar Sifat Asli Hyun Bin dan Son Ye Jin di Lokasi Syuting

Baru-baru ini aktor Yoo Soo Bin yang berperan sebagai prajurit bucin Kim Ju Meok membahas soal pengalamannya bekerjasama dengan Son Ye Jin dan Hyun Bin di drama 'Crash Landing on You'. Ingin tahu sepe

10 jam40 menit Wowkeren

WOWKEREN

Ashanty Beber Kelakuan Arsya Si Putra Bungsu Saat Pose di Depan Mobil Sport Mewah

Ashanty membagikan foto putra bungsunya dalam postingan Instagram. Ia juga menulis harapan untuk Arsya saat dewasa nanti yang langsung diamini oleh netizen.

10 jam40 menit Wowkeren

WOWKEREN

Susur Sungai Berujung Maut Di Sleman Diduga Belum Kantongi Izin Dari Sekolah

Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman turut mengomentari kegiatan susur sungai oleh 249 siswa SMPN 1 Turi, Jumat (21/2) sore. Insiden itu dilaporkan menyebabkan 7 siswa meninggal.

10 jam40 menit Wowkeren

WOWKEREN

V BTS Jelaskan Masalah 'Insiden Pangsit' di Lirik Lagu Duet Bareng Jimin 'Friends'

Lirik dalam 'Friends' menyinggung tentang 'insiden pangsit' yang membuat penggemar bertanya-tanya apa yang terjadi sehingga Jimin menyebutnya dalam lagu duetnya bersama V.

10 jam41 menit Wowkeren

WOWKEREN

Betrand Peto Keluhkan Rasanya Disunat, Diledek Ruben Onsu Seperti Persalinan

Betrand Peto menceritakan secara blak-blakan bagaimana rasanya saat menjalani proses sunat, langsung diledek Ruben Onsu seperti sedang melahirkan bayi.

10 jam41 menit Wowkeren

WOWKEREN

Meghan Markle dan Pangeran Harry Tak Akan Gunakan Titel Sussex Royal Usai Dilarang Ratu Elizabeth

Sebelumnya, pihak Istana Buckingham memang menyebutkan bahwa Ratu Elizabeth melarang Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk menggunakan titel Sussex Royal sebagai branding.

10 jam41 menit Wowkeren

WOWKEREN

Pangeran George dan Putri Charlotte Bakal Jadi Pengiring Pernikahan Putri Beatrice

Putra dan putri dari pasangan Pangeran William - Kate Middleton tersebut memang diketahui tak pernah absen menjadi pengiring pengantin dalam gelaran Royal Wedding sejak 2017 lalu.

10 jam41 menit Wowkeren

WOWKEREN

Pernah Labrak Mayangsari, Begini Kabar Putri Sulung Bambang Trihatmodjo

Tak terekspos, begini kabar sukses putri sulung Bambang Trihatmodjo yang aktif jadi ketua organisasi dan bangun beberapa bisnis. Dari kedai kopi sampai hotel mewah.

10 jam41 menit Wowkeren

WOWKEREN

Ogah Menjanda, Selfi Nafilah Berharap Menikah Tahun Ini

Selfi Nafilah sudah lama menjanda, hal itu membuatnya ingin menikah pada tahun ini. Ia berharap kelak suaminya seiman dan sayang kepada anak semata wayangnya.

10 jam41 menit Wowkeren

WOWKEREN

Deddy Corbuzier Diduga Sentil Dedy Susanto, Reaksi dr Boyke Soal Korban Bikin Kecewa?

Deddy Corbuzier meminta masukan dari dr Boyke soal kasus dugaan pelecehan pasien. Netter lantas mengaitkan dengan kasus tudingan terhadap terapis Dedy Susanto dan heran dengan jawaban dr Boyke.

10 jam41 menit Wowkeren

WOWKEREN

Susur Sungai Berujung Tragedi Maut, 2 Siswa SMP Heroik Ini Sukses Selamatkan Sejumlah Rekannya

Diketahui, kegiatan susur sungai yang dilakukan oleh ratusan siswa SMPN 1 Turi, Sleman, berujung pada tragedi yang menewaskan 7 orang. 2 siswa ini pun membagikan pengalaman mereka saat tragedi terjadi

10 jam41 menit Wowkeren

WOWKEREN

Kim Da Mi Menangis di Paha Park Seo Joon, Rating 'Itaewon Class' Pecah Rekor

Rating 'Itaewon Class' bahkan berhasil mengalahkan episode perdana 'Hyena' yang ditayangkan di TV publik. Drama ini bakal menayangkan episode kedelapan pada Sabtu (22/2).

10 jam41 menit Wowkeren

Viva.co

Sambangi Stamford Bridge, Mourinho Jagokan Chelsea Finis 4 Besar

Special One pun mengaku telah kantongi taktik Frank Lampard.

10 jam42 menit Viva