Jakarta kemarin, peluncuran Uji Emisi Elektronik hingga harapan Anies

Sejumlah informasi dan sajian berita mewarnai Ibu Kota Jakarta pada Selasa (13/8), mulai dari peluncuran aplikasi Uji Emisi Elektronik, ekspatriat ingin meriahkan tradisi HUT Ke-74 RI, penangkapan pelaku penipuan berkedok ...
« Kembali Baca berita lengkap »

ANTARA NEWS

Warga Kapuas Kalteng bertani di lahan gambut tanpa bakar

Bertani di lahan gambut dengan hasil melimpah tanpa harus membakar lahan, ternyata bukan hal mustahil bahkan kini terus dikembangkan oleh warga Kecamatan Kapuas Barat Kabupaten Kapuas,Kalimantan Tengah. "Saya mulai ...

19 jam54 menit Antaranews

JPNN.

Setiap Lembar Wastra Punya Nilai Filosofis yang Agung dan Luhur

JPNN.com, JAKARTA - Kain tradisional atau wastra merupakan peninggalan turun menurun leluhur yang menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia.

19 jam54 menit Jpnn

JPNN.

FBI Geledah Pulau Pribadi Rekan Donald Trump

JPNN.com, WASHINGTON - FBI menggerebek pulau pribadi milik pengusaha yang juga kolega Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Jeffrey Epstein di Karibia, Senin (12/8) lalu.

19 jam54 menit Jpnn

JPNN.

Pakistan Bawa Konflik Kashmir ke Dewan Keamanan PBB

JPNN.com, NEW YORK - Pemerintah Pakistan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk menggelar pertemuan demi membahas keputusan India yang mencabut status khusus wilayah Jammu dan Kashmir pekan lalu.

19 jam54 menit Jpnn

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

JPNN.

Pemuda Edan Berkeliaran Bawa Pisau Jagal, Minta Ditembak

JPNN.com, SYDNEY - Pusat Kota Sydney dikagetkan sosok pria dengan pisau jagal pukul 02.00 waktu setempat kemarin, Selasa (13/8). Pria tersebut dikabarkan berkeliaran di pusat bisnis alias Central Business District (CBD).

19 jam54 menit Jpnn

JPNN.

Wisatawan Mulai Jengkel dengan Kelakuan Demonstran Hong Kong

JPNN.com, HONG KONG - Bandara Internasional Hong Kong kemarin sore, Selasa (13/8) hampir sama dengan hari sebelumnya. Ribuan pendemo berbaju hitam berdesak-desakan. Mereka duduk memenuhi terminal keberangkatan bandara. Sedangkan para wisatawan dan calon penumpang berjuang untuk keluar dari negeri pulau tersebut.

19 jam54 menit Jpnn

JPNN.

Paris United: Neymar Kembali ke Barcelona Jumat, Coutinho+Rakitic jadi Milik PSG

JPNN.com, PARIS - Negosiasi antara Paris Saint-Germain dan Barcelona di Paris soal Neymar belum rampung. Namun, sejumlah media di Prancis dan Spanyol mengabarkan Barca mulai lega lantaran PSG bersedia berunding, ada tawar menawar, tidak langsung bilang ogah.

19 jam54 menit Jpnn

JPNN.

Pak Eko Ajak Honorer K2 Kerja dari Rumah

JPNN.com, JAKARTA - Kritik mengalir dari kalangan honorer K2 yang tidak setuju dengan wacana PNS kerja dari rumah. Kali ini datang dari para pengurus Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I).

19 jam54 menit Jpnn

JPNN.

Panglima TNI Dinilai Sumber Polemik Kasus Catar Enzo

JPNN.com, JAKARTA - Beberapa hari ini, masyarakat Indonesia dikagetkan dengan pemberitaan tentang Instagram Puspen TNI yang mengangkat keberhasilan TNI merekrut Calon Taruna berketurunan Prancis dalam sidang Pantukhir Catar 2019 yang diselenggarakan di Magelang pada Jumat (2/8/19).

19 jam54 menit Jpnn

JPNN.

Kornas MP BPJS Tolak Usulan DJSN untuk Menaikkan Iuran BPJS

JPNN.com, JAKARTA - Belum lama ini Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) menyodorkan usulan kenaikan tarif iuran program Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola BPJS Kesehatan. Saat ini BPJS Kesehatan diprediksi defisit Rp 28 triliun. Berbagai persoalan yang menyebabkan defisit keuangan mulai dari maraknya klaim fiktif dari banyak klinik dan rumah sakit, hingga tunggakan iuran peserta.

19 jam54 menit Jpnn

WOWKEREN

Som Hye In Berani Buka-Bukaan Soal Aib Masa Lalu, Akui Kesal Terus Dihina Karena Biseksual

Som Hye In menegaskan bahwa ia tidak meminta ketenaran atau perhatian dengan keputusannya untuk keluar sebagai biseksual. Ia juga membahas tuduhan menjadi tukang bully di sekolah.

19 jam54 menit Wowkeren

WOWKEREN

Disinggung Sunan Kalijaga Soal Nikah Lagi, Salmafina Ngaku Sudah Punya Seseorang Spesial

Saat merayakan hari ulang tahun yang ke-20 pada Selasa (13/8) kemarin, Salmafina Sunan mengungkap sudah ada orang spesial yang tengah dekat dengannya. Siapa?

19 jam54 menit Wowkeren

WOWKEREN

Sebut Faaz Dibully Sebagai 'Risiko', Barbie Kumalasari Bakal Ikut Jadi Tersangka Kasus 'Ikan Asin'?

Pernyataan Barbie Kumalasari yang menyebut putra Fairuz di-bully di sekolah sebagai 'risiko' membuat Sonny Septian dan Ranny A. Rafiq geram bukan main.

19 jam54 menit Wowkeren

Viva.co

Sule Makin Intim dengan Naomi Zaskia, Rizky Febian Ogah Komentar

Sule sering memperlihatkan kemesraannya lewat vlog.

19 jam54 menit Viva

Viva.co

Ternyata Gempa Juga Bisa Disebabkan Karena Ulah Manusia

Gempa terjadi karena ada pergerakan lempeng tektonik.

19 jam54 menit Viva

Sekilas Bursa Efek Indonesia Dalam Krisis Pandemi Global Ini

Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak menyebarkan wabah pandemi Covid-19. Wabah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 ini menjadi salah satu wabah terbesar dan terbesar yang pernah dimiliki masyarakat modern. Namun, dampak yang dihadirkannya bukan hanya soal kesehatan, sosial, tetapi juga ekonomi, baik makro maupun mikro, baca lebih lanjut di sini tentang Bullish dan Bearish Di Dunia Saham, Komoditas, dan Valas. Tak ayal, pasar bursa Indonesia pun menjadi salah satu sektor yang terdampak dari wabah ini.

Kondisi bursa efek Indonesia di saat pandemi Covid-19

Setelah mengamati pergerakan atau dinamika pasar selama beberapa waktu terakhir, terlebih ketika wabah corona dipastikan telah masuk ke Indonesia, berbagai peneliti, termasuk pihak dari Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan analisis terkait dampak wabah ini terhadap sektor pasar bursa nasional. 

Di salah satu wawancara dengan pihak media nasional, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi, bahkan mengakui bahwa berdasarkan pengamatannya wabah ini memberikan dampak terhadap kinerja pasar modal di Indonesia. Dampak ini bisa dilihat dari terjadinya penurunan aktivitas transaksi saham yang dilakukan oleh para investor di bursa. Berdasarkan pengamatannya, jika dibandingkan dengan posisi pada penutup perdagangan di tahun 2019, transaksi saham di Bursa Efek Indonesia telah mencatatkan penurunan rata-rata transaksi harian di kisaran 24%. 

Tercatat dalam waktu kurang lebih 4 bulan sejak penutupan perdagangan tahun lalu, IHSG telah mengalami penurunan sebanyak 26.43% hingga mencapai titik 4.635. Sementara itu, kapitalisasi pasar juga tercatat mengalami penurunan sekitar 26% dengan hanya berhasil mencatatkan peraihan Rp 5.368 triliun. 

Dari segi rata-rata transaksi yang dilakukan setiap hari, BEI juga mencatatkan penurunan sebanyak 1.49% dengan hanya membukukan 462.000 transaksi. Hal ini selaras dengan penurunan nilai rata-rata aktivitas transaksi harian yang hanya mencatat Rp 6,34 triliun. 

Penurunan ini bisa dikaitkan dengan wabah corona yang terjadi di Indonesia karena waktu kejadiannya tidak jauh dari pengumuman pemerintah tentang kepastian dua kasus pertama Covid-19 di Indonesia. 

Harapan akan kebangkitan pasar modal Indonesia

Meski wabah corona telah menghampiri Indonesia dan memberikan dampak negatif terhadap pasar modal Tanah Air, namun bukan berarti fenomena ini tercatat sebagai penurunan terparah yang pernah dihadapi oleh pasar modal Tanah Air. Ternyata, kita dahulu pernah mengalami penurunan yang lebih parah hingga mencapai angka 50.6%. Peristiwa ini terjadi sebagai dampak krisis keuangan yang melanda seluruh dunia pada tahun 2008 silam. Penyebabnya dipercaya tidak jauh dari fenomena Subprime Mortgage yang terjadi di daratan negeri Paman Sam. 

Terjadinya penurunan memang sangat disayangkan karena berdampak negatif bagi perekonomian negeri kita, namun setidaknya pasar modal masih mencatatkan adanya transaksi berjalan. Dengan nilai transaksi Rp 7.9 per hari di Maret 2020, setidaknya masih terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. 

Meski demikian, pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan harus mengawasi dinamika pasar modal di tengah krisis pandemi global ini. Salah satunya adalah efek penurunan yang juga terjadi di sektor industri. PT Astra Internasional Tbk dengan kode emiten ASII, misalnya, mencatatkan penurunan harga saham kurang lebih 40% jika dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi. 

Di samping itu, sektor keuangan juga tidak terlepas dari wabah ini dengan mencatatkan penurunan nilai kapitalisasi pasar sebesar kurang lebih Rp 700 triliun. Aktivitas net sell juga tidak luput mewarnai dinamika pasar modal Indonesia ketika terjadi wabah ini dengan angka transaksi di kisaran Rp 14 triliun. Selama 2 bulan terakhir, Bursa Efek Indonesia bahkan mencatat terjadinya penarikan dana asing yang cukup besar. Kondisi ini seharusnya mengisyaratkan perlunya pengawasan yang ketat terhadap pasar modal Indonesia agar tidak mengalami penurunan lebih mendalam, seperti yang terjadi di berbagai negara. 

Dengan besarnya kecenderungan investor untuk melakukan aksi jual, kondisi ini bisa memancing penurunan yang lebih besar pada pasar modal nasional. Oleh karenanya, pemerintah perlu memastikan penanganan wabah ini dilakukan dengan tepat dan efektif guna memitigasi seluruh risiko. 

Viva.co

Polri Klaim Jumlah Titik Kebakaran Hutan Menurun

Dari 1.460 menjadi 856 titik.

19 jam54 menit Viva

Viva.co

SBY Minta Doa untuk Kesembuhan Ibundanya

Ibundanya masih dirawat di rumah sakit.

19 jam55 menit Viva

Viva.co

KPK Bidik Tersangka Baru Kasus Hibah di Kemenpora

"Yang pasti ada kemajuan sehingga pasti ada proses."

19 jam55 menit Viva

Viva.co

KPK Mulai Usut Korupsi Kebakaran Hutan

Ada kerugian negara dalam peristiwa kebakaran hutan.

19 jam55 menit Viva

Detik

Viral Facial 'Pelatak-peletok Bikin Pasien, Dokter, Sekaligus Netizen Kaget

Video menunjukkan seorang pasien histeris saat menjalani facial viral di media sosial. Reaksi kaget pasien menjalar membuat semua orang kaget.

19 jam55 menit Detik

Detik

Siswa SMA 'Temukan' Obat Kanker Payudara, Akar Bajakah Bikin Penasaran

Siswi SMAN 2 Palangkaraya bikin heboh dengan riset obat kanker payudara. Menggunakan akar bajakah tunggal, tanaman khas Dayak yang bikin penasaran.

19 jam55 menit Detik

Detik

Ngeri, Gigi Palsu Pria Ini Nyangkut di Tenggorokan Usai Operasi

Delapan hari usai operasi, dokter ini baru sadar gigi palsu pasiennya 'tertinggal' di tenggorokan usai menjalani operasi. Wah kok bisa ya?

19 jam55 menit Detik

Detik

Langsing Banget, Ini 10 Artis Korea Pemilik Pinggang Semut

Kebanyakan idol wanita memang punya tubuh langsing. Namun 10 artis ini bikin syok karena punya lingkar pinggang kecil seperti semut.

19 jam55 menit Detik

Detik

Kata Psikolog Soal Viral Pasangan Putus dan Gagal Menikah karena Mitos Jawa

Fenomena putus cinta atau gagal menikah karena mitos sesuai kepercayaan budaya yang dianut ini rupanya masih terjadi di Indonesia.

19 jam55 menit Detik

Detik

Idol K-Pop Kang Daniel Tolak Layanan VIP Demi Bisa Menyapa Penggemar

Bintang K-Pop Kang Daniel diketahui akan menjauhi jalur VIP pada saat kedatangannya di Bandara Changi Singapura

19 jam55 menit Detik