Warna-warni sepatu pebasket NBA

Detil sepatu pebasket New York Knicks Allonzo Trier saat pertandingan antara Dallas Mavericks melawan New York Knicks di American Airlines Center, Dallas, AS, Jumat (8/11/2019). ANTARA FOTO/Jerome Miron-USA TODAY Sports via ...
« Kembali Baca berita lengkap »

KONTAN

Wakil Presiden Amazon Steve Kessel mengundurkan diri

Kessel akan fokus ke perusahaan nirlaba. br />  

22 jam27 menit Kontan

KONTAN

Luhut: Investor Hongkong akan investasi miliaran dolar

Lan Kwai Fong Group datang ke kantor Luhut.

22 jam28 menit Kontan

BISNIS

Gunung Merapi Erupsi, Masyarakat Tetap Beraktivitas

Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan bahwa masyarakat di lereng Merapi tetap melakukan aktivitas seperti biasa meskipun gunung yang berada di perbatasan DIY dan Jateng itu mengalami erupsi pada Sabtu (9/11/2019) pagi.

22 jam28 menit Bisnis

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

BISNIS

Volkswagen Drive Festival Digelar, Bisa Jajal Model Baru Tiguan Allspace

Pengunjung dapat menjajal mobil VW terbaru yang semuanya dilengkapi dengan teknologi mutakhir inovasi dari VW. Salah satunya adalah model Tiguan Allspace yang dirakit di Indonesia dan baru diluncurkan pada Agustus.

22 jam28 menit Bisnis

BISNIS

Gara-gara Daging Babi, Inflasi China Naik Jadi 3,8 Persen

Beberapa ekonom memperkirakan inflasi konsumen bisa menembus 4 persen seiring dengan makin mahalnya harga daging babi.

22 jam28 menit Bisnis

JPNN.

Tanpa Ribet, Samsung DeX Bawa Banyak Keunggulan di Galaxy Note 10 Series

JPNN.com, JAKARTA - Demi mendukung produktivitas generasi muda yang powerfull, Samsung Electronic Indonesia menghadirkan fitur Samsung DeX (Desktop Experience) di perangkat Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus.

22 jam28 menit Jpnn

JPNN.

Sejumlah Petani Menaruh Harapan Besar Kepada Mentan Syahrul

JPNN.com, JAKARTA - Sejumlah petani menaruh harapan besar kepada Menteri Pertanian baru, yakni Syahrul Yasin Limpo. 

22 jam28 menit Jpnn

JPNN.

Erick Thohir Angkat 4 Staf Khusus

JPNN.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat empat orang staf khusus, yaitu Prof. Muhammad Ikhsan, Prof. Nanang Pamuji, Arya Sinulingga dan Anhar Adel. 

22 jam28 menit Jpnn

JPNN.

Pekerjaan Sangat Berat Menanti Fahri Hamzah Cs agar Partai Gelora Lolos Jebakan PT

JPNN.com, JAKARTA - Partai Gelora besutan eks PKS, Fahri Hamzah dan Anis Matta, harus kerja keras. CEO Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan setiap partai tentu punya peluang namun memang tidak mudah.

22 jam28 menit Jpnn

JPNN.

Cerita tentang Bu Mega Penasaran pada Kebiasaan Paman Ho Bersandal

JPNN.com, JAKARTA - Sosok pendiri Republik Sosialis Vietnam Ho Chi Minh ternyata pernah membuat Megawati Soekarnoputri penasaran. Memang, tokoh yang memimpin Vietnam pada era 1945 - 1969 tersebut bersahabat dekat dengan Proklamator RI Soekarno yang juga ayah Megawati.

22 jam29 menit Jpnn

WOWKEREN

Gunung Merapi Semburkan Awan Panas, Hujan Abu Guyur Sejumlah Desa Ini

Petugas pengamatan Gunung Merapi Pos Babadan Magelang, Yulianto, menjelaskan bahwa erupsi Gunung Merapi pagi ini (9/11) tidak serta merta membuat masyarakat panik.

22 jam29 menit Wowkeren

WOWKEREN

Nia Ramadhani dan Jessica Iskandar Adu Gaya Cetar dalam Acara Mewah, Siapa Paling Berkelas?

Nia Ramadhani dan Jessica Iskandar turut memeriahkan pembukaan butik salah satu brand ternama. Melalui postingan Instagram, Nia tak ketinggalan membagikan foto bersama sang sahabat karib.

22 jam29 menit Wowkeren

WOWKEREN

Ellin Eks Crayon Pop Tuai Komentar Julid Pasca Ngaku Lakukan Penipuan Sebanyak 12 Miliar

Video pengakuan dan permintaan maaf Ellin tersebut justru tak dapat respon positif dari netter. Banyak netter yang justru berkomentar julid pada Ellin lantaran ia hanya meminta maaf saja alih-alih mem

22 jam29 menit Wowkeren

WOWKEREN

Nama Panggilan Jokowi Rupanya Pertama Kali Dibuat Oleh Bule Prancis Ini

Presiden Joko Widodo pertama kali dipanggil 'Jokowi' oleh seorang warga negara Prancis bernama Bernard Chene. Simak sejarah singkat nama panggilan Jokowi berikut ini.

22 jam29 menit Wowkeren

WOWKEREN

Han Seo Hee dan Jung Da Eun Asyik Kencan Usai 'Hancurkan' Wonho Tuai Pro Kontra

Bahkan setelah 'menghancurkan' karir Wonho, Han Seo Hee dan Jung Da Eun terlihat baik-baik saja dan cukup santai. Ini membuat netizen memberikan komentar seperti berikut.

22 jam29 menit Wowkeren

WOWKEREN

Lina Eks Istri Sule Ternyata Hamil Diluar Nikah dengan Tukang Pijat, Status Cuma Kawin Siri?

Mantan istri Teddy, Ica, kembali muncul untuk membongkar fakta soal kehamilan Lina yang ternyata terjadi sebelum pernikahan dan memprediksi kalau usia kandungan mantan istri Sule ini sudah mencapai 8

22 jam29 menit Wowkeren

WOWKEREN

Ayu Ting Ting Kepergok Puji Nia Ramadhani Setinggi Langit, Ngerayu Biar Masuk GirlSquad?

Ayu Ting Ting rupanya banyak meninggalkan komentar di postingan-postingan Nia Ramadhani dengan pujian setinggi langit hingga menimbulkan berbagai prasangka.

22 jam29 menit Wowkeren

WOWKEREN

Delom Thamrin Bagikan Foto Persiapan Nikahi Janda Tajir 2 Anak, Banjir Ucapan Selamat Rekan Artis

Rencananya Delon Thamrin dan Aida Chandra akan menikah pada 10 November esok, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Namun kali ini Delon sudah membagikan foto bersama sang calon istri mengenakan baju penga

22 jam29 menit Wowkeren

WOWKEREN

8 Aplikasi Android Ini Bakal Sangat Berguna di Musim Hujan, Sudah Punya?

Hujan adalah berkah, namun tidak jarang kita dibuat kesal karena hujan yang datang tiba-tiba hingga mengganggu aktivitas harian. Nah, salah satu cara untuk menghadapi musim hujan adalah dengan memanfa

22 jam29 menit Wowkeren

WOWKEREN

Komposer Lagu Jepang IZ*ONE Curhat Mohon Agar Grup Tak Dibubarkan

Skandal manipulasi voting PD 'Produce Series' turut menyeret nama IZ*ONE mengingat grup tersebut merupakan grup pemenang 'Produce 48'. Tak sedikit netter Korea yang meminta IZ*ONE untuk dibubarkan.

22 jam29 menit Wowkeren

Viva.co

Bidik Kevin/Marcus, Duo India Bergegas Kuasai Jajaran Elite Dunia

Minions tak boleh anggap remeh Rankireddy/Shetty.

22 jam30 menit Viva

Viva.co

Para Raksasa Bulutangkis Dunia yang Terpaksa Jadi Penonton China Open

Mereka telah tumbang.

22 jam30 menit Viva

Viva.co

Olga Lydia Berduka, Ayahanda Berpulang

Kesedihan dan dukanya, Olga Lydia tuliskan di akun Instagram

22 jam30 menit Viva

Detik

Layangan Putus Versi Ica, Suami Pacari Lina eks Sule hingga Nikah Lagi

Ica yang berteman dengan Sule mengaku kaget ketika suaminya, Teddy justru dekat dengan Lina saat masih dalam status pernikahan dengannya.

22 jam30 menit Detik