Upacara HUT ke-74 TNI AL di Laut China Selatan

Prajurit TNI AL mengikuti upacara peringatan HUT ke-74 TNI AL di geladak KRI Bima Suci, di Laut China Selatan, Selasa (10/9/2019). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/pras.
« Kembali Baca berita lengkap »

ANTARA NEWS

Rupiah diprediksi melemah, dibayangi sentimen Timur Tengah dan The Fed

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu diprediksi masih akan dibayangi sentimen geopolitik di Timur Tengah dan juga mengecilnya peluang bank sentral AS, Federal Reserve (Fed), turunkan bunga ...

6 jam51 menit Antaranews

ANTARA NEWS

Fitriani kalah, habis sudah tunggal putri Indonesia di China Open 2019

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Fitriani belum berhasil mengantisipasi kekuatan pemain asal Korea Selatan Kim Ga Eun di babak pertama turnamen  Victor China Open 2019 pada Rabu (18/9). Bermain di Olympic Sports ...

6 jam51 menit Antaranews

KONTAN

Harga emas Antam naik Rp 4.000 pada hari ini

Harga pecahan satu gram emas Antam, Rabu (18/9) berada di Rp 757.000.

6 jam51 menit Kontan

KONTAN

Raih Utang, PJAA Siapkan Proyek Akhir Tahun

PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) mendapatkan pinjaman dari Bank DKI sebesar Rp 300 miliar. 

6 jam51 menit Kontan

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

KONTAN

Dengan sejumlah fitur andalannya, Oppo A9 2020 dijual Rp 4 juta

Oppo resmi merilis Oppo A9 2020 di Indonesia, Selasa (17/9)

6 jam51 menit Kontan

KONTAN

ModalSaham menawarkan investasi saham berbasis crowdfunding

Salah satu platform yang menyediakan equity crowdfunding adalah ModalSaham.

6 jam51 menit Kontan

KONTAN

Begini langkah investasi saham lewat platform ModalSaham

Apabila berminat, investor dapat melakukan pendaftaran di situs modalsaham.co.id.

6 jam51 menit Kontan

KONTAN

Yield SUN berpeluang turun menjelang pengumuman suku bunga acuan AS

Imbal hasil Surat Utang Negara (SUN) diperkirakan bergerak turun pada perdagangan Rabu (18/9).

6 jam51 menit Kontan

KONTAN

Ada sentimen pertemuan FOMC, simak proyeksi IHSG pada perdagangan, Rabu (18/9)

Ada sentimen pertemuan FOMC, simak proyeksi IHSG pada perdagangan, Rabu (18/9)

6 jam51 menit Kontan

KONTAN

Dapat pinjaman Rp 300 miliar, ini rencana Pembangunan Jaya Ancol (PJAA)

Dapat pinjaman Rp 300 miliar, ini rencana Pembangunan Jaya Ancol (PJAA) 

6 jam51 menit Kontan

KONTAN

Kebal sentimen negatif, saham penghuni Jakarta Islamic Index (JII) masih prospektif

Kebal sentimen negatif, saham penghuni Jakarta Islamic Index (JII) masih prospektif

6 jam51 menit Kontan

KONTAN

Perusahan patungan Kalbe Farma (KLBF) mengantongi lisensi obat tumor Henlius China

KG span class= nanospell-typo >Bio /span>, em>joint venture /em>KLBF, mendapat lisensi eksklusif untuk mengembangkan produk HLX10.

6 jam51 menit Kontan

KONTAN

Kurs Jisdor, rupiah hari ini menguat ke level Rp 14.080 per dolar AS

Kurs Jisdor, rupiah hari Rabu (18/9) ini menguat ke level Rp 14.080 per dolar AS.

6 jam51 menit Kontan

KONTAN

Perkuat penjualan di Sumut, Pegadaian jalin kerja sama dengan 22 mitra strategis

Perkuat penjualan di Sumut, Pegadaian jalin kerja sama dengan 22 mitra strategis.

6 jam51 menit Kontan

KONTAN

Modalku kerja sama dengan BPR biayai peminjam UMKM

Bentuk kerja sama ini adalah pendanaan bersama atau biasa disebut  em>joint financing /em>

6 jam51 menit Kontan

KONTAN

Ketika Jokowi pakai mobil rental kunjungi lokasi kebakaran lahan di Riau

Mobil yang Jokowi rental adalah Toyota Lancruiser warna hitam dengan pelat bertuliskan Indonesia berlatar merah

6 jam51 menit Kontan

KONTAN

Penunggak pajak di Jakarta bisa dipaksa menginap di penjara

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa menyandera penunggak pajak yang tidak mau melunasi tunggakannya.

6 jam51 menit Kontan

JPNN.

Stegen Dianggap Melanggar Aturan, Penalti Dortmund Seharusnya Diulang

JPNN.com, DORTMUND - Kiper Barcelona Marc Andre Ter Stegen menyelamatkan timnya, dengan mementahkan tendangan penalti bintang Borussia Dortmund, Marco Reus, Rabu (18/9) dini hari WIB. Namun, aksi Stegen itu memicu kontroversi.

6 jam52 menit Jpnn

JPNN.

Cerita Vito, Pria Sukoharjo yang Memukul Jojo

JPNN.com, CHANGZHOU - Tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito menjadi pemenang duel sesama Indonesia, di babak pertama China Open 2019 di Changzhou, Selasa (17/9) kemarin.

6 jam52 menit Jpnn

JPNN.

Pejabat KPK Sebut Embahnya Korupsi Adalah Partai Politik

JPNN.com, TULUNGAGUNG - Direktur Pembinaan dan Kerjasama Antarinstansi KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Sujanarko menyebut bahwa akar dari segala perkara korupsi di Indonesia adalah partai politik. Hal ini karena partai politik punya kewenangan yang besar.

6 jam52 menit Jpnn

WOWKEREN

Shafa Putri Tiri Jennifer Dunn Seksi Bak Selena Gomez, Pose Terbuka di Kamar Hotel Disorot

Shafa Harris sempat pamer gaya seksi di kamar hotel bintang lima, Rosewood Bangkok, sambil mengenakan jubah mandi. Penampilan putri tiri Jennifer Dunn yang semakin dewasa ini tak urung menuai pro kont

6 jam52 menit Wowkeren

WOWKEREN

Komentari Sampul Jokowi 'Pinokio', Pengamat Politik Asing Sindir Pasal Penghinaan Presiden

Pengamat politik Asia Tenggara, Aaron Connelly, mengomentari sampul majalah kontroversial tersebut lewat cuitan di akun Twitter pribadinya dan 'menyentil' soal RKUHP.

6 jam52 menit Wowkeren

WOWKEREN

Tak Kapok Dicibir 'Mengundang' Lelaki, Shandy Aulia Berponi Umbar Punggung Secantik Song Hye Kyo

Seolah tak ambil pusing dengan kritikan John De Rantau, Shandy Aulia baru-baru ini kembali membagikan foto dengan busana yang mengekspos bagian punggungnya.

6 jam52 menit Wowkeren

WOWKEREN

Hotman Paris Bakal Ajak Caludia Jadi Bintang Tamu Di ‘Hotman Paris Show’

Setelah viral di TV, Hotman Paris Hutapea kini berencana mengajak Claudia Emmanuela Santoso menjadi bintang tamu di program acara ‘Hotman Paris Show’.

6 jam52 menit Wowkeren

WOWKEREN

Suzy Dilirik Tajam Lee Seung Gi Usai Beberkan Detail Karakter di 'Vagabond'

'Vagabond' dipersiapkan tayang sebagai pengganti 'Doctor John' di slot Jumat - Sabtu malam. Drama ini dijadwalkan akan tayang mulai 20 September mendatang.

6 jam52 menit Wowkeren